10 Rekomendasi Anime Mirip KonoSuba (Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!)

anime mirip konosuba dengan cerita yang bagus

KonoSuba adalah salah satu anime comedy terbaik yang pernah saya tonton. Selain unsur komedinya yang fresh dan selalu sukses bikin perut sakit, visual anime ini juga keren karena diselipi genre fantasy juga. Gabungan antara keduanya seakan membuat warna baru bagi penonton.

Awal cerita KonoSuba dimulai dari kisah seorang Kazuma Satou yang tidak lain adalah seorang NEET atau hikikomori, hampir seluruh hidupnya dihabiskan untuk bermain game dan tidak pernah bersosialisasi.

Singkat cerita, Kazuma ini mati yang kemudian dibawa ke alam baka. Disana, ia bertemu dengan seorang dewi bernama Aqua. Kazuma pun diberikan kesempatan untuk hidup kembali ke dunia game dan diberi misi untuk mengalahkan raja iblis. Nah, di dunia isekai tersebut lah dimulai cerita konyol seorang Satou Kazuma dan rekan party-nya yang selalu membuat dirinya kesusahan.

Wajib banget buat kamu nonton KonoSuba kalau belum nonton anime ini. Tapi, kalau sudah pernah nonton, berikut 10 rekomendasi anime mirip KonoSuba versi Kabar Anime yang tentunya tak kalah menarik ceritanya.

1. Hataraku Maou-sama! (2013)

maou sadao hidup di dunia manusia dan bekerja di restoran cepat saji

Anime ini menceritakan tentang seorang raja iblis dan pengawalnya yang melarikan diri ke dunia manusia dari kejaran pasukan suci. Namun, meski mereka berhasil melarikan diri dan sembunyi di bumi, kekuatan sihir yang mereka miliki tidak bisa digunakan.

Berbanding terbalik, Maou Sadao yang sebelumnya adalah raja harus menjalani hidup yang berat di bumi. Ia bahkan sampai bekerja menjadi seorang karyawan di salah satu restoran cepat saji untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tanpa disangka, Emilia sang pimpinan dari pasukan suci ternyata mengikuti mereka berdua ke dunia manusia. Terjadilah adegan kejar-kejaran antara mereka bertiga. Sama-sama mengusung comedy sebagai tema utama, Hataraku Maou-sama! menurut saya berhasil membuat cerita yang epic dan seru. Sayang, tidak ada season lanjutan untuk anime ini.

2. DanMachi (2015)

hestia dan bell berpetualang di dungeon

Di dunia DanMachi, ada seorang dewi cantik bernama Hestia yang hidup sebatang kara karena tidak mempunyai pengikut. Penampila loli-nya yang kawai plus oppai besar ternyata tidak membuat orang tertarik untuk mengikutinya. Meski begitu, akhirnya dia memiliki seorang pengikut, yaitu Bell Cranel.

Meski hanya berdua, mereka tetap berjuang menjunjung familia Hestia. Seiring berjalannya cerita, Bell dan Hestia berpetualang menelusuri dungeon untuk mengalahkan monster yang kemudian ditukarkan menjadi hadiah.

3. Monster Musume no Iru Nichijou (2015)

mia dan kawan-kawannya adalah mahkluk campuran manusia dan hewan yang cantik

Apa yang kamu pikirkan ketika hidup berdampingan dengan mahkluk mitologi? Meski berkesan tidak mungkin, hal ini mampu diwijudkan oleh Jepang yang berhasil membuat pertukaran antar spesies terjadi. Proyek tersebut membuat manusia hidup berdampingan dengan para mahkluk asing yang berwujud campuran manusia dan hewan tersebut.

Kimihito Kurusu adalah seorang pria yang tinggal sendirian karena kedua orang tuanya sedang pergi ke luar negeri. Tanpa tahu apapun, Kurusu tiba-tiba didatangi oleh Mia, seorang gadis cantik nan seksi berwujud ular. Berawal dari ketidaktegaan dirinya terhadap Mia, Kurusu memngizinkan Mia tinggal bersamanya.

Tak berhenti disitu, rumah Kurusu ternyata didatangi silih berganti oleh berbagai mahkluk jadi-jadian tersebut. Dari yang awalnya dia hidup sendiri, kini ia harus direpotkan dengan kedatangan banyak mahkluk di rumahnya. FYI, anime ini memiliki genre ecchi di beberapa adegannya.

4. Aho Girl (2017)

gadis bodoh yang suka makan pisang

Yoshiko Hanabatake merupakan seorang gadis bodoh, bahkan dalam hal apapun. Satu-satunya hal yang bisa ia lakukan dengan benar hanyalah makan pisang. Kebodohan Yoshiko bahkan membuat sang ibu kehilangan harapan terhadap anaknya.

Untuk mengatasi kebodohan Yoshiko yang melampaui batas, Ibunya Yoshiko meminta Akuru Akutsu, seorang laki-laki yang juga teman masa kecil Yoshiko untuk menjaganya. Siapa sangka, Yoshiko malah menaruh hati kepada Akuru.

Hari demi hari Yoshiko selalu berjuang untuk mendapatkan cinta Akuru. Tapi, Akuru tetap dalam pendiriannya, 'aku tak akan jatuh cinta dengan monyet'. Sampai suatu ketika muncul lah Fuuki Iinchou yang ternyata juga suka dengan Akuru. Hmm, bikin penasaran kan? Tonton sendiri, ya? Takutnya spoiler.

5. Baka to Test to Shoukanjuuu (2010)

di kelas f ternyata banyak siswa dengan kepribadian unik

Selalu mendapatkan nilai nol di setiap tes-nya, Akihisa Yoshii pun dijuluki 'idiot' oleh teman-temannya. Bahkan dalam tes pembagian kelas, Yoshii tetap mendapatkan nilai nol. Senasib dengan dirinya, Mizuki Himeji juga mendapatkan nilai nol dalam tes pembagian kelas. Tapi, itu bukan karena dia bodoh, karena dia sakit saat menjalani ujian.

Nasi sudah menjadi bubur, Yoshii dan Himeji pun masuk ke kelas F yang notabene adalah kelas terburuk dengan fasilitas minim. Di kelas tersebut, dimulailah petualangan baru dimana mereka bertemu dengan teman-teman lainnya dengan sifat yang unik dan aneh.

6. Sword Art Online (2012)

kirito dan asuna bekerjasama untuk keluar dari aincrad

Perilisan game SAO atau Sword Art Online diwarnai keributan manakala para pemainnya mendapati diri mereka tidak bisa keluar dari dalam game. Tak hanya itu, mereka yang mati dalam game akan mati juga di dunia nyata. Satu-satunya cara untuk bisa log out dari game tersebut adalah mengalahkan boss lantai 100 Aincrad.

Saya yakin mayoritas orang sudah menonton SAO, tapi karena ceritanya yang memang bagus makannya saya tetap merekomendasikan anime ini. Meski cerita utamanya berbeda, baik KonoSuba dan SAO masih memiliki kesamaan, yaitu dunia game/fantasy.

7. No Game No Life (2014)

sora dan shiro memiliki nickname 'kuuhaku' di dunia maya

Tidak jauh berbeda dengan SAO, NGNL merupakan anime yang memiliki tema utama game. Namun, cerita di anime ini lebih kompleks dengan plot twist yang disajikan. Bermula dari Sora dan Shiro, duo gamer kakak beradik yang sangat jago dalam memainkan game. Mereka berdua bahkan memiliki kecerdasan luar biasa yang membuat mereka selalu menang dalam permainan.

Hal tersebut pun membuat Tet tertarik kepada Sora dan Shiro. Tet pun memberikan tawaran kepada mereka untuk meninggalkan dunia manusia dan pindah ke Disboard yang bisa dibilang negara game. Disini, semuanya diselesaikan melalui game, termasuk masalah sekecil apapun.

8. Kore wa Zombie Desu ka? (2011)

menjadi zombie, hidup ayumu malah dikelilingi wanita cantik

Aikawa Ayumu mulanya adalah seorang anak SMA dengan kehidupan sehari-hari yang normal. Sampai suatu ketika nasib sial datang padanya, dia mati terbunuh oleh seorang penjahat kejam. Namun, beruntung Ayumu dihidupkan kembali oleh seorang necromancer bernama Eucliwood Hellscyte, meski dalam wujud zombie.

Selepas peristiwa tersebut, Ayumu tetap diperbolehkan menjalani kehidupannya seperti biasa sekaligus untuk menyelidiki siapa sebenarnya pembunuh dirinya. Namun, karena Ayumu sekarang adalah seorang zombie, dia tidak boleh terkena sinar matahari atau tubuhnya akan menjadi kering.

Hidup Ayumu pun perlahan-lahan mulai berubah. Di tengah hidup baru yang dijalaninya, muncul lah banyak cewek cantik yang mengganggu Ayumu. Siapa mereka?

9. Re:Zero (2016)

subaru punya kekuatan untuk hidup kembali setelah dirinya mati

Tiba-tiba tanpa sadar Subaru mendapati dirinya terlempar ke sebuah dunia paralel dimana tidak seorangpun ia kenal disana. Merasa aneh, Subaru kemudian terus berjalan untuk mencari tahu apa yang terjadi. Sayang, bukan menemukan jawaban malah dia bertemu segerombolan preman yang menghajarnya habis-habisan.

Singkat cerita, Subaru kemudian bertemu dengan Emilia yang kebetulan sedang mencari segerombolan preman tadi karena sudah mencuri lencana miliknya. Mereka berdua pun bekerjasama untuk menemukan preman untuk mengambil kembali lencana milik Emilia.

Namun, nasib sial kembali dialami Subaru. Sesaat sesudah berhasil menemukan apa yang dia cari, Subaru dan Emilia malah mati terbunuh. Beberapa saat kemudian, Subaru terkejut karena mendapati dirinya masih hidup. Mulai dari sinilah Subaru menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk memutar balik waktu yang kemudian digunakannya untuk menemukan jawaban atas semua ini.

10. Isekai wa Smartphone to Tomo ni (2017)

bisa reinkarnasi, touya meminta agar dirinya bisa membawa smartphone-nya

Bisa dibilang anime ini sangat mirip dengan KonoSuba, terutama awal cerita yang menunjukkan kematian karakter utama. Touya Mochizuki adalah seorang yang sial karena terbunuh secara tidak sengaja karena kesalahan dewa. Sebagai permintaan maaf, sang dewa pun menghidupkan kembali Touya dan memberinya satu permintaan untuk dikabulkan.

Permintaan Touya sangat simpel, ia memilih smartphone dan meminta tubuhnya dapat lebih berguna saat dihidupkan nanti. Di kehidupan barunya, Touya bertemu dengan banyak orang-orang baru dan perempuan cantik.

Itulah 10 anime mirip KonoSuba yang tidak kalah seru untuk diikuti. Sudahkah kalian nonton?

Diberdayakan oleh Blogger.