13 November 2017

12 Karakter dengan Kemampuan Mata Terkuat di Anime

perintah mutlak lelouch

Kemampuan mata menjadi salah satu kekuatan spesial yang sering kita temui di anime. Banyak sekali tokoh yang memiliki kekuatan mata sebagai senjata utamanya. Kemampuan ini memang memiliki daya tarik tersendiri karena terlihat keren dan kuat tentunya.

Karakter dengan kemampuan mata unik dan spesial biasanya ditemukan di anime bergenre action atau supernatural, pokoknya yang genrenya banyak scene pertarungan. Mata dari setiap karakter juga memiliki kemampuan yang berbeda.

Baca juga: 11 Pendekar Pedang Terkuat di Anime

Daripada tambah penasaran, berikut 12 karakter dengan kemampuan mata terkuat di anime versi Kabar Anime.


1. Ayato Naoi (Angel Beats)

ayato memiliki kemampuan menghipnotis dengan matanya

Ayato adalah karakter yang lucu sebenarnya, tapi dibalik itu semua ternyata dia juga menyimpan kekuatan yang besar. Mata yang dimiliki Ayato ini memiliki kekuatan untuk menghipnotis orang lain, siapa saja yang melihat matanya. Jadi kangen nonton Angel Beats, ya? Awas baper!

2. Kurumi Tokisaki (Date A Live)

mata kurumi dapat digunakan untuk memanipulasi waktu

Cewek dengan nuansa khas gothic ini memiliki kekuatan spesial berupa mata yang mampu mengendalikan waktu. Kurumi bisa dengan bebas memutar waktu, menembus dimensi, bahkan memutar kembali kehidupannya setelah mati.

3. Misa Amane (Death Note)

misa bisa melihat nama asli orang lain dengan mata shinigami

Sebenarnya mata yang dimiliki Misa ini bisa juga dimiliki oleh pengguna Death Note lain. Hanya saja membutuhkan pengorbanan, yaitu umur penggunanya akan berkurang setengah. Itulah kenapa Light tidak mau mengikat kontrak dengan Ryuk untuk mendapatkan Shinigami Eyes.

Baca juga: 5 Live Action Adaptasi Anime yang Sukses di Pasaran

Satu-satunya karakter yang memiliki mata Shinigami adalah Misa yang membuat kesepakatan dengan Rem. Meski syarat yang harus ditebus berat, semua terbayar dengan kemampuan mata yang hebat. Dengan memiliki mata Shinigami, Misa bisa melihat nama asli orang lain hanya dengan melihat wajahnya. Hal ini tentu semakin membuatnya mudah untuk membunuh seseorang.

Itulah kenapa Light berpura-pura mencintai Misa, yang sebenarnya hanya dimanfaatkan matanya saja untuk mengetahui nama asli L.

4. Seijuro Akashi (Kuroko no Basuke)

emperor eye adalah mata yang bisa melihat masa depan

Merupakan salah satu bagian dari Kiseki no Sedai (Generasi Keajaiban) saat SMP dan menjadi kapten tim Rakuzan saat SMA mencerminkan bahwa Akashi adalah tokoh yang tidak bisa disepelekan.

Senjata utamanya adalah Emperor Eye yang bisa melihat masa depan. Ya, masa depan. Saat pertandingan Akashi bisa mengetahui apa yang akan dilakukan musuh selanjutnya bahkan sebelum mereka berhasil melakukannya. Emperor Eye juga punya kekuatan lain, yaitu Ankle Break yang bisa menjatuhkan lawanya saat Ono one One dengan Akashi.

5. Ciel Phantomhive (Kuroshitsuji)

ciel melakukan perjanjian dengan iblis untuk balas dendam

Kuroshitsuji atau Black Butler adalah anime yang mengisahkan seorang anak pewaris kerajaan yang membuat perjanjian dengan seorang iblis. Iblis tersebut tidak lain adalah pelayannya sendiri, Sebastian. Sesuai kontrak, Sebastian akan melayani semua perintah Ciel sampai impiannya terwujud. Setelah itu jiwa Ciel akan dimakan oleh Sebastian.

Kontrak tersebut diikat dengan tanda di mata kanan Ciel. Selain sebagai pengikat kontrak, mata itu bisa digunakan Ciel untuk memerintahkan apapun kepada Sebastian. Apapun perintahnya akan dituruti, termasuk membunuh, menyiksa, atau sesuatu yang biasanya tidak bisa dilakukan manusia biasa.

6. Pegasus J. Crawford (Yu-Gi-Oh!)

millenium eye bisa digunakan untuk melihat kartu lawan

Pegasus adalah salah satu tokoh antagonis di anime Yu-Gi-Oh! yang merupakan anime lawas tahun 2000an. Pegasus juga merupakan orang yang menciptakan permainan Duel Monsters dan sekaligus salah satu dari tujuh orang terpilih yang memiliki Millenium Item.

Millenium Item milik Pegasus adalah Millenium Eye yang memiliki 3 kemampuan utama, yaitu:
  • Membaca pikiran
  • Melihat ke dalam jiwa orang lain
  • Menyegel jiwa orang lain ke dalam sebuah kartu

Selain kekuatan utamanya, Millenium Eye juga mampu melihat kartu apa yang dimiliki lawan duel Pegasus. Sungguh sangat kuat bukan?

7. King Bradley (Fullmetal Alchemist)

ultimate eye king bradley membuatnya bisa memprediksi gerakan lawan

Bradley adalah salah satu antagonis utama di anime Fullmetal Alchemist yang menyamar sebagai pemimpin kerajaan atau disebut Fuhrer di animenya. Ternyata oh ternyata dia adalah salah satu dari 7 Homunculus yang mewakili Wrath (Kemarahan). FYI, nama setiap homunculus mewakili satu dari Seven Deadly Sins.

Selain skill bertarung yang jago, Bradley juga memiliki mata yang disebut Ultimate Eye di mata kirinya. Saat diaktifkan, mata ini membuat Bradley bisa bergerak dengan cepat dan mampu memprediksi gerakan lawan. Tak heran jika dia sangat kuat saat bertarung.

8. Yu Otosaka (Charlotte)

yu memiliki kemampuan spesial untuk mengambil kekuatan orang lain

Kemampuan mata yang dimiliki Yu Otosaka adalah mencuri kekuatan orang lain. Charlotte sendiri adalah anime yang di dalamnya ada banyak karakter yang memiliki kekuatan spesial, termasuk Nao yang bisa menghilang.

Di awal cerita, Yu salah mengartikan kekuatan yang dimilikinya. Ia malah menggunakannya untuk merasuki tubuh orang lain (saat ujian) untuk mencontek jawaban mereka. Setelah mengetahui apa fungsi kekuatan aslinya, barulah Yu sadar kalau dia memikul tanggung jawab yang besar.

Di akhir cerita, Yu pergi mengelilingi dunia untuk mencari anak pemilik kekuatan spesial untuk mengambil kekuatan mereka.

9. Kurapika (Hunter X Hunter)

mata merah kurapika didapatkan karena dirinya adalah keturunan suku kuruta

Kurapika adalah satu dari 4 orang sahabat selain Gon, Killua, dan Leorio. Dalam animenya, Kurapika merupakan keturunan suku Kuruta yang memiliki ciri khas mata merah yang akan muncul ketika pemiliknya dalam amarah.

Baca juga: 5 Persamaan Hunter X Hunter dan Yu Yu Hakusho

Nen yang dimiliki Kurapikan sendiri adalah Gugenka. Namun, saat mata merahnya keluar, Nen Kurapika akan berubah menjadi Tokushitsu yang merupakan Nen unik dan tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Karakter yang memilik tipe Nen ini adalah Chrollo Lucilfer yang merupakan pemimpin dari Genei Ryodan dan Kurapika sendiri.

10. Leonardo Watch (Kekkai Sensen)

leonardo dijuluki sebagai god eyes karena matanya

Leonardo Watch adalah karakter utama dari anime Kekkai Sensen yang memiliki kekuatan mata unik, yaitu All Seeing Eyes of God atau Kimigami no Gigan. Sebut saja 'mata dewa' untuk lebih gampangnya.

Dengan mata tersebut, Leonardo bisa melihat apa saja yang tidak bisa dilihat oleh manusia biasa. Hal tersebut termasuk kejujuran hati, sesuatu yang bergerak sangat cepat, sampai objek yang sangat kecil mampu dilihatnya. Oh iya, Kekkai Sensen juga mendapatkan season 2 lho yang tayang Fall 2017. Tonton deh!

11. Sasuke Uchiha (Naruto)

sasuke mengaktifkan mangekyo sharingan

Sasuke Uchiha mendapat kekuatan matanya karena dia merupakan keturunan Uchiha. Ya, Sharingan memang teknik yang hanya dimiliki oleh klan Uchiha saja. Kekuatan dari Sharingan terbilang sangat kuat dan masih bisa diperkuat lagi.

Baca juga: 5 Fakta Mengejutkan Shin Uchiha

Kemampuan utamanya adalah Genjutsu yang membuat orang lain masuk ke dalam ilusi. Pengguna Sharingan juga bisa memprediksi gerakan lawan yang membuat mereka bisa mengantisipasi serangan-serangan musuh.

Sharingan sendiri memiliki banyak jenis, seperti Mangekyo Sharingan dan Amaterasu yang merupakan tingkatan lebih tinggi dari Sharingan biasa. Selain Sharingan, di akhir cerita Sasuke juga berhasil menguasai Rinnegan yang merupakan salah satu Dojutsu terkuat.

12. Lelouch Lamperouge (Code Geass)

geass lelouch berevolusi menjadi dua

Nama aslinya adalah Lelouch vi Britania. Dia adalah seorang pangeran kerajaan yang dibuang oleh ayahnya sendiri. Sejak saat itu, dia membuang nama bangsawannya dan menggantinya menjadi Lelouch Lamperouge.

Anime ini bercerita tentang penjajahan Jepang yang dilakukan oleh Britania Raya. Hal tersebut membuat Lelouch sangat membenci Britania, termasuk ayahnya sendiri yang merupakan petinggi dari negara tersebut.

Singkat cerita, Lelouch mendapatkan kekuatan bernama Geass dari C.C (Shi Tsu) yang memberikannya kekuatan berupa 'perintah mutlak' kepada siapapun yang terkena Geass Lelouch. Setiap orang yang sudah masuk ke dalam pengaruh Geass ini akan menuruti perintah Lelouch, apapun itu. Termasuk membunuh dirinya sendiri!

Tapi Geass juga memiliki kelemahan, yaitu hanya bisa digunakan satu kali untuk satu orang. Dengan kata lain, Geass tidak berpengaruh kepada orang yang sama. Lelouch menggunakan Geass untuk menjalankan rencananya mengalahkan Britania.

Jika berbicara mengenai karakter favorit, Leouch ini adalah karakter favorit saya. Seorang tokoh utama yang memiliki kecerdasan tinggi plus kharisma seorang 'pahlawan' yang begitu kental ada pada dirinya.

Itulah 12 karakter dengan kemampuan mata terkuat di anime. Menurutmu, mana yang paling kuat?