8 Mainan Masa Kecil dari Jepang yang Populer di Generasi 90an

- November 26, 2017
balapan tamiya

Memang tak bisa dipungkiri kalau anime memberikan dampak yang besar kepada anak-anak, terutama mereka yang merupakan kelahiran 90an. Saya yang juga merupakan salah satu anak yang ada di generasi tersebut merasa jaman sudah berubah. Tidak ada lagi anak-anak yang menunggu film kartun di TV saat hari Minggu. Sekarang acaranya sudah digantikan oleh acara-acara lain yang hanya bertujuan mendongkrak rating.

Baca juga: 7 Rekomendasi Anime Genre Romance Comedy

Back to topic, karena kepopuleran suatu anime, tidak menutup kemungkinan anime tersebut akan diadaptasi ke berbagai media hiburan lain, seperti Live Action ataupun sebuah mainan. Ya, tergantung jenis anime-nya juga sih.

Nah, bicara soal mainan tentu kalian tidak akan pernah lupa dimana masa kecil kalian yang akrab dengan mainan bukan? Beda dengan sekarang yang semuanya ada di satu perangkat, gadget! Berikut 8 mainan masa kecil buatan Jepang yang menemani anak generasi 90an.

1. Tamiya

turnamen tamiya sering diadakan

Berkat kepopuleran anime Let's & Go, nama Tamiya atau Mini 4WD menjadi tenar. Dari sebuah tontonan di TV kemudian diadaptasi menjadi sebuah mainan sungguhan. Bahkan sampai ada kejuaraan resminya juga, lho. Sampai sekarang pun Tamiya masih memiliki tempat tersendiri di hati para pecintanya, turnamennya juga masih banyak diselenggarakan.

2. Crush Gear

garuda eagle menjadi crush gear terfavorit

Pada dasarnya Crush Gear ini mirip seperti Tamiya, hanya saja penggunaannya berbeda. Tidak untuk balapan tapi untuk diduelkan satu sama lain. Setiap Crush Gear memiliki bentuk yang unik dengan senjata yang berbeda-beda. Cara bermainnya adalah dengan menabrakkan Crush Gear satu sama lain dalam satu arena. Siapa yang keluar atau terbalik berarti dia kalah.

3. Beyblade

permainan gasing yang tren

Beyblade ini adalah mainan yang diadaptasi dari sebuah gasing, mungkin lebih akrab disebut 'gangsing' oleh orang Indonesia. Bedanya Beyblade memiliki kemampuan spesial yang unik, kalau kalian pernah nonton anime-nya pasti tau yang saya maksudkan. Dari sebuah anime, Beyblade kemudian diadaptasi menjadi mainan yang berhasil mencuri banyak perhatian anak-anak pada masanya.

4. Super Yoyo

belajar trik bermain yoyo

Pernah punya mainan yang satu ini? Yoyo juga menjadi salah satu mainan yang dijadikan tema sebuah anime. Anime ini menceritakan seorang pemain yoyo bernama Shunici yang ingin menjadi seorang pemain yoyo profesional. Dulu sih banyak banget yang bawa mainan ini ke sekolah buat dipamerin sama teman-teman lainnya di kelas.

5. B-Daman

berbagai macam b-daman untuk dikoleksi

Bisa dibilang B-Daman adalah evolusi dari permainan gundu. Kalau gundu biasa dimainkan dengan menggunakan tangan, B-Daman akan melontarkan gundu dari sebuah alat berupa robot kecil. Bentuk robotnya pun unik dan keren, makin keras dorongan tanganmu makin keras juga lontaran gundu yang keluar.

6. Tamagotchi

duel digimon menggunakan tamagotchi

Kamu yang suka Digimon pastilah tidak asing dengan mainan yang satu ini. Bentuknya menyerupai Digivice yang ada di anime Digimon. Kita harus merawat Digimon kita mulai dari bentuk telur sampai dewasa dengan memberinya makan. Tapi awas, mereka bisa mati kalau kamu lupa memberi makan. Tak hanya itu saja Digimon milikmu juga bisa kamu duelkan dengan Digimon milik temanmu, lho. It's so nostalgic!

7. Game Boy

jaman dulu main game boy aja udah seneng

Game Boy adalah mainan buatan Nintendo yang pertama kali diproduksi tahun 1989. Meski tidak diadaptasi dari anime, tak bisa dipungkiri kalau Game Boy merupakan satu mainan yang tidak bisa dilupakan jasanya. Sebelum tren bermain game di konsol atau PC, anak jaman dulu juga sangat ketagihan dengan permainan simpel di perangkat 'kuno' ini.

8. Yu-Gi-Oh!

koleksi kartu yugioh

Dari sekian banyak permainan kartu, mungkin Yu-Gi-Oh bisa dikatakan merupakan permainan kartu paling populer di dunia. Manga dan animenya laku keras di pasaran, Yu-Gi-Oh! juga diadaptasi ke berbagai game yang berbeda, seperti:

  • Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories (PS1)
  • Yu-Gi-Oh! The Duelists of the Roses (PS2)
  • Yu-Gi-Oh! Duel Links (Android, iOS & PC)

Selain itu, banyak juga turnamen Yu-Gi-Oh! yang diselenggarakan sampai sekarang. Ada juga mereka yang hanya suka mengoleksi kartunya saja. Bahkan untuk kartu langka harganya ada yang sampai jutaan, lho!

Kamu pernah punya yang mana aja nih, minna? Atau malah kamu generasi millennial yang cuma kenal gadget?

 

Start typing and press Enter to search