4 Oktober 2017

8 Kata Kasar dalam Bahasa Jepang yang Sebaiknya Tidak Kamu Ucapkan

kata kata marah dalam bahasa jepang

Kata kasar sering diucapkan ketika seseorang merasa kesal atau marah dalam suatu keadaan. Di Indonesia sendiri ungkapan seperti ini rasanya sudah menjadi hal yang wajar bagi sebagian orang. Tak melulu bertujuan mengejek atau mengumpat, berkata kasar terkadang hanya sebagai pengungkapan atau pengekspresian diri saja.

Baca juga: 9 Kosa Kata Bahasa Jepang yang Sering Salah Ucap

Tak hanya di Indonesia, ternyata di Jepang juga ada beberapa kata kotor dalam bahasa Jepang yang tidak patut diucapkan, terutama di tempat umum. Ada banyak kata dengan berbagai arti berbeda.

Berikut 8 kata kasar dalam bahasa Jepang yang sebaiknya tidak kamu ucapkan.


1. Uzai

Uzai ini berasal dari kata 'urusai' yang berarti berisik atau menggangu. Kata urusai kemudian bergeser menjadi uzai yang lebih simpel diucapkan. Ya, bisa dikatakan ini adalah umpatan ringan yang biasa diucapkan.

2. Baka

Kata ini berarti 'bodoh'. Seringkali diucapkan ketika seseorang merasa kesal dengan kelakuan lawan bicara. Kata Baka ini sering diganti dengan Aho yang artinya kurang lebih sama. Di anime juga sering diucapkan kok, bahkan dengan embel-embel seperti 'bakayarou' ayao 'konno aho'.

3. Shine

Shine ini sebenarnya memiliki arti yang cukup kasar, namun menjadi umpatan yang paling umum. Sering diucapkan sebagai sebuah candaan belaka. Buat kamu yang suka nonton anime pasti tidak asing dengan kata yang satu ini. Shine memiliki arti 'mati' atau 'mati saja kau'.

4. Abazure

Berbeda dengan tiga kata sebelumnya, kata ini memiliki arti yang cukup kasar, terutama jika diucapkan kepada seorang gadis. Abazure memiliki arti b*tch dalam bahasa Inggris dan L*nte dalam bahasa Indonesia.

5. Khicigai

Sebenarnya kata ini tidak terlalu populer di Jepang, hanya saja memiliki arti yang juga cukup membuat orang marah. Khicigai memiliki makna 'useless' atau tidak berguna. Siapa yang tidak sakit hati ketika dirinya dibilang tidak berguna? Saya rasa tidak ada.

6. Chikuso

Chikuso ini adalah ungkapan yang lebih mengarah ke kekesalan terhadap diri sendiri. Misal saat kamu melakukan sesuatu dan gagal, biasanya kata ini langsung muncul. Ya, dengan kata lain kata Chikuso ini biasa diungkapkan untuk mengekspresikan kekesalan seseorang, bukan untuk mengejek atau merendahkan.

7. Kusotarre

Pernah merasa kesal dengan seseorang sampai kalian berkelahi. Nah, Kusottare ini biasa diucapkan untuk situasi tersebut. Misal kamu berkelahi dan kalah, biasanya kata ini akan keluar dari mulutmu. Artinya seperti bast*rd atau sh*t dalam bahasa Inggris.

8. Manko

Manko ini memiliki arti yang lebih kompleks dari Abazure. Secara literal Manko berarti kelamin wanita. Kata ini sungguh amat terlarang hukumnya jika diucapkan. Terlebih jika kamu masih di bawah umur. Kata ini biasa diucapkan oleh mereka yang sudah dewasa atau anak muda yang terlampau nakal, walaupun jarang sih.

Itulah 8 kata umpatan dalam bahasa Jepang yang sebaiknya tidak kamu ucapkan. Ingat, mulutmu harimaumu!