7 Ciri Kamu Cocok Kerja di Jepang

karyawan menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai

Pernah punya pikiran atau keinginan untuk kerja di Jepang? Ya, mungkin sebagian dari kalian pernah memikirkan hal tersebut. Merasa kesuksesan harus didapat dari merantau, kalian lalu berpikir betapa enaknya kalau bisa diterima kerja di Jepang.

Satu hal yang wajib kamu kuasai ketika ingin kerja di Jepang tentunya menguasai bahasa Jepang itu sendiri. Hal tersebut bisa dibilang sebagai modal utama karena bahasa merupakan cara manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Nah, karena kamu ingin kerja (tinggal) di Jepang, maka bisa bahasa Jepang harus kamu kuasai terlebih dulu.

Baca juga: 9 Kosa Kata dalam Bahasa Jepang yang Sering Salah Ucap

Namun, bahasa bukanlah satu-satunya. Banyak faktor lain yang menentukan atau mungkin menjadi sekedar tolok ukur apakah kamu cocok kerja di Jepang. Berikut 7 ciri yang menandakan kamu cocok bekerja di negeri Sakura.

1. Disiplin

Hal pertama adalah disiplin atau tepat waktu. Sudah bukan rahasia lagi kalau orang Jepang itu punya tingkat kedisiplinan yang tinggi. Mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu yang mereka punya untuk malas-malasan. Datang tepat waktu di kantor dan kerja lembur sudah menjadi rutinitas sehari-hari orang Jepang.

Jika kamu adalah orang yang bisa bangun teratur dan tidak pernah telat datang ke sekolah, satu kriteria ini lolos untukmu.

2. Kerja Tim yang Bagus

Jika kamu adalah seorang individu yang suka bekerja sendiri agaknya kamu kurang cocok bekerja di Jepang. Mengapa demikian? Itu karena mayoritas pekerjaan di Jepang dilakukan dengan sistem kerja sama atau kerja tim, yang berarti kamu harus bisa berkolaborasi dengan kelompokmu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca juga: Hideo Kojima, Perancang Game Ternama dari Jepang

Dalam kerja tim, tentunya kamu juga harus punya kemampuan komunikasi yang bagus. Hal tersebut sangat penting untuk saling mengerti satu sama lain agar bisa menyelesaikan suatu masalah bersama. Jika kamu tidak punya kemampuan komunikasi yang bagus, kerja tim tentu tidak akan berjalan dengan baik.

3. Pembawaan yang Ramah

Sifat yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan, orang yang ramah tentu akan disenangi banyak orang. Jika sudah begitu, pekerjaan yang kamu lakukan juga akan terasa menyenangkan. Apabila kamu menjadi seorang atasan, ramahlah kepada bawahanmu. Jika kamu seorang pelayan, ramahlah kepada pelangganmu. Jika kamu kerja di kantor, ramahlah dengan teman kerjamu. Jangan sekali-sekali mengucapkan kata kasar kepada rekan kerjamu.

4. Loyal

Loyal disini bisa diartikan dengan menetap dalam satu pekerjaan. Perusahaan di Jepang itu lebih memperhatikan orang yang punya loyalitas tinggi kepada perusahaan. Hal tersebut dilakukan karena mereka (pekerja/karyawan) dianggap memiliki nilai yang tinggi bagi perusahaan. Tapi, bukan berarti karyawan baru tidak diperhatikan. Semua diperhatikan, hanya saja porsinya berbeda sesuai dengan apa yang sudah kamu lakukan.

5. Teliti

Kamu sebaiknya juga merupakan orang yang teliti jika ingin diterima bekerja di Jepang. Orang disana cenderung punya sifat yang teliti terhadap suatu kesalahan, sekalipun itu kecil. Oleh karena itu orang Jepang dikenal dengan perofesionalitas mereka dalam bekerja.

6. Punya Target

Orang sukses harus punya target untuk dicapai, begitupun dalam bekerja. Dimanapun perusahaan tempat kamu bekerja, kamu akan selalu disiguhkan dengan target/deadline yang harus diselesaikan tepat waktu. Jadi, sebaiknya kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu sesuai target. Jika belum selesai, kamu juga bisa mengambil lembur untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

7. Cinta dengan Pekerjaan

Sebaik-baiknya orang bekerja adalah orang yang mencintai pekerjaannya. Bukan berarti kamu harus menjadi orang yang 'gila kerja', tapi jadilah seseorang yang tidak banak mengeluh atau protes tentang apa yang kamu lakukan. Cintai pekerjaanmu seperti kamu mencintai dirimu sendiri, dengan begitu semua pekerjaan yang kamu lakukan akan terasa ringan dan nikmat.

Dari ketujuh ciri di atas, poin nomor berapa saja yang cocok denganmu? Tulis di komentar, ya!

Diberdayakan oleh Blogger.