11 Fakta Roronoa Zoro, Salah Satu Pendekar Pedang Terhebat di One Piece

zoro memiliki rambut warna hijau

Zoro adalah orang pertama yang diajak Luffy menjadi anggota bajak laut-nya. Zoro juga sudah muncul di episode awal One Piece. Saat itu ia diceritakan tertangkap oleh angkatan laut dan akan dihukum mati. Zoro tak bisa melawan karena pedangnya disita.

Karakter berambut hijau ini juga memiliki tingkat kepopuleran yang cukup tinggi di One Piece. Jadi, menarik jika dibahas lebih lanjut. Berikut 11 fakta Roronoa Zoro yang mungkin belum kamu tahu.

1. Namanya Diambil dari Nama Bajak Laut

olonnais adalah bajak laut kejam di laut karibia

Roronoa diambil dari nama seorang bajak laut sungguhan yang bernama Francois L'olonnais yang merupakan bajak laut terkejam di Karibia. L,olonnais dalam bahasa Jepang dibaca Roronoa.

2. Suka Makan Nasi dan Minum Sake

zoro minum sake di punk hazzard

Di anime One Piece, Zoro digambarkan sebagai salah satu tokoh yang doyan makan selain Luffy. Ia bisa menghabiskan berporsi-porsi makanan dalam satu kali makan. Makanan kesukaannya adalah nasi, terutama Onigiri. Nama yang sama dengan jurusnya.

Baca juga: 9 Sushi Populer di Jepang

Zoro juga sangat gemar minum sake. Mungkin dialah satu-satunya karakter yang kuat mabuk. Di arc Arlong Park, Zoro menghabiskan puluhan liter sake saat pesta yang diadakan warga desa untuk menyambut kemenangan mereka atas penindasan yang dilakukan Arlong.

3. Terobsesi dengan Pedang

zoro membunuh monet dalam satu kali tebasan pedang

Di masa kecilnya, Zoro adalah salah satu murid di salah satu dojo kendo. Disana dia dididik oleh Koushiro (ayah Kuina). Dulunya, Zoro sangat terobsesi dengan pedang dan menganggap menggunakan banyak pedang akan memberikan kekuatan lebih. Sampai akhirnya dia dikalahkan oleh Kuina.

Sejak saat itu, Zoro mulai fokus menggunakan dua pedang saja dalam bertarung. Sampai akhirnya Kuina meninggal. Zoro pun kemudian menggunakan pedang milik Kuina sebagai pedang ketiganya dan mulai melatih gaya tiga pedang (Santoryu) yang ia gunakan sampai sekarang.

4. Wado Ichimonji adalah Pedang Favorit Zoro

wado ichimonji adalah pedang kesayangan zoro

Dari ketiga pedang yang dimiliki Zoro, satu yang jadi favoritnya adalah Wado Ichimonji yang tidak lain adalah pedang pemberian Kuina. Pedang itu berwarna putih yang biasanya digigit Zoro ketika bertarung menggunakan tiga pedangnya sekaligus. Saat hanya butuh satu pedang, Zoro pasti memilih Wado Ichimonji.

5. Salah Satu Anggota Supernova

supernova adalah bajak laut rookie dengan nilai buronan di atas 100 juta berry

Supernova sering disebut juga dengan Generasi Terburuk atau Worst Generation. Supernova berisi bajak laut rookie yang diperhitungkan karena kekuatan dan nilai buronan mereka yang tinggi. Di Kelompok Topi Jerami sendiri ada dua orang yang masuk menjadi anggota Supernova, mereka adalah Luffy dan Zoro.

Zoro menjadi salah satu Supernova dengan nilai buronan 320 juta berry. Menariknya, ia adalah satu-satunya orang yang tidak menggunakan buah iblis dari ke-12 anggota lainnya. Wow!

Anggota Supernova

  • Eustass Kid
  • Monkey D. Luffy
  • Basil Hawkins
  • X Drake
  • Trafalgar D. Water Law
  • Scratchmen Appe
  • Killer
  • Jewelry Bonney
  • Capone Bege
  • Roronoa Zoro
  • Urouge
  • Marshal D. Teach

6. Trio Monster di Bajak Laut Topi Jerami

luffy, zoro, sanji sering dijuluki trio monster

Dari 9 anggotanya, ada 3 anggota yang dianggap sebagai ujung tombak dalam pertemupan atau Trio Monster. Mereka adalah Luffy, Zoro, dan Sanji. Ketiga orang ini merupakan orang dengan kemampuan bertarung paling kuat diantara semua kru Topi Jerami.

7. Awalnya Ingin Dijadikan Anak Buah Buggy

awalnya, zoro dibuat sebagai anak buah buggy oleh oda

Dalam wawancara dengan mangaka One Piece (Eiichiro Oda), Zoro awalnya dibuat menjadi salah satu anak buah Buggy bersama Mohji dan Cabaji. Namun, pada akhirnya rencana tersebut tidak jadi digunakan. Buggy akhirnya hanya memiliki 2 anak buah saja, Mohji dan Cabaji. Kira-kira bagaimana ya kalau Zoro benar-benar dijadikan anak buah Buggy?

8. Tak Pernah Akur dengan Sanji

zoro selalu ribut dengan sanji

Bukan sebuah hal baru lagi jika Zoro dan Sanji tak pernah akur. Sejak pertama kali mereka bersama dalam satu kru bajak laut, rasanya tidak pernah sekalipun mereka berdua ini akur. Zoro dan Sanji selalu berbeda argumen, entah dalam hal apapun. Bahkan Zoro sepertinya belum pernah memanggil Sanji dengan namanya, dia selalu memanggil Sanji dengan sebutan 'koki mesum'. Sanji pun sama, selalu memanggil Zoro dengan sebutan 'marimo' atau kepala lumut.

9. Pengguna Haki yang Hebat

zoro menggunakan haki ke pedangnnya

Meskipun bukan pemakan buah iblis, Zoro tetaplah memiliki kekuatan yang tak bisa dianggap remeh. Selain ahli menggunakan pedang, Zoro juga menguasai teknik Haki. Ya, dirinya bisa melapisi pedangnya dengan Haki. Scene ini pernah terlihat pada arc Doflamingo dan dalam movie One Piece: Gold.

10. Tidak Diketahui Orang Tuanya

zoro lahir tanggal 11 november

Sejak awal kemunculannya, tak pernah dijelaskan siapa orang tua Zoro. Begitupun dengan saudara dan kehidupan masa lalunya. Ini memang menjadi salah satu misteri One Piece yang belum terpecahkan sampai saat ini. Akankan semua akan mengejutkan seperti cerita Sanji? Tidak ada yang tahu.

11. Ingin Jadi Pendekar Pedang Terhebat di Dunia

zoro menganut aliran tiga pedang atau santoryu

Satu obsesi Zoro mau bergabung dengan Luffy adalah untuk mengejar impiannya menjadi pendekar pedang terhebat di dunia. Zoro juga sangat terobsesi dengan satu pendekar pedang yang sangat ingin ia kalahkan, yaitu Mihawk. Pertemuan pertamanya dengan Mihawk, Zoro tidak berkutik dan kalah telah. Kedua pedangnya bahkan dihancurkan dengan mudah.

Namun, Zoro terus tumbuh menjadi seorang yang kuat dan semakin kuat. Bukan tidak mungkin impiannya untuk mengalahkan Mihawk dan menjadi pendekar pedang nomor satu di dunia akan terwujud suatu saat nanti.

Itulah 11 fakta Roronoa Zoro, kamu sendiri suka enggak dengan karakter ini?