27 April 2017

8 Kebiasaan Positif Orang Jepang, Gak Heran Kalau Negaranya Maju!

kebiasaan penduduk jepang yang patut dicontoh

Jepang adalah satu negara maju diantara banyak negara lainnya. Salah satu faktor yang membuat Jepang bisa tumbuh pesat adalah orang-orangnya yang kreatif. Mereka dikenal punya pikiran yang "out of the box", jadi tidak heran banyak penemuan unik yang hanya ditemukan di Jepang. Selain itu, orang jepang dikenal mempunyai kebiasaan positif yang mungkin susah dilakukan oleh kebanyakan orang di negara lain. Apa saja ya?


1. Disiplin Waktu

kebiasaan disiplin itu penting

Waktu adalah uang, orang Jepang terkenal dengan kedisiplinannya yang bagus. Disiplin waktu sudah mulai dibiasakan saat mereka masih mengenyam pendidikan atau mulai masuk sekolah. Mereka terbiasa bangun dan datang sebelum jam yang ditentukan baik untuk urusan sekolah atau bekerja. Pokoknya semua jadwal sudah tersusun dengan rapi.

Di negeri sakura ini orang-orangnya juga terkenal tidak keberatan untuk kerja lembur. Bagi mereka kesuksesan harus diraih dengan kerja keras. Pulang cepat adalah hal yang jarang dilakukan pegawai disana.

2. Tidak Selalu Mengandalkan Gadget

jangan tergantung dengan hape

Perkembangan tekologi yang pesar membuat orang selalu bergantung dengan gadget untuk segala urusan. Berbeda dengan Jepang, mereka tidak selalu mengandalkan gadget dalam segala situasi. Sekolah-sekolah di Jepang pun melarang muridnya membawa ponsel ke sekolah. Selain bertujuan agar bisa lebih fokus menerima pelajaran, hal ini juga menghapuskan perbedaan antar kelas sosial siswa.

3. Mandiri

jadi diri sendiri itu lebih baik

Di Jepang itu penduduknya juga dikenal mandiri, mereka malu kalau harus menggantugkan hidupnya pada orang lain. Sejak kecil, kebiasaan ini sudah mulai diajarkan oleh orang tua anak. Mereka diajarkan apa itu arti tanggung jawab dan tidak menyusahkan orang lain. Orang Jepang juga punya kebiasaan bayar sendiri dan tidak mau ditraktir. Bahkan pasangan disana kalau kencan juga bayar sendiri-sendiri, lho.

4. Punya Prinsip Hidup Hemat

biasakan menabung untuk masa depan indah

Selain bekerja keras, orang Jepang juga terkenal sebagai pribadi yang hemat. Daripada membelanjakan uangnya untuk keperluan yang tidak terlalu penting, mereka lebih suka menabung uangnya. Bukannya pelit, tapi menabung adalah kebiasaan yang ditanamkan agar mereka jauh dari kata konsumenrisme. Patut dicontoh nih.

5. Cinta Budaya

melestarikan budaya itu penting

Jepang adalah salah satu negara yang berperan penting dalam kemajuan teknologi. Tapi anehnya hidup mereka malah terbiasa sederhana. Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, anak sekolah dilarang membawa smartphone ke sekolah. Selain itu, mereka juga berangkat sekolah dengan jalan kaki atau lebih menggunakan angkutan umum.

Selain itu, Jepang terkenal sebagai negara yang menjunjung tinggi budaya. Festival-festival warisan nenek moyang masih dijalankan disana. Kalau orang sekarang kebanyakan malu dengan budayanya, mereka malah bangga bisa melestarikan budayanya. Sungguh negara yang indah.

6. Kebiasaan Membaca

jadi lebih paham dan berwawasan dengan membaca

Saat waktu senggang, orang Jepang lebih suka menghabiskan waktunya dengan membaca. Tidak melulu membaca buku pelajaran, mereka juga biasa membaca koran, manga, atau majalah. Saat antre atau di dalam kendaraan umum, mereka juga lebih memilih membaca. Kamu sendiri gimana? Pasti lebih memilih ngobrol.

7. Menjaga Kesehatan

sushi adalah makanan khas jepang

Walaupun rutinitas mereka sibuk, tapi mereka selalu menjaga kesehatan dan kondisi badan lho gaess. Banyak menu makanan Jepang yang disajikan dalam bentuk mentah, misal salmon. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan makanan mentah memiliki kadar gizi yang lebih tinggi. Tentunya tidak semua makanan disajikan mentah juga.

Mereka juga sangat suka dengan makanan laut, seperti ikan dan lobster karena mengandung zat antioksidan dan asam lemak omega 3 yang baik untuk kecerdasan.

8. Menghargai Proses

hargai setiap proses dalam perjuangan

Ini salah satu kebiasaan yang harus ditiru negara lain, menghargai proses. Orang Jepang tidak selalu terobsesi dengan hasil, atau lebih menghargai prosesnya daripada hasilnya. Semua yang diinginkan harus dicapai dengan perjuangan dan kerja keras juga. Tidak ada istilah "instan" yang mengandalkan uang disana. Semua orang punya hak yang sama.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Yuk, mulai hidup yang lebih baik.