11 Juli 2017

Identitas 9 Titan Shifter dalam Anime Shingeki no Kyojin

anime karya hajime isayama

Shingeki no Kyojin atau yang sering disebut Attack on Titan adalah sebuah manga karya Isayama Hajime yang menceritakan tentang kehidupan manusia yang tinggal di dalam dinding untuk bertahan hidup sekaligus berlindung dari serangan titan. Disitulah Eren, Mikasa, dan Armin berjuang melawan para titan dan membongkar rahasia dibalik itu semua.

SPOILER ALERT!!!

Hingga saat artikel ini dibuat, manga Attack on Titan sudah mencapai 95 chapter dan 2 season anime dan diketahui bahwa identitas dari para titan adalah manusia. Cerita berawal dari seorang ratu bernama Ymir Fritz yang melakukan perjanjian dengan iblis hingga akhirnya dia mendapat kekuatan titan. Saat sudah mencapai batasnya, dia membagi kekuatannya ke 9 orang dengan kekuatan yang berbeda-beda. 9 orang inilah yang merupakan Titan Shifter (orang yang bisa berubah jadi titan).

Siapa saja mereka?


1. Colossal Titan - Bertolt Hoover

titan setinggi 60 meter
Foto: wikia.com

Colossal titan adalah titan yang pertama kali muncul dalam anime Shingeki no Kyojin. Tingginya 60 meter dan punya tubuh yang besar. Kekuatannya adalah mampu mengeluarkan uap panas di sekitar tubuhnya. Walaupun begitu, titan kolosal tidak bisa bergerak cepat. Hal ini dikarenakan tubuh raksasanya yang membuatnya sulit bergerak.

Orang dibalik Colossal Titan adalah Bertolt Hoover. Dia adalah orang yang selalu bersama Reiner dan Annie. Namun, sekarang kekuatan Colossal Titan sudah berpindah ke Armin.

2. Armored Titan - Reiner Braun

titang dengan baju zirah
Foto: inverse.com

Armored Titan sering disebut sebagai titan berzirah. Ya, karena memang tubuhnya dilindungi oleh material yang keras. Itulah kenapa Armored Titan mampu menjebol dinding dengan tubuhnya. Pemilik kekuatan ini adalah Reiner Braun.

3. Female Titan - Annie Leonhart

titan perempuan
Foto: wikia.com

Female Titan adalah salah satu titan dengan kecerdasan tinggi dan satu-satunya titan yang diketahui berjenis kelamin perempuan. Pemilik kekuatan ini adalah Annie, seorang pendiam yang cerdas dan punya skill bertarung tinggi. Annie bahkan sempat membuat Scouting Legion dan Eren kewalahan menghadapinya walau akhirnya dia tetap kalah.

Baca juga: 5 Fakta Seorang Levi Ackerman

Meski begitu, Annie belumlah mati. Sebelum dibunuh, dia mengeraskan tubuhnya sendiri menjadi kristal untuk menjaga rahasia.

4. Rogue Titan - Eren Yaeger

titan penyerang milik eren
Foto: youtube.com

Rogue Titan dimiliki oleh sang karakter utama, Eren Yaeger. Kekuatan ini didapatkan dari ayahnya yang lebih dulu menjadi titan shifter. Eren sendiri tidak hanya punya kekuatan Rogue Titan saja, melainkan punya kekuatan koordinator milik Founding Titan. Hal ini dikarenakan Grisha Yaeger (ayah Eren) sebelum mewariskan kekuatannya, dia bertarung dengan Frieda Reiss untuk mengambil kekuatan koordinator milik Frieda. Itulah jawaban kenapa Eren bisa mengendalikan mindless titan yang diperlihatkan di episode terakhir season ke-2 animenya.

5. Founding Titan - Frieda Reiss

Frieda Reiss
Foto: wikia.com

Founding Titan ini bisa dikatakan adalah titan terkuat karena memiliki kekuatan koordinator yang bisa mengendalikan para titan yang tak berakal yang juga merupakan kekuatan utama dari Ymir Fritz sebelum akhirnya membagi kekuatannya menjadi 9.

Kekuatan Founding Titan ini dimiliki oleh Frieda Reiss (kakak Historia). Reiss adalah keluarga bangsawan yang turun-temurun mewarisi kekuatan titan ini. Sampai akhirnya Frieda berhasil dikalahkan oleh Grisha Yaeger dan mewariskan kekuatannya pada Eren.

6. Beast Titan - Zeke Yaeger

titan yang bisa bicara
Foto: space.ca

Sejak awal kemunculannya di episode pertama season 2 anime SnK, Beast Titan langsung mencuri perhatian banyak penontonya. Hal tersebut karena Beast Titan masih bisa berbicara layaknya manusia biasa meski dalam mode titan. Selain itu titan hewan buas ini punya tubuh yang lumayan tinggi (17 meter) dengan tangan yang panjang.

Pemilik kekuatan ini adalah Zeke. FYI, Zeke adalah kakak tiri Eren. Jauh sebelum Eren lahir, Grisha lebih dulu menikah dengan Dina Fritz dan punya anak bernama Zeke. Singkat cerita Grisha berhasil masuk ke dalam dinding dan menikahi seorang gadis bernama Carla. Dari pernikahan keduanya tersebut, lahirlah seorang anak yang diberi nama Eren.

7. Jaws Titan - Galliard

galliard
Foto: itechpost.com

Sebelumnya, Jaws Titan dimiliki oleh Marcel. Marcel adalah teman satu tim Annie, Reiner, dan Bertolt dalam menjalankan misi. Namun, Marcel mati karena dimakan oleh Ymir. Itulah kenapa Ymir bisa berubah menjadi titan. Ymir akhirnya menyerahkan diri dan dirinya dimakan oleh Galliard. Dengan begitu kekuatan Jaws Titan saat ini dipegang oleh Galliard.

8. Quadrupedal Titan - Pieck

titan pembawa barang
Foto: tumblr.com

Jika dilihat sekilas, titan ini terlihat seperti titan biasa. Memang sih penampilannya biasa saja, namun ternyata dia merupakan salah satu titan shifter! Quadrupedal Titan atau Cartman adalah titan yang punya punggung yang kuat. Titan ini bahkan kuat memanggul senjata mesin yang cukup besar untuk membantu penyerangan.

Pemiliknya adalah Pieck, seorang wanita Eldia yang mengabdi untu Marley. Pieck ini punya kecerdasan yang tinggi dan sering membantu Zeke dalam mengatur strategi.

9. War Hammer Titan - Taybar

bangsawan eldia di marley
Foto: duniaku.net

Taybar sendiri adalah kaum Eldia, namun mendapatkan status agung di Marley. Di manga chapter 95 diungkapkan bahwa pemilik kekuatan titan shifter ke-9 adalah keluarga Taybar ini. Namun, belum jelas bagaimana wujud dan kekuatan apa yang dimiliki oleh Warhammer Titan. Ya, paling tidak identitasnya sudah diketahui.

Itulah identitas ke-9 titan shifter, sudah tau semuanya kan sekarang?

Banner: Softonic