10 Rekomendasi Anime Romance Terbaik, Awas Baper!

anime romance dengan popularitas tertinggi

Setelah sebelumnya saya sudah membahas Anime Action Terbaik, kali ini saya akan memberikan rekomendasi anime romance terbaik. Romance atau dalam bahasa Indonesia berarti 'romantis' adalah genre anime dimana ceritanya berfokus pada sebuah kisah cinta.

Jadi, kamu akan disuguhkan berbagai adegan yang berhubungan dengan hubungan sepasang kekasih dan mungkin dilema yang dihadapi karena suatu masalah, misal adanya orang ketiga, cinta bertepuk sebelah tangan, atau mungkin malah happy ending. Tak ada yang tahu.

So, buat kamu yang suka genre anime romance, saya rasa list berikut ini akan siap membuatmu baper atau mungkin sampai tersentuh di beberapa adegan. Apa saja? Berikut 10 rekomendasi anime romance terbaik versi Kabar Anime.

1. Toradora!

Aisaka x Ryuuji

Ini lucu sih, peran utamanya adalah seorang gadis bertubuh kecil, mungkin sering dibilang 'loli' oleh sebagian orang. Namanya adalah Taiga Aisaka yang cinta kepada seorang lelaki bernama Ryuuji Takasu.

Di awak pertemuannya, mereka tentu tak langsung suka sama suka. Malah keduanya bisa dibilang saling membenci, Ryuuji juga menganggap Aisaka adalah seorang gadis yang merepotkan.

Namun, semuanya berubah seiring berjalannya waktu. Benih-benih cinta pun perlahan mulai muncul antara mereka berdua. Hal tersebut pun dikemas dengan baik dengan banyak bumbu tambahan, seperti unsur komedi yang lumayan kuat di anime ini.

2. Clannad

Membangkitkan kembali klub drama di sekolah

Tomoya Okazaki mulanya adalah seorang anak nakal yang tak peduli dengan hidupnya. Dia bahkan merasa hidup ini sangat membosankan dan tak berarti. Sampai akhirnya bertemulah dirinya dengan seorang gadis muda yang mulai memberikan sedikit perubahan di hidup Tomoya.

Gadis tersebut bernama Nagisa Furukawa yang punya cita-cita untuk menghidupkan kembali klub drama di sekolahnya. Tomoya pun memutuskan untuk membantunya. Mulai dari sinilah pikiran dangkal Tomoya tentang kehidupan mulai berubah.

Dalam usahanya membantu Nagisa, Tomoya juga dibantu oleh empat gadis lain. Dari situlah Tomoya mulai mengerti bahwa hidup itu sangat berwarna. Kisah cinta di anime ini bisa kalian tonton langsung untuk lebih serunya. FYI, Clannad juga punya season kedua yang berjudul Clannad: After Story yang lebih baper.

3. Shigatsu wa Kimi no Uso

Kousei Arima x Kaori Miyazono

Kousei Arima adalah seorang pianis terkenal, setidaknya sebelum ibunya meninggal. Sedari kecil Kousei memang dididik oleh ibunya dengan keras agar bisa menjadi seorang pemain piano yang hebat. Namun, ternyata hal tersebut membuat jiwa Kousei terguncang.

Sampai pada akhirnya Kousei memutuskan untuk berhenti bermain piano karena sudah tak bisa mendengar nada lagi. Hal tersebut berlalu selama dua tahun hingga bertemulah dia dengan seorang pemain biola cantik, Kaori Miyazono.

Kaori juga lah yang membuat Kousei akhirnya memutuskan untuk bermain piano lagi. Sampai pada akhirnya tumbuh perasaan cinta satu sama lain diantara mereka. Namun, semuanya tentu tak berjalan dengan mudah.

Jika kamu belum nonton anime ini, saya sangat merekomendasikan untuk segera menontonnya. Ceritanya sangat bagus dan tidak membosankan, penggambaran di anime ini juga keren, plus suara instrumen-instrumen yang akan memberikanmu wawasan lebih tentang dunia musik.

4. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Rikka mengidap chuunibyou syndrome

Chuunibyou sendiri merupakan seorang sindrom yang dimana orang yang memilikinya akan menganggap bahwa diri mereka istimewa. Orang yang mengalami Chuunibyou akan membayangkan betapa hebatnya mereka, seperti punya kekuatan sihir tertentu atau menjadi seorang yang hebat dalam berbagai hal.

Kisah akan berfokus pada Rikka Takanashi dan Yuuta Togashi. Sama seperti kebanyakan anime romance lain, Yuuta awalnya merasa agak risih dengan Rikka. Namun, sedikit demi sedikit hatinya mulai luluh dan merasa suka.

Intinya, awal pertemuan yang buruk akan terus berlanjut dan menjadi sebuah hubungan yang lebih tinggi. Chuunibyou juga sering disebut sebagai anime komedi. Memang banyak adegan lucu di anime ini, namun genre utama dari anime ini tetaplah romance.

5. Nisekoi

Dilema Raku Ichijou memilih siapa yang akan dijadikan kekasihnya

Berbeda dengan yang lain, kisah cinta di Nisekoi ini tergolong paling njelimet. Bermula dari seorang anak Yakuza bernama Raku Ichijou yang dijodohkan keluarganya dengan seorang anak mafia, Chitoge Kirisaki.

Kedua orang tersebut bertemu pertama kali saat di sekolah, dan seperti anime lainnya, pertemuan pertama mereka bisa dibilang buruk. Bukannya kenalan baik-baik, malah langsung musuhan.

Sepulang dari sekolah, baru taulah kalau mereka dijodohkan. Apesnya mereka berdua sudah saling benci satu sama lain. Tapi, Raku dan Chitoge tetap menjalaninya meski dengan terpaksa.

Masih belum berakhir, ada saja masalah lain yang selalu berdatangan. Ternyata Raku juga disukai oleh Kosaki Onodera. Belum cukup, datanglah Marika Tachibana yang juga cinta kepada Raku.

Semuanya menjadi semakin rumit dengan silih bergantinya berdatangan wanita baru di hidup Raku. Memang anime ini bisa dibilang harem, tapi minim adegan plus-plus kok.

6. Ore Monogatari

Kisah cinta tulus dari Takeo Gouda dan Makoto Sunakawa

Ore Monogatari mungkin akan memberikan kamu sebuah gambaran tentang cinta yang tulus. Takeo Gouda adalah seorang laki-laki berpenampilan sangar, meski begitu dia memiliki pribadi yang baik. Namun, karena fisiknya tersebut dirinya selalu gagal dalam masalah percintaan sejak dulu.

Sampai suatu ketika Takeo bertemu dengan Makoto Sunakawa dalam sebuah kereta. Kala itu Takeo mendapati ada seorang laki-laki yang ingin melecehkan Makoto di kereta. Tak tinggal diam, Takeo langsung menggagalkan aksii jahat tersebut.

Read More! 5 Live Action Romance Wajib Tonton

Mulai dari situ mereka berdua berkenalan dan semakin akrab.  Selain kisah cinta mereka berdua, anime ini juga dibumbui dengan banyak adegan komedi yang membuatmu tak bosan melihatnya.

7. Byousoku 5 Centimeter (2007)

Hanya 3 episode, tapi sangat mengena

Digadang-gadang sebagai anime romance terbaik oleh banyak orang. Byousoku 5 Centimeter atau 5 Centimeter per Second adalah salah satu anime romance terbaik menurut saya. Episode anime ini sendiri cuma ada 3, namun sudah cukup untuk menyampaikan semua makna di dalamnya.

Fokus utama anime ini adalah hubungan antara dua orang remaja, yaitu Tohno Takaki dan Shinohara Akari. Mereka berdua sendiri sudah dekat sejak kecil, sayang mereka harus terpisah karena jarak yang jauh.

Unsur percintaan di anime ini juga komplit. Mulai dari cinta pandangan pertama, cinta bertepuk sebelah tangan, cinta jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship) dan sebagainya.

8. Anohana

Kisah persahabatan 7 orang yang mulai terpecah saat salah satu temannya meninggal

Fokus utama anime ini sebanarnya adalah persahabatan, tapi saya rasa masih cocok dimasukkan ke dalam list. Ahonana bercerita tentang 7 orang yang sudah bersahabat sedari mereka kecil. Namun, mereka kemudian berpisah karena kecelakaan tragis yang menimpa salah satu dari mereka, Menma.

Kematian Menma ternyata membuat keenam orang sahabat tersebut akhirnya terpecah. Tapi ternyata perpisahan tersebut membuat arwah Menma tak bisa pergi dengan tenang. Kemudian arwah Menma mendatangi Jinta Yadomi untuk memintanya agar bersatu kembali dengan yang lainnya.

9. Akatsuki no Yona

Putri Yona berniat mengambil alih kerajaannya kembali yang direbut Soo-Won

Anime ini adalah anime yang berlatar belakang kerajaan. Yona sendiri merupakan nama dari seorang putri kerajaan. Hal buruk terjadi saat dirinya dan keluarga merayakan ulang tahu Yona, bukan bahagia malah muncul masalah besar.

Disaat yang sama, ternyata Soo-Won melakukan kudeta terhadap kerajaan. Ia merebut kerajaan dan berniat membunuh putri Yona. Sang putri pun diselamatkan oleh Soon-Hak yang merupakan pengawal pribadinya.

Mereka berdua berhasil lolos dan melarikan diri dan berniat merebut kerajaan kembali dari kekuasaan Soo-Won.

10. Kimi no Na wa

Perjuangan Taki menemui Mitsuha

Poularitas anime ini begitu melejit ketika pertama kali dirilis. Bahkan Kimi no Na wa berhasil menduduki box office di Jepang dan negara-negara besar lainnya. Bercerita tentang dua orang yang tinggal di daerah yang berbeda, desa dan kota.

Mitsuha merupakan seorang gadis yang tinggal di desa, sedangkan Taki merupakan anak lelaki yang tinggal di kota besar. Suatu ketika mereka berdua mendapati bahwa diri mereka bertukar saat bangun tidur.

Dari pertukaran tersebutlah mereka berdua jadi bisa saling mengenal satu sama lain. Mereka pun berusaha untuk meninggalkan pesan agar saat kembali nanti mereka bisa saling tahu tentang keberadaan masing-masing.

Itulah 10 rekomendasi anime romance terbaik versi Kabar Anime. Belum nonton salah satunya? Cuss tonton sekarang!

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel