10 Fakta Sabo, Sosok Pengganti Ace di One Piece

sabo tumbuh besar di grey terminal

Sabo pertama kali diperlihatkan saat dirinya masih kecil (berumur 10 tahun) yang kala itu menjadi sahabat baik dari Ace. Mereka berdua dirawat oleh Dadan di sebuah rumah yang jauh dari pemukiman. Tak lama kemudian, Garp juga menitipkan Luffy untuk dirawat oleh Dadan. Disinilah awal cerita tiga saudara tersebut dimulai.

Sabo sendiri sejatinya adalah anak dari keluarga bangsawan yang memiliki hidup enak tanpa kurang satu apapun. Meski begitu, Sabo tak menyukai kehidupannya karena dia tak pernah mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Hal tersebut membuat Sabo lebih memilih pergi dan tinggal di Grey Terminal, tempat yang berbanding terbalik dari kotanya dulu. Namun, bagi Sabo ini adalah tempat terbaik dan dirinya menemukan banyak teman disana.

Di anime One Piece, Sabo termasuk karakter yang tidak sering muncul dalam cerita. Tapi, karakter yang mewarisi buah iblis Mera Mera no Mi milik Ace ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikulik kisahnya. Berikut 10 fakta Sabo yang harus kamu ketahui.

1. Inspirasi Karakter

artful dodger menjadi inspirasi oda membuat tokoh sabo one piece

Eiichiro Oda mengaku bahwa kebanyakan karakter yang dibuatnya terinspirasi dari seseorang di dunia nyata. Termasuk Sabo yang karakternya diinspirasi dari Artful Dodger, salah satu tokoh di dalam novel Oliver Twist.

Dalam ceritanya, Artful Dodger adalah seorang pencopet sekaligus pemimpin dari asosiasi kriminal untuk anak-anak. Kisah ini pun sangat mirip seperti Sabo yang suka mencuri harta karun dari para bajak laut yang kemudian ia kumpulkan untuk membeli kapal sendiri.

2. Pertama Kali Dibahas pada Chapter 558

pertukaran cawan antara dua saudara

Chapter 558 adalah chapter dimana perang besar di Marineford terjadi dimana Luffy berjuang keras untuk menyelamatkan Ace yang akan dieksekusi. Di tengah cerita kejadian penuh emosi tersebut, ada sebuah flashback yang menunjukkan dua buah cawan yang sedang dituang sake. Ya, cawan tersebut menjadi pertanda 'persaudaraan' Luffy dengan Ace. Namun, jika kamu perhatikan dengan seksama, ada cawan ketiga (bayangan) yang notabene adalah milik Sabo.

3. Muncul di Cover Chapter 596

imajinasi jika ace, sabo, dan luffy menjadi satu kru bajak laut

Sabo yang digambarkan pada cover ini adalah versi Sabo dewasa lengkap dengan pipa besi yang selalu dibawanya sebagai senjata sejak kecil. Selain Sabo, di dalam cover tersebut juga terdapat Ace dan Luffy. FYI, chapter ini memang menceritakan jika saja mereka bertiga menjadi bajak laut dan berlayar bersama-sama.

4. Nasib Sabo

sabo yang sekarat ditolong oleh dragon dan dilatih untuk jadi kuat

Rumor bahwa Sabo telah mati akhirnya terbantahkan pada anime episode 504 dan manga chapter 668. Pada episode 504, terdapat adegan dimana Dragon kembali ke kapalnya sambil membawa seorang anak kecil yang sedang sekarat, dia adalah Sabo yang diselamatkan Dragon dan kemudian direkrut menjadi anggota pasukan Revolusi.

Pada chapter 668, diperlihatkan ada tiga buah cawan lengkap dengan sebuah botol sake yang diletakkan di depan makan Ace dan Shirohige. Usut punya usut, Sabo lah ternyata yang menaruh botol dan cawan tersebut. Hal ini dijelasan ketika Sabo berada di arc Dressrosa.

5. Debut Pertama Sabo di Anime

sabo pertama kali muncul di makam ace dan shirohige

Sabo pertama kali dianimasikan pada episode special One Piece: 3D2Y. Dalam episode tersebut memang tidak ada adegan yang menceritakan atau memperlihatkan karakter Sabo secara detil. Ya, karena episode tersebut memang menceritakan Luffy yang sedang menjalani latihan Haki dengan Rayleigh. Namun, Sabo diperlihatkan di bagian after credit dimana ia terlihat menuangkan sake ke tiga buah cawan di depan makam Ace.

6. Dibandingkan Ace dan Luffy, Sabo Paling Tinggi

sabo jadi yang tertinggi dibandingkan ace dan luffy

Luffy memiliki tinggi badan 174cm, Ace tingginya 185cm, sedangkan Sabo lah yan tertinggi dengan 187cm. Selain paling tinggi, Sabo adalah karakter dengan sifat paling dewasa dari ketiga saudara beda darah tersebut.

7. Ciri Khas Topi

ace, sabo, dan luffy sama-sama menggunakan topi

Selain sama-sama konyol, tiga bersaudara ini juga memiliki satu kesamaan lain, yaitu sama-sama menggunakan topi. Memang Ace pas kecil tidak memakai topi, tapi setelah besar dan bergabung dengan bajak laut Shirohige, Ace akhirnya menggunakan topi. Sedangkan Luffy dan Sabo sudah terlihat mengenakan topi sejak mereka masih kecil.

8. Menangisi Kepergian Ace

sabo tak kuasa menahan tangisnya ketika tahu ace sudah mati

Siapa yang tidak sedih ketika ditinggal orang yang dicintai. Hal ini terjadi kepada Luffy yang bahkan melihat langsung Ace mati dengan mata kepalanya sendiri. Luffy pun menangis sejadinya saat itu. Sama seperti Luffy, Sabo pun melakukan hal yang sama ketika mengetahui berita bahwa Ace mati dalam perang. Dia terlihat meneteskan air mata dan begitu sedih menangisi kematian Ace.

9. Karakter Terpopuler ke-5

sabo menjadi karakter terpopuler one piece pringkat 5 setelah trafalgar law

Dalam sebuah polling yang diakakan untuk para fans di Jepang, Sabo memperoleh peringkat 5 sebagai karakter paling populer di One Piece. Dia sekaligus menjadi satu-satunya pasukan Revolusi yang masuk ke dalam daftar. Bahkan, mengalahkan Monkey D. Dragon yang notabene juga merupakan karakter dengan nilai yang tinggi di One Piece.

10. Menggantikan Peran Ace

sabo mewarisi kekuatan ace dengan memakan buah iblis mera mera no mi

Bisa dibilang Sabo memiliki porsi yang sama dengan Ace, misalnya sama-sama kakak Luffy. Jika diperhatikan, pertemuan Luffy dengan kedua kakaknya tersebut juga memiliki kesamaan. Luffy pertama kali bertemu dengan Ace saat berada arc Alabasta melawan salah satu Shichibukai, Sir Crocodile. Sama seperti saat Luffy bertemu dengan Sabo di arc Dressrosa melawan salah satu Shichibuka juga, Donquixote Doflamingo.

Selain itu, Sabo juga meneruskan tekad Ace dengan menjadi pengguna buah iblis Mera Mera no Mi. Dengan begitu, paling tidak jiwa Ace yang mati masih ada di dalam jiwa Sabo.

Itulah 10 fakta Sabo One Piece, ada tambahan mungkin?