10 Rekomendasi Anime Action Terbaik, Scene Duel-nya Greget!

Saber mengeluarkan Excalibur untuk mengalahkan Caster

Action mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu genre anime yang tidak pernah sepi peminat. Setiap musim hampir selalu ada rilisan baru anime action, terlepas dari bagaimana kualitasnya. Memang anime action menjadi salah satu genre yang tidak membosankan untuk ditonton. Ya, karena pasti akan selalu ada scene pertarungan yang epic di dalam ceritanya.

Scene tersebut pastilah menjadi satu magnet yang kuat bagi gence action. Walau ada juga beberapa judul yang nuansa pertarungannya tidak seru, meski ada diberi embel-embel 'anime action'. Mengingat tak sedikit juga penonton yang kecewa karena scene duel yang diharapkan bakal keren nyatanya malah tidak sesuai harapan.

Untuk kamu yang lagi cari rekomendasi anime action terbaik, kali ini saya akan memberikan list anime action terbaik versi Kabar Anime yang dijamin tidak akan membuatmu kecewa. Berikut 10 diantaranya:

1. Shingeki no Kyojin

Eren mencoba melawan titan kolosal yang ingin menerobos dinding

Sejak pertama kali dirilis tahun 2013, Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan langsung menjelma menjadi sebuah tren baru di kalangan pecinta anime. Banyak sekali yang suka dengan judul ini, termasuk saya.

Mulanya kamu akan disuguhkan bagaimana kehidupan manusia yang harus bertahan hidup di dalam tembok raksasa setinggi 50 meter. Tembok tersebut berfungsi sebagai penghalang titan (raksasa) agar tidak masuk ke pemukiman.

Read More! Identitas Lengkap 9 Titan Shifter

Jadi, intinya anime ini memberikan gambaran bagaimana rasanya hidup dalam tekanan dan bayang-bayang monster mengerikan di luar sana yang siap memakan manusia. Tak hanya itu, anime ini akan mengisahkan bagaimana perjuangan Eren sang karakter utama bersama teman-temannya dalam memerangi para titan.

Read More! List Anime dengan Kematian Karakter Terbanyak

Kamu bakal melihat banyak cinematic scene yang sungguh epic dari anime ini. Adegan pertarungan antara Scouting Legion dan para titan sungguh sangat seru untuk ditonton. Plus senjata yang digunakan unik, yaitu 3D Manuver Gear.

Rating: 8,50
Tahun Rilis: 2013

2. Sword Art Online

Kirito menunjukkan kemampuannya dengan mengalahkan sang game master SAO, Kayaba Akihiko

Mungkin banyak yang sudah tahu dengan judul ini, tapi memang rasanya Sword Art Online layak disebut sebagai salah satu anime game terbaik yang layak tonton. Berkisah dari seoarang beta tester, Kirito yang sedang mencoba sebuah game RPG baru dengan nama SAO (Sword Art Online).

Pertama kali masuk ke dalam game semua terasa baik-baik saja, sampai pada akhirnya masalah mulai disadari para pemain saat mereka mendapati dirinya tidak bisa log out dari game. Hal tersebut ternyata merupakan ulah dari sang GM, Kayaba Akihiko.

Untuk bisa keluar dari dalama game, pemain harus mencapai lantai teratas dan mengalahkan bos tertinggi dalam game tersebut. Namun, semua tak semudah yang dibayangkan. Karena jika kamu mati dalam game, itu juga berarti akhir dari hidupmu di dunia nyata! Dengan kata lain, satu-satunya pilihan untuk selamat adalah harus bisa menyelesaikan game tersebut dan kembali ke dunia nyata.

Read More! 11 Pendekar Pedang Terkuat di Anime

Untuk kamu yang penasaran bagaimana kualitas pertarungan di SAO tak perlu kawatir. Baik di season 1, season 2, sampai movie (SAO: Ordinal Scale) semuanya mampu menyuguhkan adegan pertarungan yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Boleh lah dikategorikan sebagai duel paling seru di anime.

Rating: 7,68
Tahun Rilis: 2012

3. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Karakter-karakter di anime Fullmetal Alchemist

FMA atau Fullmetal Alchemist adalah anime anti mainstream yang harus kamu tonton. Cerita yang diangkat anime ini sungguh tidak pasaran seperti anime-anime rilisan baru sekarang.

Semua bermula dari seorang kakak beradik bernama Edward Elric dan Alphonse Elric, keduanya ingin membangkitkan kembali ibu mereka yang telah mati menggunakan alkimia. Namun, bukannya melihat sang ibu, malah iblis yang keluar. Karena hal tersebut juga sang adik (Alphonse) harus kehilangan tubuhnya dan sang kakak kehilangaan tangan kanannya. Ed pun memutuskan memindahkan jiwa Al ke dalam sebuah baju zirah.

Dari situlah petualangan dimulai. Kalian akan diperlihatkan bagaimana ikatan kuat seorang kakak dan adik sebagai seorang saudara yang saling mengisi satu sama lain. Terlepas dari cerita utamanya, banyak juga cerita di dalamnya yang sangat menarik untuk diikuti.

Rating: 9,25
Tahun Rilis: 2009

4. Angel Beats

Angel Beats adalah anime yang membuat banyak penontonnya menangis

Suka anime yang sedikit baper? Kamu bisa nonton Angel Beats kalau anime ini belum pernah kamu tonton. Di anime ini, setelah kematian kamu tidak akan langsung pergi ke surga atau neraka. Ada tempat yang harus kamu tuju terlebih dahulu.

Semua orang yang mati akan dikirim ke satu dunia,  di dunia tersebut mereka akan bertemu orang lain yang juga telah mati. Umumnya sih, para karakter yang mati disini diceritakan masih memiliki satu impian yang belum tercapai semasa hidupnya. Setelah impian tersebut bisa tercapai di dunia yang baru (setelah kematian), barulah arwah mereka bisa tenang.

Anime ini juga ada scene romance yang cukup menyentuh. Ada juga Yurippe sang gadis cantik penembak jitu. Cocoklah buat kamu yang cari anime action tapi gak murni action.

Rating: 8,33
Tahun Rilis: 2010

5. Code Geass

Lelouch menjadi sangat kuat dengan kekuatan Geass yang dimilikinya

Seri pertamanya sudah rilis sejak lama, tepatnya tahun 2006. Sudah lebih dari 10 tahun dari sekarang kenapa masih direkomendasikan? Jawabannya cuma satu, anime ini bagus! Namun, kamu harus mau berpikir lebih saat menonton Code Geass. Ada banyak strategi dan teka-teki yang harus bisa kamu pahami untuk mengetahui jalan ceritanya.

Code Geass mengisahkan tentang penjajahan Britania Raya atas Jepang. Karakter utama dalam anime ini juga merupakan keturunan Britania Raya, namun memilih untuk membela Jepang. Dia adalah Lelouch Lamperouge, seorang anak bangsawan yang dibuang oleh ayahnya sendiri sejak kecil.

Berawal dari situ, Lelouch menjadi pribadi yang sangat membenci ayahnya sendiri. Dibekali dengan kecerdasan di atas rata-rata membuat Lelouch menjadi seorang yang pandai dalam berbagai situasi. Dia mampu menjadi seseorang yang disegani dan menggerakan sebuah kelompok untuk melawan penjajahan tersebut.

Oh iya, anime ini juga memiliki kekuatan unik di beberapa karakternya, yaitu Geass. Geass adalah kemampuan mata yang mampu memberikan kekuatan tertentu kepada penggunanya. Misal Lelouch yang kekuatan Geass miliknya adalah 'perintah mutlak', dengan kata lain setiap orang yang sudah dibawah pengaruhnya akan mematuhi segala yang diperintahkan Lelouch, sekalipun untuk menghabisi dirinya sendiri.

Rating: 8,79
Tahun Rilis: 2006

6. Tokyo Ghoul

Kaneki berubah menjadi ghoul sepenuhnya dan mengalahkan Yamori

Awal mula saya tertarik dengan Tokyo Ghoul karena ceritanya yang unik dan seru untuk diikuti. Anime ini mengenalkan kita pada sebuah mahkluk bernama Ghoul yang diceritakan suka memakan manusia. Jadi, inti ceritanya adalah manusia dengan Ghoul.

Sampai akhirnya muncul sang karakter utama, Ken Kaneki yang awalnya adalah laki-laki polos dan kutu buku. Semua berubah ketika dirinya bertemu dengan Rize (Ghoul). Singkat cerita mereka berdua berkencan (ini adalah kedok Rize untuk memakan Kaneki).

Saat Kaneki mengetahui Rize adalah Ghoul, dia pun berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan hidupnya. Sampai akhirnya keberuntungan berpihak padanya karena Rize diceritakan mati tertimpa reruntuhan besi bangunan.

Kaneki pun diselamatkan oleh seorang dokter. Karena oragan dalam tubuhnya rusak, dokter tersebut pun mentransplantasikan organ tubuh Rize ke dalam tubuh Kaneki. So, jadilah dia manusia setengah Ghoul.

Kaneki dalam anime ini dikisahkan menjadi jembatan antara manusia dan Ghoul, karena hanya dialah satu-satunya yang bisa memahami perasaan satu sama lain (Ghoul dan manusia). Kehidupannya pun berubah ketika dirinya mengetahui banyak sesuatu yang salah dengan semua ini. Penasaran? Tonton sendiri, ya! Takutnya spoiler nanti.

Rating: 8,01
Tahun Rilis: 2014

7. Naruto

Karakter-karakter di anime Naruto

Meski sudah tamat, rasanya Naruto tetap membekas di hati para penontonya. Untuk kamu yang mungkin belum nonton, anime ini bisa kamu jadikan daftar tonton selanjutanya. Naruto sendiri sudah mulai tayang sejak 2002 dan akhirnya tamat pada 2017 lalu. Tak terasa sudah 15 tahun anime ini berjalan.

Cerita utamanya adalah tentang seorang ninja bernama Naruto yang awalnya dikisahkan sebagai seorang yang bodoh, ceroboh, dan nakal. Kenakalan yang dilakukannya tidak lain adalah untuk mencari perhatian orang lain, karena Naruto ini adalah seorang anak yang dijauhi banyak orang karena dianggap menyimpan kekuatan monster dalam tubuhnya (rubah ekor 9 - Kurama).

Read More! 8 Jutsu Terkuat Milik Klan Uzumaki

Namun, semua itu perlahan-lahan berubah. Naruto semakin tumbuh menjadi ninja yang hebat dan memiliki banyak teman. Seiring berjalannya waktu, dia mampu merubah pandangan buruk orang lain terhadap dirinya menjadi sebuah penghormatan.

Tentu saja hal tersebut bisa dicapainya dengan perjuangan yang tak mudah. Namun inilah poin utama dari Naruto, seseorang yang tidak bisa apa-apa bukan berarti tidak berguna, karena pada dasarnya tak ada yang tak berguna di dunia ini. Di anime ini kamu juga akan melihat banyak sekali ikatan pertemanan dari satu karakter dengan karakter lainnya.

Rating: 7,86
Tahun Rilis: 2002

8. One Punch Man

Saitama dapat mengalahkan musuhnya hanya dengan satu pukulan

Anime ini cocok untukmu yang mencari anime action dengan cerita ringan, karena OPM juga mengusung tema komedi di dalam animenya. Saitama adalah seorang hero yang memiliki penampilan tak sesuai dengan kekuatan. Dirinya digambarkan sebagai seorang yang terlihat tak memiliki kelebihan apapun. Kepala botak, tubuh kerempeng, plus tatapan mata tidak serius.

Tapi siapa sangka dibalik semua itu tersimpan satu kekuatan besar. Seperti judulnya, Saitama adalah karakter yang hanya membutuhkan satu pukulan saja untuk mengalahkan musuh-musuhnya. One hit kill!

Bukan soal kekuatan saja, One Punch Man juga memiliki banyak adegan komedi yang mengocok perutmu. Jadi, dijami kamu tak akan bosan menontonnya.

Rating: 8,74
Tahun Rilis: 2015

9. Mirai Nikki

Yuno sangat mencintai yuki hingga rela melakukan apapun demi cintanya

Mirai Nikki ini memiliki cerita yang cukup unik, yaitu buku harian. Bedanya, ini adalah buku harian masa depan. Dengan kata lain, kamu bisa mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Kemampuan ini dimiliki oleh Yukiteru Amano. Dia adalah salah satu peserta dari game kematian yang diadakan oleh Deus Ex.

Setiap peserta dalam permainan ini memiliki masing-masing buku hariannya sendiri, hanya saja kemampuannya berbeda. Oh iya, buku harian dalam anime ini digambarkan dengan sebuah ponsel.

Kamu akan melihat bagaimana strategi masing-masing peserta dalam bertahan hidup dan berusaha membunuh satu sama lain. Hal lain yang menonjol di anime ini adalah keberadaan Yuno Gasai, salah satu Yandere paling terkenal sepanjang masa.

Rating 7,93
Tahun Rilis: 2011

10. Fate Series

Archer melawan Lancer

Sebenarnya seri anime ini ada banyak sekali, tapi saya sarankan untuk menonton 3 anime utamanya terlebih dahulu sebelum menonton judul lainnya. Seri tersebut adalah Fate/stay night, Fate/Zero, dan Fate/stay night: Unlimited Blade Works.

Read More! Urutan Nonton Fate Series yang Benar

Anime ini mengisahkan tentang perang untuk memperebutkan Holly Grail atau cawan suci. Ada 7 peserta yang ikut dalam perang ini, mereka semua adalah penyihir. Setiap penyihir akan memiliki masing-masing satu servant dengan berbagai kelas.
  • Saber
  • Archer
  • Lancer
  • Caster
  • Raider
  • Assassin
  • Berseker
Setiap peserta akan berusaha menyingkirkan peserta lainnya, siapa yang bisa bertahan sampai akhir dialah yang mendapatkan cawan suci tersebut yang konon bisa mengabulkan segala permintaan, apapun itu.

Fate Series adalah anime yang diproduksi Ufotable, studio anime yang selalu unggul untuk masalah grafis. Jadi, dijamin kamu tak akan kecewa dengan masalah penggambaran dan tentunya epic scene dalam setiap pertarungannya.

Rating: Overall 8
Tahun Rilis: 2006 (FSN) | 2011 (FZ) | 2014 (FSN: UBW)

Itulah 10 rekomendasi anime action terbaik versi Kabar Anime. Cuss tonton deh!

Diberdayakan oleh Blogger.