Profil Lengkap 13 Kapten Gotei 13 di Bleach

anggota gotei 13

Gotei 13 adalah organisasi militer utama yang ada di Soul Society. Berisi 13 orang shinigami yang paling kuat. Tugas utama mereka adalah menjaga Seiretei, pusat dari Soul Society. Perlu kamu ketahui bahwa Gotei 13 ini juga merupakan organisasi yang paling diminati Shinigami yang baru lulus akademi. Ya, bisa dibilang Gotei 13 adalah kasta tertinggi bagi seorang Shinigami.

Untuk menjadi anggota Gotei 13 sendiri tidaklah mudah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Tes Kemampuan Kapten, metode ini akan menguji seberapa hebat kemampuan dari calon pendaftar dengan cara melakukan Bankai.
  • Rekomendasi Perseorangan, metode ini hanya bisa digunakan jika calon yang diajukan mendapatkan rekomendasi dari minimal 6 kapten.
  • Tantangan Bertarung, metode ini dianggap yang paling brutal. Calon pendaftar akan melakukan pertarungan 1 lawan 1 yang disaksikan minimal 200 saksi. Jika penantang menang, mereka akan memperoleh posisi kapten yang dikalahkannya.

Susah, ya? Lantas siapa saja anggotanya? Berikut profil lengkap 13 anggota Gotei 13 di anime Bleach.

1. Genryusai Shigekuni Yamamoto

yamamoto sudah menjabat menjadi pemimpin gotei 13 sejak ribuan tahun lalu

Seorang kakek tua yang menduduki posisi tertinggi ini memang sekilas memiliki penampilan yang biasa saja. Ciri khas yang dimilikinya adalah jenggot panjang yang diikat dan tongkat yang selalu dibawanya untuk membantu berjalan.

Namun, dibalik semua itu tersimpan sebuah kekuatan yang tidak terkira. Tongkat kayu yang dibawanya setiap hari tersebut adalah sebuah Zanpakutou berjenis api. Yamamoto-san bahkan dapat membuat kobaran api dengan mudahnya dengan satu kibasan pedangnya saja.

Shikai: Ryujin Jakka
Bankai: Zanka no Tachi
Jabatan: Kapten Divisi 1

2. Soi Fon

Soi Fon adalah mantan pengawal dari Yoruichi Shihoin

Penampilannya Soi Fon itu seperti gadis kecil tomboy dengan tatapan mata yang tajam. Sifatnya dingin dan tidak ambil pusing dalam masalah apapun. Soi Fon juga memiliki kelebihan bertarung dengan tangan kosong, hal tersebut dikarenakan dia adalah keturunan dari klan Shihoin yang memang bertugas mengawal keluarga kerajaan. Itulah kenapa keturunan dari klan ini memiliki skill bertarung yang tinggi.

Shikai: Suzumebachi
Bankai: Jakuho Raikoben
Jabatan: Kapten Divisi 2

3. Gin Ichimaru

Gin ingin mengehentikan perbuatan buruk Aizen dan membunuhnya

Gin pertama kali diperlihatkan ketika menghalangi Ichigo yang ingin menerobos gerbang masuk ke Seiretei. Kapten yang satu ini selalu terlihat tersenyum dalam setiap situasi. Namun, itulah yang membuat Gin menjadi karakter misterius dan susah ditebak.

Jika diibaratkan, Gin ini mirip seperti karakter Itachi Uchiha di anime Naruto. Dia rela mengorbankan dirinya dicap sebagai pengkhianat, padahal sebenarnya memiliki tujuan yang begitu mulia.

Shikai: Shinso
Bankai: Kamishini no Yari
Jabatan: Kapten Divisi 3

4. Retsu Unohana

Unohana sangat ahli menggunakan ilmu penyembuhan

Unohana merupakan salah satu anggota tertua di Gotei 13 yang memiliki keahlian dalam hal pengobatan. Diantara yang lainnya, Unohana juga memiliki sifat paling sabar dan dewasa. Dia tak pernah gegabah dalam mengambil sebuah keputusan.

Zanpakutou yang dimilikinya, Minazuki juga memiliki kekuatan penyembuh yang luar biasa. FYI, karakter ini memiliki sebuah hubungan dengan nama 'Zaraki'. Tulis di komentar kalau kamu tahu.

Shikai: Minazuki
Bankai: Minazuki
Jabatan: Kapten Divisi 4

5. Sousuke Aizen

Aizen ingin mencuri Hogyoku yang dibuat oleh Urahara

Siapa yang menyangka kalau orang dengan segala kebaikannya ini ternyata adalah dalang dari semua masalah? Ya, bergabungnya Aizen ke Gotei 13 tidak lain adalah demi menjalankan rencana jahatnya.

Meski begitu, memang harus diakui kalau Aizen ini sangat ahli dalam menyembunyikan segala kebusukannya. Dia bahkan mampu membuat wakil kaptennya tetap mempercayai dirinya sekalipun sudah tahu bahwa Aizen berkhianat.

Zanpakutou yang dimiliki Aizen adalah Kyoka Suigetsu yang mampu menciptakan sebuah ilusi nyata bagi musuh-musuhnya.

Shikai: Kyoka Suigetsu
Bankai: Tidak diketahui
Jabatan: Kapten Divisi 5

6. Byakuya Kuchiki

Byakuya adalah kakak Rukia

Byakuya adalah orang paling kalem dari semua kapten Gotei 13. Selalu terlihat tenang dan memiliki analisan yang bagus dalam setiap pertarungan. Dirinya juga merupakan kakak dari Rukia. Sifat kalemnya tersebut berbanding terbalik dari wakil kaptennya, Abarai Renji yang cenderung ceroboh dalam melakukan sesuatu.

Byakuya memiliki zanpakutou bernama Senbonzakura yang berarti seribu sakura. Saat menggunakan Bankai, pedang miliki Byakuya akan berubah menjadi butiran bunga sakura yang akan langsung menyerang lawannya.

Shikai: Senbonzakura
Bankai: Senbonzakura Kageyoshi
Jabatan: Kapten Divisi 6

7. Sajin Komamura

Komamura adalah sahabat dekat Tosen

Mungkin dia adalah satu-satunya kapten yang memiliki penampilan cukup aneh (bermuka rubah). Itulah alasan kenapa Komamura selalu menutupi wajahnya dengan penutup wajah yang seperti terbuat dari bambu. Komamura ini diketahui adalah sahabat dari Kaname Tosen.

Bankai milik Komamura-san ini juga terbilang unik, yaitu mengeluarkan semacam prajurit perang raksasa yang membawa pedaang. Gerakan dari prajurit itu menyesuaikan gerakan yang dilakukan Komamura.

Shikai: Tenken
Bankai: Kokujo Tengen Myo'o
Jabatan: Kapten Divisi 7

8. Shunsui Kyoraku

Kyoraku diangkat menjadi kapten divisi pertama menggantikan Yamamoto

Kapten dengan tubuh tinggi dan rambut yang diikat kuda ini memiliki penampilan yang nyentrik. Dia memakai sebuah topi jerami di kepalanya dan baju kimono bermotif bunga. Kyoraku adalah pria yang flamboyan dan santai, atau mungkin bisa disebut pemalas. Dia sering terlihat tidur jika tidak ada pekerjaan yang dilakukan.

Kyoraku juga merupakan orang yang cinta damai yang bahkan lebih memilih menyelesaikan sesuatu tanpa sebuah pertempuran. Zanpakuto yang dimilikinya adalah sepasang pedang yang tersambung disambung menjadi satu dengan sebuah tali.

Shikai: Katen Kyokotsu
Bankai: Katen Kyokotsu: Karamatsu Shinju
Jabatan: Kapten Divisi 8

9. Kaname Tosen

Tosen memilih mengkhianati Soul Society dan bergabung dengan Aizen

Pria berkulit coklat ini memiliki nasib yang cukup buruk sebelum menjadi seorang kapten. Tosen terlahir buta sejak kecil sampai saat ini. Namun, itu tak membuatnya menyerah yang bahkan mampu merubah dirinya menjadi pribadi yang kuat sampai bisa memperoleh posisi kapten.

Tosen adalah satu dari 3 orang pengkhianat di Gotei 13 selain Gin Ichimaru dan Sousuke Aizen. Dalam hidupnya, Tosen memiliki sebuah keyakinan untuk selalu mengambil jalan selain pertempuran. Hal tersebut tentu bertentangan dengan dirinya yang memutuskan bergabung dengan Aizen yang jelas-jelas memerlukan banyak kematian orang tak bersalah untuk menjalankan rencananya mendapatkan 'Kunci Raja'.

Shikai: Suzumushi
Bankai: Suzumushi Tsuishiki: Enma Korogi
Jabatan: Kapten Divisi 9

10. Toshiro Hitsugaya

Hitsugaya melakukan bankai

Tak seperti penampilannya yang terlihat seperti anak kecil, Hitsugaya justru memiliki pola pikir dewasa dan bijaksana. Hal ini tentu sangat mencolok jika dibandingkan dengan wakil kaptennya, Rangiku Matsumoto yang terlihat santai, bahkan kadang mabuk-mabukan. Kekuatan yang dimiliki Hitsugaya berjenis es, seperti zanpakutou-nya yang memiliki wujud seekor naga es.

Shikai: Hyorinmaru
Bankai: Daiguren Hyorinmaru
Jabaran: Kapten Divisi 10

11. Kenpachi Zaraki

Kenpaci diangkat menjadi kapten tanpa bisa menggunakan bankai

Mungkin Kenpachi layak disebut sebagai orang terkuat di Gotei 13. Dirinya sangat haus dengan pertempuran. Kenpachi bahkan sangat bersemangat jika menemui musuh yang lebih kuat darinya. Sampai-sampai dia memasang lonceng-lonceng kecil di rambut Kenpachi agar musuhnya bisa mengetahui keberadaannya. Bagi Kenpachi, itu adalah suatu kepuasan tersendiri untuk menunjukkan betapa kuatnya dirinya.

Kenpachi juga satu-satunya kapten yang tidak bisa melakukan bankai saat diangkat menjadi kapten divisi 11. Meski begitu, kekuatannya layak disandingkan dengan kapten-kapten lainnya.

Shikai: Nozarashi
Bankai: Tidak diketahui
Jabatan: Kapten divisi 11

12. Mayuri Kurotsuchi

Kurotsuchi adalah ilmuwan gila di Bleach

Mayuri adalah kapten yang bertugas di bagian penelitian dan pengembangan shinigami. Penampilannya pun unik dan nyentrik ala-ala peneliti di dunia anime. Dirinya bahkan sering disebut sebagai ilmuwan gila karena kerap melakukan penelitian-penelitian di luar akal sehat.

Namun, Mayuri ini memiliki andil yang cukup besar bagi Soul Society. Dirinya juga berhasil membuat ramuan yang digunakannya untuk mengalahkan Espada nomor 8 saat itu.

Shikai: Ashisogi Jizo
Bankai: Konjiki Ashisogi Jizo
Jabatan: Kapten Divisi 12

13. Jushiro Ukitake

Tidak ada yang lebih bijaksana daripada Ukitake

Mungkin Ukitake adalah satu kapten yang paling bijaksana daripada yang lainnya. Terkenal dengan sifatnya yang lembut dan penyayang. Ukitake juga merupakan sahabat baik dari kapten divisi 8, Shunsui Kyoraku. Pertama kali diperlihatkan, Ukitake terlihat sedang sakit-sakitan.

Namun, hal tersebut tak membuatnya diam saja. Ukitake bahkan tetap ikut serta saat perang besar melawan Aizen dan para anak buahnya di kota Karakura.

Shikai: Sogyo o Kotowari
Bankai: Tidak diketahui
Jabatan: Kapten Divisi 13

Itulah 13 kapten Gotei 13 di anime Bleach. Siapa terkuat menurutmu?

Diberdayakan oleh Blogger.