10 Rekomendasi Anime Mirip SAO (Sword Art Online)

Asuna x Kirito

Bicara soal anime game memang tidak akan lepas dari kata SAO atau Sword Art Online. Ya, memang bisa dibilang kalau SAO adalah anime game terpopuler. Kehadirannya juga tidak bisa dipungkiri turut andil dalam perkembangan anime dengan genre game lainnya. Terbukti banyak studio yang merilis anime mirip SAO setelah SAO ditayangkan.

Sebenarnya, sebelum SAO pun sudah banyak anime yang mengangkat game sebagai cerita utama. Hanya saja, SAO memiliki hype yang begitu tinggi yang membuat banyak orang menganggap SAO adalah anime game terpopuler.

Langsung saja deh, berikut 10 anime mirip SAO versi Kabar Anime:

1. Log Horizon (2013)

Ceritanya sama-sama terjebak di dunia game

Setahun setelah SAO dirilis, Log Horizon langsung tayang. Dilihat dari segi cerita, Log Horizon memang sangat mirip dengan SAO. Inti ceritanya sama-sama terjebak di dunia game. Meski begitu, dua anime ini memiliki daya tarik masing-masing yang membuatnya disenangi.

Di Log Horizon para player juga tidak bertujuan untuk keluar dari game, malah mereka berpetualang di dunia baru tersebut. Pemain yang mati disini juga tidak akan mati di dunia nyata, bisa hidup lagi alias respawn.

2. Overlord (2015)

Momonga menjadi raja di Yggdrasil dan memerintah banyak anak buah

Menceritakan tentang game bernama Yggdrasil yang diceritakan akan segera ditutup. Karena sudah terlalu suka dengan game tersebut, Momonga berniat menghabiskan waktu terakhirnya di dalam game sebelum game resmi ditutup. Namun, apa daya manakala dia menyadari bahwa dirinya tak bisa keluar dari game.

Hal tersebut tentu membuatnya terkejut. Dia juga menemukan para NPC (Non Player Character) bisa bicara dan diajak komunikasi. Menyadari ada yang aneh, Momonga pun memulai petualangan barunya di Yggdrasil untuk memecahkan masalah tersebut.

3. BTOOOM! (2012)

Sakamoto bertarung dengan banyak musuh lainnya dan saling adu bom

Sakamoto Ryota merupakan seorang pria yang menghabiskan banyak waktunya dengan bermain game. Ibunya yang jengkel akhirnya mengirimkan Sakamoto ke sebuah pulau melalui jasa yang disediakan salah satu perusahaan. FYI, jasa perusahaan ini adalah menerima keluhan dari setiap orang di dunia tentang siapa yang mereka benci. Nah, orang yang 'diklaim' dibenci tersebut kemudian diculik paksa dan diturunkan ke sebuah pulau tropis yang terisolasi.

Apa yang akan mereka lakukan adalah saling membunuh satu sama lain. Ya, ini adalah game battle royale dunia nyata. Satu pemenang terakhir akan dianggap menang dan dikeluarkan dari pulau. Oh iya, senjata yang digunakan disini adalah bom. Pokoknya berbagai macam bahan peledak dengan jenis yang berbeda-beda.

4. Mirai Nikki (2011)

Gasai Yuno sangat terobsesi dengan Yukiteru Amano

Ada 12 orang berbeda yang terpilih untuk memainkan sebuah game kematian. Tugas mereka sederhana, membunuh satu sama lain. Pemenangnya akan diberikan tahta dan dijanjikan menjadi dewa yang mengatur dunia.

Setiap orang juga mempunyai sebuah buku harian (dalam bentuk ponsel) dengan kemampuan yang berbeda-beda. Si karakter utama, Yukiteru Amano, memiliki sebuah buku harian yang mampu melihat masa depan. Jadi, dia akan tahu apapun yang terjadi setelahnya. Terlihat overpower bukan? Sayangnya tidak semudah itu karena orang lain juga memiliki buku harian yang tidak kalah kuatnya.

FYI, selain bertema game, Mirai Nikki juga sarat akan unsur gore. Jadi, akan banyak adegan berdarah disini. Anime ini juga diklaim merupakan salah satu anime gore terbaik.

5. Angel Beats (2010)

Yurippe adalah salah satu penembak jitu terbaik

Di dalam dunia Angel Beats, setiap orang yang mati tidak akan langsung masuk ke surga atau neraka, mereka akan lebih dulu dilempar ke sebuah dunia fantasy. Dunia tersebut ibaratnya adalah dunia setelah kematian.

Mereka yang masuk kesini umumnya memiliki sebuah impian yang belum tercapai di dunia nyata. Untuk pergi ke surga, setiap karakter harus menyelesaikan impiann tersebut di dunia ini. Selain seru, Angel Beats juga memiliki unsur haru di dalamnya yang mungkin membuatmu sedikit baper.

6. Summer Wars (2009)

Tak seperti lainnya, Summer Wars memiliki karakter utama perempuan

Ini bukanlah anime, tapi movie yang diadaptasi dari manga berjudul sama. Sama seperti anime game pada umumnya, Summer Wars juga menghadirkan banyak pertarungan seru dan epic. Namun, yang membuat Summer Wars mencolok adalah karakter utamanya yang merupakan seorang cewek cantik.

7. Tales of Zestiria (2016)

Meski grafisnya bagus, jalan cerita Tales of Zestiria terasa begitu lambat

Meski tidak mengusung game sebagai genre utama, Tales of Zestiria sarat dengan unsur fantasy yang kental. Di dalam anime ini kamu juga akan melihat berbagai skill bertarung yang mirip dengan game. Apa yang paling menonjol dari anime ini ialah grafisnya yang menawan.

8. .hack//Sign (2002)

Anime game lawas yang tak kalah seru dari SAO

.hack//Sign adalah anime game yang sudah ada jauh lebih dulu sebelum SAO muncul. Namun, anime ini bisa dikatakan memang sangat mirip dengan SAO. Kemiripan tersebut dari segi faktor kematian di dalam game yang juga berimbas pada kehidupan mereka di dunia nyata. Walau di anime ini tidak sampai mati sih.

9. Ixion Saga DT (2012)

Dirilis bareng SAO, tapi Ixion Saga DT kurang memiliki hype

Tahun rilis anime ini sama dengan SAO, hanya saja memang kepopulerannya sepertinya tertinggal jauh. Tidak banyak yang tahu tentang Ixion Saga DT. Meski begitu, anime ini sangat layak untuk ditonton. Fantasy, game, comedy semua disediakan di anime ini.

10. No Game No Life (2014)

Perjuangan Sora dan Shiro dalam menyelesaikan masalah yang ada di Disboard

Siapa yang tidak kenal dengan sosok kakak beradik Sora dan Shiro? Rasanya ketenaran mereka mampu melekat di hati banyak penggemar anime. Kisah bermula dari Sora dan Shiro yang mendapat sebuah pesan dari Ted. Isi pesan tersebut ternyata adalah sebuah tantangan bermain catur. Singkat cerita mereka berdua berhasil menang.

Beberapa saat kemudian Sora dan Shiro diberi tawaran untuk pergi ke dunia tempat Ted tinggal yang bernama Disboard. Disboard sendiri adalah dunia game dan Ted adalah dewa disana. Seperti judulnya, semua aktivitas di anime ini selalu berhubungan dengan game. Bahkan setiap masalah yang terjadi pun harus diselesaikan dengan game.

Itulah 10 rekomendasi anime mirip SAO yang bisa kamu tonton. Boleh ditambahkan di komentar jika punya referensi lain.

Diberdayakan oleh Blogger.