10 Rekomendasi Anime Psychological Terbaik, Penuh Teka-Teki!

Anime Psychological Terbaik Sepanjang Masa

Jika kamu termasuk orang yang suka dengan anime genre psychological mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang terpilih, dalam artian suka dengan hal yang tidak mainstream.

Kenapa saya katakan demikian? Tidak lain karena mayoritas anime psychological memiliki jalan cerita yang berat. Ya, oleh karenanya anime jenis ini umumnya tidak disukai mereka yang tidak mau berpikir lebih jauh, atau dengan kata lain lebih suka nonton anime dengan genre santai, seperti comedy, action, dan fantasy.

Anime genre psychological adalah anime yang memiliki alur cerita kompleks, umumnya sang karakter utama memiliki jiwa yang tak normal. Meski tak semuanya begitu. Intinya sih anime bertema ini selalu memiliki permasalahan yang pelik dalam ceritanya yang membuat para penontonnya berpikir lebih untuk mengetahui teka-teki dan cerita di dalamnya.

Nah, berikut 10 rekomendasi anime psychological terbaik yang penuh teka-teki di dalamnya.

1. Death Note (2006)

Adu kecerdasan antara Light Yagami dan L Lawliet

Di dalam ceritanya, Death Note sendiri adalah sebutan untuk catatan kematian milik Shinigami. Dengan kata lain, buku tersebut digunakan para shinigami untuk mencabut nyawa manusia.

Suatu ketika, Ryuk bosan dengan apa yang dilakukannya selama ini sebagai shinigami. Kemudia dia memutuskan untuk menjatuhkan Death Note miliknya ke dunia manusia. Singkat cerita buku tersebut ditemukan oleh seorang mahasiswa cerdas bernama Light Yagami.

Read More! 6 Live Action Paling Sukses di Pasaran

Mulanya Light memang tidak percaya dengan apa yang ditemukannya. Namun, setelah dicoba dan berhasil dia mulai menyadari bahwa Death Note memang bisa digunakan untuk membunuh orang lain.

Light pun memutuskan menggunakan Death Note untuk membersihkan kejahatan di dunia, dia pun melakukan pembunuhan massal kepada para penjahat menggunakan Death Note. Mengetahui banyak kematian yang terjadi secara tidak wajar, polisi pun turun tangan mengusut kasus ini.

Untuk kepentingan penyelidikan, polisi meminta bantuan seorang detektif terkenal bernama L Lawliet. Mulai dari sinilah pertarungan dimulai, antara L dan Light. Mereka berdua saling beradu kepintaran untuk membongkar identitas satu sama lain.

2. Boku dake ga Inai Machi (2016)

Satoru kembali ke masa 18 tahun yang lalu untuk mengungkap pembunuhan temannya

Satoru Fujinuma adalah seorang pemuda yang memiliki kekuatan supernatural yang memungkinkan dirinya memutar kembali waktu (time lapse). Kemampuan tersebut sering digunakannya untuk menyelamatkan orang dalam bahaya.

Suatu ketika Satoru mendapati ibunya dibunuh dan dirinya dituduh sebagai pelaku pembunuhan. Tapi, Satoru menyadari bahwa pembunuhan ini ada hubungannya dengan kasus pembunuhan teman sekolahnya.

Sekali lagi, Satoru memutuskan menggunakan kekuatannya kembali untuk mengungkap kebenaran dari kasus tersebut. Dia kembali ke masa lalu, tepatnya 18 tahun yang lalu dimana dirinya masih berada di sekolah dasar.

3. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu (2014)

Parasyte di tangan kiri Sinichi diberi nama Migi

Anime ini sering juga disebut dengan Parasyte karena memang isi ceritanya memang tentang alien (parasyte) yang ingin menginvasi bumi. Mereka turun ke bumi dan masuk ke dalam tubuh manusia untuk mengambil alih tubuh mereka.

Sinichi Izumi termasuk salah satu orang yang menjadi korban Parasyte ini, hanya saja ia sedikit beruntung karena dapat mencegah pengambil alihan tubuhnya hanya sampai di lengan kirinya saja. Dengan kata lain, Sinichi masihlah seorang manusia normal, hanya tangan kirinya saja yang merupakan Parasyte.

Hal tersebut malah membuat keduanya berteman, mereka bahkan bekerja sama untuk memerangi Parasyte lainnya.

4. Zankyou no Terror (2014)

Eleven dan Twelve melakukan terror untuk mendapatkan perhatian dunia

Berkisah tentang dua orang teroris dengan inisial Nine dan Twelve. Kedua orang ini sekilas tampak seperti siswa sekolahan seperti pada umumnya. Padahal keduanya adalah pelaku dibalik kasus pengeboman di beberapa sudut kota.

Mereka melakukan aksinya dengan sangat sempurna, tanpa menaruh kecurigaan sedikitpun dari pihak lain. Sebelum meledakkan bom yang mereka pasang, kedua orang yang mengaku 'Sphinx' ini selalu memberikan clue untuk tentang bom yang mereka tanam. Polisi harus bisa memecahkan clue tersebut untuk bisa menjikakan bom. Jika tidak, bom akan meledak.

Anime ini cocok sekali untuk kamu yang suka dengan sesuatu yang membuat penasaran, karena ada banyak teka-teki di anime ini. Meski episode-nya cuma 12, ending anime ini menurut saya cukup memuaskan.

5. Zetsuen no Tempest (2012)

Siapa pembunuh Aika Fuwa?

Anime ini memiliki fokus cerita terhadap pembunuhan yang menimpa Aika Fuwa. Sang kakak, Mahiro Fuwa yang tidak terima dengan kejadian ini bersumpah untuk menemukan pembunuh adiknya tersebut.

Mahiro pun membuat perjanjian dengan seorang penyihir bernama Hakaze Kusaribe untuk membantunya menemukan siapa pembunuh Aika Fuwa. Namun, semua tak berjalan lancar. Ada banyak faktor yang membuat susahnya mengungkap kasus pembunuhan ini.

Jika kamu mengaku seorang yang cerdas, silahkan tonton dan cari tahu pembunuh Aika Fuwa sebelum akhirnya dibongkar di akhir episode. Jika kamu bisa mengetahuinya, sungguh kamu memang orang yang cerdas!

6. Death Parade (2015)

Decim memutuskan siapa yang berhak masuk ke surga dan neraka

Kisahnya agak horror sih, soalnya berhubungan dengan kematian. Di anime ini, orang yang mati tidak akan langsung dikirim ke surga atau neraka. Mereka akan lebih dulu dikirim ke sebuah bar yang dijaga oleh bartender bernama Decim.

Decim ditugaskan sebagai juri yang memutuskan apakah orang tersebut akan masuk surga, neraka, atau mungkin reinkarnasi (dihidupkan kembali). Untuk membuat keputusan, Decim akan menawarkan sebuah permainan kepada mereka yang datang. Sembari bermain, mereka akan diperlihatkan bagaimana masa lalu mereka dan bagaimana mereka bisa mati.

Setelah permainan selesai,  keputusan akan keluar dari sang juri. Akan kemanakah mereka dikirim?

7. Elfen Lied (2004)

Lucy adalah percobaan yang memberontak

Buat kalian pecinta anime Gore mungkin harus nonton Elfen Lied. Anime ini memiliki tingkat psychological yang kuat, bahkan mampu mempengaruhi beberapa penontonnya yang tidak kuat dengan adegan terlalu sadis.

Menceritakan seorang Diclonius bernama Lucy. Dirinya adaha hasil percobaan yang memberontak. Akibatnya, Lucy kabur dan melakukan berbagai kekejaman. Parahnya, dia juga memiliki kekuatan semacam telekinesis yang memungkinkan dirinya memotong atau menggerakkan benda dan orang lain sesuka hatinya. Serem kan?

8. Psycho-Pass (2012)

Tingkat psikologis seseorang akan diukur menggunakan Psycho-Pass untuk menentukan tingkat kriminalitas mereka

Digadang-gadang sebagai anime psychological terbaik oleh sebagian orang, walaupun menurut saya Death Note masih yang nomor satu. Plot cerita Psycho-Pass berfokus pada seorang inspektur polisi bernama Akane Tsunemori.

Psycho-Pass sendiri merupakan sebuah alat yang mampu mengukur tingkat psikologis seseorang. Alat ini juga digunakan sebagai penentu tingkat kriminalitas yang dilakukan seorang penjahat. Mereka akan direhabilitasi atau dipenjara jika masih dalam tingkat rata-rata. Namun, jika sudah Psycho-Pass mereka sudah memasuki zona merah (tingkat atas), mereka akan langsung ditembak mati.

9. Monster (2004)

Ketika seorang dokter lebih memilih menyelamatkan nyawa daripada jabatannya sendiri

Pilihan yang berat harus dihadapkan kepada seorang dokter di suatu rumah sakit. Dirinya diberikan pilihan untuk memilih menyelamatkan seorang politikus atau anak kecil yang sama-sama sekarat. Tak disangka dokter tersebut ternyata lebih memilih nyawa anak kecil tersebut untuk diselamatkan.

Karena politik yang tidak memihak rakyat kecil, dokter tersebut pun harus rela kehilangan jabatan dan statusnya sebagai dokter. Namun, ternyata dia dipertemukan kembali dengan anak kecil yang ia selamatkan tersebut beberapa tahun kemudian. Mulai dari sinilah perjalanan penuh darah dimulai mereka berdua.

10. Tokyo Ghoul (2014)

Kaneki menjadi objek percobaan dokter Kanou yang paling sempurna

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang anime ini, tapi tak ada salahnya juga jika saya masukan ke dalam list. Bercerita tentang seorang anak laki-laki kutu buku, Ken Kaneki. Singkat cerita dia akan dijadikan mangsa oleh salah satu Ghoul, Rize Kamishiro.

Beruntung Kaneki dapat selamat karena Rize mati tertimpa reruntuhan bangunan. Kaneki yang terluka parah pun dibawa ke rumah sakit dan diselamatkan oleh seorang dokter. Dokter tersebut memutuskan melakukan transplantasi organ tubuh Rize ke dalam tubuh Kaneki.

Read More! 5 Momen Tak Terduga di Tokyo Ghoul

Alhasil Kaneki berubah menjadi manusia setengah Ghoul. Dari sini Kaneki memulai petualangannya, karena hanya dialah satu-satunya mahkluk yang mampu memahami perasaan manusia dan Ghoul.

Itulah 10 rekomendasi anime psychological terbaik versi Kabar Anime. Cuss tonton dan pecahkan semua teka-teki di dalamnya.

Diberdayakan oleh Blogger.