L, Detektif Nyentrik di Anime Death Note

- Desember 05, 2017
l, detektif terkenal di anime death note

Death Note, anime genre psychological yang rilis tahun 2006 yang mungkin menjadi salah satu anime misteri terbaik sepanjang masa. Death Note sendiri mempunyai 37 episode dan mendapat rating 8,6 di MyAnimeList. Live Action-nya pun sukses di pasaran. Menceritakan Light Yagami yang merupakan seorang mahasiswa yang secara tidak sengaja melihat sebuah buku jatuh dari langit. Setelah dilihat, buku itu ternyata adalah Death Note (buku catatan kematian) milik Shinigami yang bernama Ryuk.
Singkat cerita, Light tahu bahwa Death Note tersebut bisa digunakan untuk membunuh orang. Caranya? Cukup dengan menuliskan nama orang di buku tersebut dan 40 detik kemudian orang yang namanya ditulis tadi akan mati terkena serangan jantung. Tak hanya itu saja, Death Note juga bisa digunakan untuk memanipulasi kematian seseorang dengan menuliskan rincian kematian sesuai keinginan. Mengerikan, ya?

Menyadari hal tersebut, Light pun berencana menggunakan Death Note untuk membunuh seluruh penjahat di bumi dan menciptakan dunia baru yang bebas dari kejahatan. Namun, tetap saja membunuh adalah tindakan kriminal. Setelah banyak kejadian 'mati mendadak', pihak kepolisian pun turun tangan untuk menyelesaikan kasus ini. Namun, karena ketidakmampuan mereka, diutuslah seorang detektif cerdas untuk membantu mengusut kasus ini. Ya, dia adalah L.

Sekilas Tentang L

Nama aslinya adalah Lawliet yang diambil dari kata 'low light' dalam bahasa Inggris. L adalah inisial dari nama aslinya.

Uniknya, L ini memiliki perawakan yang terbilang nyentrik dan jauh dari kesan 'detektif'. Dia adalah pribadi yang berantakan yang setiap harinya hanya menggunakan kaos polos putih plus celana jeans panjang. L juga punya kebiasaan yang cukup unik, dia selalu jongkok (tidak pernah duduk). Menurutnya, jika ia duduk, tingkat kecerdasannya akan berkurang 40%. Kok bisa, ya?

Debut pertamanya sudah terlihat sejak episode awal, meski hanya berupa suara dan inisialnya saja di layar komputer. Namun, dari scene tersebut sudah bisa dijelaskan bahwa L ini merupakan orang yang jenius. Terbukti dengan dia tidak menyebutkan namanya dan membongkar rahasia membunuh Kira yang harus menggunakan nama. Selama menggarap kasus Kira, L menyamarkan namanya menjadi Ryuzaki.

nama samaran l adalah ryuzaki

Dari situ mulailah duel sengit (adu kepintaran) antara L dan Light. Mereka berdua berusaha saling menghancuran satu sama lain. Light berusaha mencari nama asli L, sedangkan L sendiri berusaha membongkar identitas Kira yang sebenarnya.
Sepanjang cerita penonton akan disuguhkan bagaimana cerdiknya L sebagai detektif. Dibalik penampilannya yang kurang meyakinkan, L ternyata memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata manusia normal. L mampu menganalisa seluruh pergerakan Light dan memperkirakan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Sayang dirinya harus mati di tangan Light Yagami. FYI, ada perbedaan kematian L antara anime dan Live Action. Di anime diceritakan L kalah dan mati, perjuangannya kemudian dilanjutkan oleh N (Near) yang merupakan anak didik L. Sedangkan di Live Action, bisa dikatakan L seimbang dengan Light. Mereka berdua mati di akhir cerita.

Kepribadian L

L memiliki sifat pendiam dan anti sosial, dirinya bahkan tidak punya teman. Dia tidak pernah terlihat di tempat umum dan selalu menyelesaikan kasus-kasusnya dibalik layar, tanpa memperlihatkan dirinya. L memiliki kebiasaan aneh, yaitu jalan bungkuk dan selalu jongkok (tidak duduk).

l suka duduk jongkok

L juga sangat suka dengan makanan manis. Bisa dikatakan semua makanan atau minuman yang dikonsumsinya semuanya manis. Meskipun begitu, L adalah orang yang super cerdas dengan IQ di atas rata-rata.

Biodata

  • Nama: L "Ryuga Hideki, Ryuzaki, Eraldo Coil, Deneuve" Lawliet
  • Tanggal Lahir: 31 Oktober 1979
  • Tinggi Badan: 179cm
  • Berat Badan: 50kg
  • Zodiak: Scorpio
  • Kesukaan: Segala sesuatu yang manis

Satu pelajaran yang dapat kita ambil dari L adalah 'dibalik setiap kekurangan manusia, dia pasti punya satu kelebihan'. Jadi, jangan pernah merasa kamu tidak bisa apa-apa. Pasti ada satu bakat yang kamu miliki dan kembangan. Percayalah, itu akan menjadi satu hal yang indah untukmu.

 

Start typing and press Enter to search