3 Alasan Kuat Kenapa Itachi Uchiha Adalah Karakter Favorit

- Oktober 03, 2017
shinobi kuat dengan aneka genjutsu

Di awal debutnya, banyak orang menganggap Itachi Uchiha adalah seorang yang jahat dan pengkhianat desa. Bagaimana tidak, dia membantai habis seluruh klan-nya sendiri dan pergi meninggalkan desa untuk bergabung dengan Akatsuki.

Namun, seiring berjalannya waktu kebenaran pun terungkap. Semua hal negatif yang ditanamkan kepada Itachi Uchiha seketika berubah menjadi rasa kahum terhadap salah satu ninja pemilik Dojutsu terkuat ini.

Itachi pun menjadi sosok yang difavoritkan banyak orang, termasuk saya. Di artikel ini, saya akan memberikan 3 alasan kuat kenapa Itachi Uchiha adalah karakter Favorit di anime Naruto.

1. Seorang Ninja Jenius

itachi masuk ke anbu saat berumur 11 tahun

Kemampuan seorang Itachi sudah terlihat sejak dia masih duduk di akademi. Mampu meraih nilai terbaik di setiap ujian dan berhasil lulus dari akademi saat dia masih berumur 7 tahun. Di umur 10 tahun, Itachi memperoleh gelar Chunin-nya. Karena bakatnya tersebut, Itachi direkrut menjadi anggota Anbu saat dia masih berumur 11 tahun dan naik pangkat menjadi ketua Anbu di umur 13 tahun. Sungguh luar biasa bukan?

Itachi juga berhasil menguasai beragam jutsu tingkat tinggi dan membangkitkan Mangekyo Sharingan di usianya yang masih terbilang muda. Kekuatan mata dari seorang Itachi rasanya tidak perlu diragukan lagi. Kakashi bahkan pernah terkena genjutsu-nya selama 72 jam!

Tak heran jika banyak ninja yang mengakui kekuatan seorang Itachi Uchiha. Orochimaru bahkan pernah bilang kalau Itachi jauh lebih kuat darinya. Obito bahkan mengatakan Itachi bisa mengalahkan Sasuke dengan mudah meski Itachi sakit parah.

2. Mementingkan Kepentingan Bersama

itachi menjadi ketua anbu saat berumur 13 tahun

Kepentinagan bersama disini adalah kepentingan desa Konoha itu sendiri. Perlu kalian ketahui, Itachi adalah seorang yang sangat mencintai desanya. Dia bahkan rela pergi meninggalkan desa dan dicap sebagai pengkhianat hanya demi Konoha.

Semua berawal dari konflik klan Senju dan klan Uchiha jauh sebelum Konoha berdiri. Kedua klan tersebut merupakan musuh bebuyutan yang saling membenci satu sama lain. Pada akhirnya muncul  dua tokoh yang ingin mendamaikan kedua klan ini. Mereka adalah Hashirama dan Madara.

Meski berasal dari klan yang berbeda, Hashirama dan Madara adalah teman baik. Mereka berhasil menghentikan perang dan mendirikan desa Konoha bersama. Tetapi, Madara selalu dipandang sebelah mata oleh penduduk desa. Madara juga merasa bahwa klan Uchiha tidak memiliki tempat di Konoha.

Mulanya, Hashirama ingin Madara menjabat sebagai Hokage dan memimpin desa. Sayang keputusannya tersebut ditolak oleh adiknya sendiri, Tobirama. Bahkan seluruh penduduk desa ingin Hashirama yang menjadi Hokage. Hal tersebut membuat Madara sakit hati dan memilih meninggalkan Konoha.

Baca juga: 5 Ninja yang Kekuatannya Setara dengan Kage

Sampai suatu ketika klan Uchiha merasa bahwa mereka tidak mendapatkan tempat di Konoha dan memutuskan untuk melakukan kudeta yang dipimpin oleh Fugaku Uchiha, ayah Itachi dan Sasuke. Mereka berniat mendeklarasikan perang terhadap desa.

kudeta klan uchiha

Mengetahui hal ini, Hiruzen Sarutobi yang saat itu menjabat sebagai Hokage langsung mengambil tindakan tindakan. Hokage ke-3 akhirnya memberikan sebuah misi yang berat kepada Itachi, yaitu untuk membantai habis seluruh klan-nya sendiri. Hal tersebut adalah satu-satunya cara untuk meminimalisir jumlah korban, karena jelas akan banyak korban berjatuhan dari kedua belah pihak jika perang benar-benar terjadi, termasuk orang yang tidak bersalah.

Karena cintanya dengan desa, Itachi pun menyetujui misi rahasia tersebut dengan satu syarat. Itachi akan membantai habis seuruh klan-nya kecuali adiknya, Sasuke dan meminta desa untuk melindungi Sasuke.

Akhirnya Itachi pun membantai habis seluruh klan-nya dan dicap sebagai pengkhianat oleh seluruh penduduk. Setelah insiden ini, Itachi kemudian meninggalkan Konoha dan bergabung dengan Akatsuki. Perlu kalian ketahui, tujuan Itachi bergabung dengan Akatsuki bukanlah sebagai penjahat, namun untuk memata-matai gerak-gerik Akatsuki karena diketahui Akatsuki ingin merampas kekuatan Kyubi yang ada dalam tubuh Naruto dan menghancurkan Konoha.

3. Begitu Menyayangi Adiknya

itachi selalu melindungi sasuke

Bisa dibilang rasa sayang Itachi terhadap Sasuke ini tidak terbatas. Bayangkan saja, dia bahkan rela membantai habis seluruh klan-nya kecuali Sasuke. Hal tersebut dikarenakan Itachi sangat menyayangi adiknya tersebut dan tentunya desa Konoha sendiri.

Saat mengetahui klan Uchiha akan melakukan kudeta, Itachi diberikan dua pilihan oleh Danzo. Tawaran pertama: mendukung kudeta dan membiarkan Konoha membantai habis klan Uchiha, termasuk Sasuke. Pilihan kedua: Itachi membantai habis klan-nya dan membiarkan Sasuke hidup. Sungguh pilihan yang berat bukan?

Baca juga: 5 Jutsu Terkuat Sasuke Uchiha

Setelah membantai habis klan-nya, Itachi membiarkan Sasuke tahu kalau itu adalah perbuatannya dan mengisi hati Sasuke dengan dendam dan kebencian. Hal tersebut dilakukan Itachi agar Sasuke menjadi pribadi yang kuat dan bisa membunuh Itachi kelak untuk membersihkan nama Uchiha.

penyesalan sasuke membunuh itachi

Jadi, pada dasarnya semua hal yang terjadi sudah direncanakan oleh Itachi. Bahkan sampai dirinya meninggal pun Itachi masih dianggap pengkhianat oleh sebagian besar penduduk yang tidak tahu kebenaran ini.

Sungguh mengharukan bukan? Itulah 3 alasan kenapa Itachi Uchiha adalah karakter favorit dalam anime Naruto. Kalau kamu, siapa karakter favoritmu?

 

Start typing and press Enter to search