11 Januari 2018

Perbedaan Flashback dan Filler di Anime

Flashback artinya adegan yang menceritakan masa lalu

Dua hal ini (flashback dan filler) mungkin adalah sebuah scene yang dibenci oleh kebanyakan orang. Ya, karena dua adegan tersebut menceritakan sesuatu yang berbeda dari alur utama sebuah anime. Meski begitu, keduanya memiliki arti yang tidak sama. Namun, tidak jarang yang masih salah dalam mengartikan kedua hal tersebut.


Perbedaan Flashback dan Filler

Flashback artinya menceritakan sesuatu yang umumnya masa lalu dari karakter tertentu. Sedangkan filler bisa diartikan sebagai episode selingan dalam sebuah anime. Dengan kata lain, flashback masih memiliki hubungan dalam sebuah cerita, hanya saja alurnya mundur. Lain halnya dengan filler yang tidak ada sangkut pautnya dengan cerita utama.

Read More! Alasan Karakter Utama Sering Duduk Dekat Jendela

Flashback sendiri digunakan untuk menjelaskan hal tertentu yang belum jelas kebenarannya. Misal dalam sebuah anime diceritakan ada seorang karakter yang kuat, namun tidak dijelaskan darimana asal muasal kekuatan tersebut. Nah, adegan flashback bisa digunakan untuk menjelaskan bagaimana karakter tersebut mendapatkan kekuatannya. Paham?

Filler artinya adegan yang tidak ada hubungannya dengan cerita utama

Kalau filler atau episode selingan umumnya digunakan untuk memperpanjang cerita suatu anime. Ada beberapa alasan kenapa filler dibuat, salah satunya karena cerita di anime sudah terlampau jauh (mendekati manga). Untuk memberi jarak, biasanya akan dibuat sebuah filler untuk memperpanjang durasi film. FYI, Naruto adalah anime yang terkenal karena banyaknya adegan filler.

Kenapa Harus Ada Flashback?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, scene flashback ini memiliki nilai tersendiri bagi sebuah anime, terutama anime dengan episode yang panjang. Hampir tidak mungkin anime dengan cerita yang panjang tidak memiliki adegan flashback di dalamnya. Lihat saja Naruto, Bleach, Fairy Tail, One Piece, Dragon Ball. semuanya pasti ada flashback-nya.

Kalau Filler?

Sama seperti flashback, filler juga biasanya ditemukan pada anime yang memiliki banyak episode. Selain fungsi utamanya untuk memperpanjang durasi film, filler juga memiliki fungsi lain, diantaranya:

  • Memperjelas plot yang ambigu
  • Pengenalan lebih dekat dengan karakter tertentu

Jadi, sudah paham kan apa bedanya antara flashback dan filler?