5 Manfaat dan Keuntungan Belajar Bahasa Jepang

- Mei 18, 2017
belajar menulis huruh kanji, hiragana, dan katakana

Belajar bahasa adalah salah satu cara untuk mengasah kemampuan otak ke tahap yang lebih tinggi. Belajar bahasa memang tidak semudah yang dibayangkan, butuh waktu untuk bisa fasih berbahasa asing. Dalam hal ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak dipelajari karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang diakui dunia.

Namun, selain bahasa Inggris ada juga bahasa lain yang menjadi pilihan untuk dipelajari, salah satunya bahasa Jepang. Memang tidak semua orang suka dengan bahasa ini, mungkin hanya mereka yang suka dengan hal-hal berbau Jepang yang ingin belajar bahasa Jepang, misal Anime, Manga, Game, Cosplay dan sebagainya.

Meskipun begitu, ternyata mempelajari bahasa jepang punya banyak manfaat lho. Selain menambah wawasan dan pengetahuan tentang bahasa, buat kamu penggemar Anime pasti akan merasa "pintar" ketika menonton anime, karena memang ada beberapa kosa kata Jepang yang salah diartikan ke dalam bahasa Indonesia.

Berikut manfaat lain dari belajar bahasa Jepang:

1. Mengenal Budaya Jepang

Mempelajari bahasa adalah salah satu cara untuk mengenal kebudayaan dari suatu negara karena bahasa digunakan untuk berkomunikasi antar satu orang dengan orang lain. Dengan mempelajari bahasa Jepang, tentunya kamu akan lebih mengenal apa saja yang berhubungan dengan Jejepangan. Kamu bisa mulai belajar dari menonton anime, membaca manga, atau kursus untuk lebih kompleks-nya. Hal ini akan membuat kamu lebih terbuka tentang semua hal yang berbau Jepang, termasuk penduduk dan budaya mereka.

2. Pilihan Pekerjaan Lebih Luas

bekerja tim itu penting

Tak jarang, kefasihan berbahasa dijadikan nilai plus saat melamar pekerjaan. Apalagi jika kamu ingin bekerja di perusahaan-perusahaan besar di luar negeri, tentu bahasa Indonesia saja tidak akan cukup. Bahasa Inggris bisa dikatakan sebagai bahasa wajib untuk dipelajari, namun di era globalisasi seperti sekarang, rasanya mempelajari bahasa lain juga tidak kalah pentingnya. Banyak lho perusahaan yang menjadikan kemampuan berbahasa asing sebagai suatu hal penting. Fasih bahasa Jepang akan membuat kamu memiliki kesempatan yang lebih luas dalam hal pekerjaan. Belum lagi jika ditambah skill lain, misal ahli dalam bidang IT.

3. Meningkatkan Kepekaan Berbahasa

Bahasa Asia bisa dikatakan punya kemiripan antara satu dengan lainnya, misal bahasa Mandarin, Korea, dan Jepang. Jika didengar oleh orang yang tidak tahu, bukan tidak mungkin mereka bingung dengan bahasa yang digunakan. Dengan mempelajari bahasa Jepang, kamu akan lebih peka terhadap bahasa-bahasa lainnya karena orang yang fasih berbahasa Jepang bisa dipastikan mengerti bahasa Asia lain seperti Mandarin walau hanya dasarnya saja. Kamu jadi bisa kasih tahu orang lain jika ada yang salah dengar.

4. Lancar Berbicara dan Bernyanyi

one ok rock konser di filipina

Apakah kamu termasuk orang yang suka dengan musik Jepang (J Pop). Jika iya, kemampuan bahasa milikmu akan memberikan nilai lebih dalam hal ini. Biasanya orang yang suka dengan lagu Jepang tapi tidak bisa bahasa Jepang hanya bersenandung sesuai dengan kosa kata yang didengarnya, yang penting mirip, padahal belum tentu penucapannya benar. Nah, dengan kemampuan bahasa Jepang yang kamu punya, tentu kamu akan lancar menyanyikan lagu-lagu Jepang. Kosa kata bisa kamu ucapkan dengan benar ditambah tahu maksud dari lagu tersebut.

5. Meminimalisir Salah Pengertian Bahasa

Budaya Jepang bisa dikatakan sudah sangat populer baik di negaranya sendiri bahkan sampai luar negeri, tak terkecuali Indonesia. Anime, Manga, dan Drama sudah sangat wajar di negeri kita ini. Agar bisa dinikmati negara lain, subtitle adalah alteratif yang digunakan untuk menyampaikan (translate) bahasa mereka agar bisa dimengerti oleh penontonnya.

Masalahnya, terkadang penerjemah bahasa salah mengartikan kata-kata ke dalam bahasa kita. Hal ini disebut Lost in Translation yang membuat arti sebenarnya melenceng atau kurang tepat. Tapi hal ini tidaklah menjadi masalah jika kamu lancar bahasa Jepang. Sekalipun subtitle berkata lain, kamu tetap tahu makna sebenarnya dari kata yang diucapkan.

 

Start typing and press Enter to search