23 September 2017

5 Persamaan Hunter X Hunter dan Yu Yu Hakusho

gon dan yusuke

Hunter x Hunter dan Yu Yu Hakusho adalah dua anime yang dibuat oleh mengaka yang sama, Yoshihiro Togashi. Kedua anime ini memiliki tingkat popularitas yang tinggi pada masanya dulu. Saking populernya, bahkan Hunter x Hunter sempat dibuat ulang di tahun 2011 lalu.

Kedua anime tersebut juga pernah ditayangkan di TV Indonesia. Kamu yang lahir di tahun 90an pasti tidak asing dengan dua anime tersebut bukan?

Baca juga: 7 Anime yang Diangkat dari Kisah Nyata

Meskipun animenya berbeda, pengarangnya tetap satu. Hal tersebut membuat Hunter x Hunter dan Yu Yu Hakusho memiliki beberapa persamaan. Apa saja ya kira-kira? Inilah 5 persamaan Hunter x Hunter dan Yu Yu Hakusho.


1. Sama-sama Dibesarkan oleh Seorang Ibu

mito yang merawat gon dari kecil

Yusuke memiliki seorang ibu yang kocak namun sangat sayang kepada anaknya. Hal yang sama pun juga dirasakan oleh Gon yang diasuh oleh Mito. Meskipun Mito bukanlah ibu kandung Gon namun Mito dianggap oleh Gon layaknya ibu kandung sendiri.

2. Memiliki Keturunan Istimewa

yusuke adalah keturunan raizen

Gon adalah anak dari ayah bernama Ging Freecs yang merupakan seorang Pro Hunter. Dalam animenya diceritakan Gon ingin mengikuti jejak ayahnya untuk menjadi seorang Hunter. Sedangkan Yusuke merupakan keturunan Raizen atau Siluman Terkuat. Ya, meskipun Yusuke terlahir sebagai seorang manusia, namun dia menyimpan kekuatan yang besar dalam dirinya.

3. Mencari Sesuatu yang Berharga

kurapika punya dua nen, gugenka dan tokushitsu

Dalam anime Hunter x Hunter diceritakan bahwa Kurapika merupakan keturunan suku Kuruta yang memiliki keistimewaan di matanya. Matanya akan menjadi merah saat marah dan memberikan pengingkatan signifikan terhadap pemiliknya. Karena keistimewaan ini, mata suku Kuruta menjadi buruan dan diincar oleh banyak orang, termasuk Genei Ryodan. Nah, si Kurapika ini bertujuan merebut kembali mata merah yang sudah dicuri dan balas dendam kepada Genei Ryodan.

Sedangkan di anime Yu Yu Hakusho diceritakan bahwa Hiei mencari kalung peninggalan ibu dan saudari kembarnya, Yukina.

4. Turnamen

yu yu hakusho turnamen

Kedua anime ini juga sangat akrab dengan turnamen. Gon dan Killua diceritakan mengikuti turnamen menguji kemampuan dan mendapatkan banyak uang dalam waktu singkat. Sedangkan Yu Yu Hakusho juga lekat dengan turnamen, misal Ankoku Bujutsukai atau turnamen Penyatuan Dunia Iblis.

5. Dunia Lain

netero vs meruem

Di akhir ceritanya, Yu Yu Hakusho berpindah latar ke dunia iblis. Hal yang sama juga terjadi di Hunter x Hunter dimana Gon dan kawan-kawannya pergi ke dunia lain untuk menghadapi monster semut atau Chimera Ant.