10 Rekomendasi Anime Mirip Kimi no Na wa, Gak Kalah Baper!

Rekomendasi anime mirip Kimi no Na wa

Memang sudah cukup lama sejak penanyangan perdananya di Jepang mulai 28 Agustus 2016 yang lalu. Namun, memang harus diakui bahwa Kimi no Na wa memanglah merupakan sebuah film yang memiliki hype sangat tinggi, termasuk di Indonesia.

Kepopulerannya tak lepas dari segi cerita menarik dan grafis yang begitu memanjakan mata para penontonnya. Bahkan, Kimi no Na wa langsung menduduki top chart anime di MyAnimeList dengan rating lebih dari 9 saat anime garapan Makoto Shinkai ini dirilis.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang sangat suka dengan anime ini, berikut saya berikan 10 rekomendasi anime mirip Kimi no Na wa yang bisa kamu tonton selanjutnya. Tentunya dengan kualitas yang tidak kalah greget. Apa saja?

1. Kokoro Connect (2012)

Cerita utama Kokoro Connect adalah pertukaran tubuh seperti Kimi no Na wa

Anime ini menceritakan Nagase Iori, Yaegashi Taichi, Kiriyama Yui, Himeko Inaba dan Aoki Yoshifumi yang tergabung dalam sebuah klub seni budaya di sekolah mereka. Kehidupan normal mereka pun berubah ketika tubuh Yuki dan Aoki tertukar.

Namun, keadian aneh ini ternyata tak hanya dialami mereka berdua, melainkan anggota klub lainnya. Konflik pun semakin kompleks saat mereka mulai mengetahui rahasia dari masing-masing karakter.

2. Shigatsu wa Kimi no Uso (2014)

Semangat Kousei kembali membara ketika melihat Kaori bermain biola

Kousei Arima sejatinya adalah seorang pianis terkenal karena sedari kecil dirinya memang sudah dididik agar bisa menjadi pemain piano berbakat oleh ibunya. Namun, hal tersebut tiba-tiba menghilang dari Kousei sejak kematian ibunya. Sejak saat itulah Kousei tidak trauma menyentuh piano lagi.

Sampai akhirnya hidup Kousei mulai sedikit berubah ketika dia bertemu dengan Kaori Miyazono, seorang pemain biola cantik dan selalu ceria. Perlahan, kedekatannya dengan Kaori membuat semangat Kousei bermain piano tumbuh kembali. Keduanya juga tidak bisa memungkiri benih-benih cinta yang tumbuh diantara keduanya.

Sungguh, ini adalah sebuah anime yang begitu bagus dalam berbagai aspek. Bahkan, kamu tidak akan menyangka ending anime ini yang pastinya membuat emosimu campur aduk karena haru. Di akhir cerita kamu juga akan tahu kenapa anime ini diberi judul 'Your Lie in April'.

3. ReLIFE (2016)

Terus diejek karena pengangguran, Arata memutuskan memutar hidupnya kembali ke masa SMA

Sama seperti judulnya, tema yang diangkat di anime ini ialah sang karakter utama yang mengulangi hidupnya di masa lalu. Dia adalah Arata Kaizaki, seorang pemuda berumur 27 tahun yang tidak punya pekerjaan dan dianggap pecundang.

Di tengah keputusasaannya, Arata ditawarkan sebuah pil oleh Ryo Yoake yang dikatakan bisa merubah hidup Arata. Tawaran tersebut pun diambilnya, Arata kini kembali menjadi remaja berumur 17 tahun yang masih duduk di bangku SMA.

4. Sakasama no Patema (2013)

Eiji dan Patema adalah dua orang dari dunia berbeda yang bertemu dan menjalin cinta

Sama seperti Kimi no Na wa, Sakasama no Patema juga merupakan sebuah movie yang dirilis tahun 2013 lalu, hanya saja tidak sepopuler Kimi no Na wa. Meski begitu, kedua movie ini memiliki kesamaan yang cukup kentara.

Sakasama no Patema adalah anime yang menceritakan tentang dua orang remaja (Eiji dan Patema) yang berasal dari dunia yang berbeda yang dipertemukan karena peristiwa. Awalnya sudah persis, kan?

Namun, karena perbedaan dunia yang begitu jauh, keduanya harus beradaptasi ulang di lingkungan baru mereka. Eiji tidak tahu apa-apa tentang dunia Patema dan Patema pun tidak tahu menahu tentang dunia yang ditinggali Eiji.

5. Hoshi no Koe (2002)

Bagaimana rasanya saat pesanmu baru terkirim sampai 1 tahun lamanya? Itulah yang dirasakan Mikaki dan Noburo

Salah satu hal yang membuat saya terbesit Hoshi no koe mirip Kimi no Na wa adalah sutradaranya yang sama-sama Makoto Shinkai. Anime ini menceritakan tentang kisah cinta LDR (Long Distance Relationship), Mikako dan Noburo.

Keduanya terpisah karena Mikako direkrut oleh tentara luar angkasa Amerika Serikat untuk ikut berperang melawan alien. Hal tersebut membuat Mikako harus rela meninggalkan Noburo di bumi, sedangkan dia terbang ke galaksi untuk menjalankan tugas yang sudah diembankan kepadanya.

Terpisah jarak yang begitu jauh, keduanya hanya bisa sesekali berhubungan lewat telepon dan email. Hanya saja, karena jarak yang terlampau jauh, untuk saling bertukar pesan saja membutuhkan waktu tahunan untuk terkirim. Miris banget kan, ya?

6. Yamada-kun to 7-nin no Majo (2015)

Tidak sengaja berciuman, Yamada dan Urara jadi bertukar tubuh

Di episode awal, kamu akan melihat pertukaran tubuh Ryu Yamada dan Urara Shiraishi karena ketidaksengajaan mereka berciuman. Yamada yang semula merupakan cowok berandalan pun berubah seketika menjadi seorang yang kalem. Sedangkan Urara yang pemalu juga berubah drastis menjadi pribadi yang emosian.

Menyadari kejadian aneh sudah terjadi, keduanya lantas menyelidiki penyebab dari pertukaran tubuh tersebut. Dimulailah kisah Yamada yang bertemu dengan murid lain yang juga memiliki kemampuan sihir lainnya.

7. Boku dake ga Inai Machi (2016)

Perjuangan Satoru menyelamatkan Kayo Hinazuki dari siksaan berat yang menimpa dirinya

Satoru Fujinuma adalah seorang laki-laki yang dianugerahi kekuatan time lapse, yaitu kekuatan yang memungkinkan dirinya memutar kembali waktu. Hal tersebut sering dimanfaatkan Satoru untuk menolong orang lain yang terkena musibah.

Sampai suatu ketika Satoru dikagetkan dengan kematian misterius yang menimpa ibunya. Ingin mencari penyebab dan siapa pembunuh ibunya, Satoru pun mengulang kembali hidupnya ke 18 tahun yang lalu dimana dia masih berumur 11 tahun.

Dari situlah dimulai perjuangan Satoru dalam memecahkan apa yang sebenarnya terjadi. Namun, tak disangka Satoru juga menemukan banyak fakta mengejutkan lainnya yang menimpa orang-orang di sekitarnya.

8. Orange (2016)

Hidup Naho berubah 180 derajat ketika menerima surat dari masa depan yang dikirimkan dirinya sendiri

Suatu ketika Naho Takamiya menerima sebuah surat yang isinya rentetan kejadian selanjutnya di hidup Naho. Ternyata, surat tersebut dikirimkan oleh dirinya sendiri yang berada di masa depan. Dalam surat tersebut berisi kejadian buruk yang akan terjadi selanjutnya beserta instruksi agar Naho bisa mencegah kejadian buruk tersebut.

Semula, Naho memang tidak mempercayai tulisan yang ada dalam surat tersebut. Namun, setelah kejadian demi kejadian terbukti, Naho barulah percaya bahwa surat tersebut memang nyata. Akankah Naho berhasil membuat hidupnya aman dari masalah?

9. Byousoku 5 Centimeter (2007)

Perjuangan cinta Takaki dan Akira yang terpisahkan jarak dan waktu

Banyak hal yang membuat anime ini saya katakan mirip dengan Kimi no Na wa. Selain unsur romance yang kental, ciri khas kisah cinta LDR juga disematkan dalam anime dengan nama lain 5 Centimeter per Second ini. Rasanya memang Makoto Shinkai sangat suka membuat cerita model begitu, ya?

Menceritakan Takaki Toono dan Akari Shinohara yang sudah berteman dekat sejak mereka berdua duduk di bangku sekolah dasar. Pertemanan mereka pun semakin berlanjut dan mengarah ke hubungan asmara. Sampai suatu ketika cinta mereka berdua harus dipisahkan jarak karena Takaki pergi ke Kagoshima dan Akari harus pindah ke Tochigi.

Kalau kamu belum pernah nonton anime ini, sungguh kamu harus nonton. Yakin!

10. Koe no Katachi (2016)

Shouya si anak nakal sadar akan perbuatan burunya dan mulai menjalin pertemanan dengan Shouko

Ishida Shouya awalnya adalah seorang anak yang sangat nakal dan bandel, dia gemar sekali menjahili teman sekelasnya, termasuk Nishimiya Shouko walaupun dirinya bisu dan tuli. Sampai pada akhirnya Souya membuat telinga Shouko berdarah karena teriakan kerasnya di telinga Shouko yang membuat gendang telinganya pecah.

Singkat cerita, Shouko dan Souya kemudian terpisah karena pindah sekolah. Namun, keduanya dipertemukan kembali di SMA. Berbeda dengan dulu, kini Shouya sudah berubah menjadi seorang laki-laki baik. Dirinya bahkan meminta maaf kepada Shouko atas perbuatannya dulu dan ingin berteman dengannya.

Sedikit demi sedikit hati Shouko pun luluh dan mau menerima Shouya sebagai teman. Namun, semuanya tak lantas selesai disitu. Masih banyak konflik yang harus mereka berdua hadapi bersama, dan itu mengharukan. Nangis boleh kok kalau gak kuat.

Itulah 10 rekomendasi anime mirip Kimi no Na wa terbaik yang harus banget kamu tonton. Kalau ada rekomendasi lain, tulis aja di komen.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel