14 Agustus 2017

5 Makanan Jepang yang Cocok Untuk Diet

tips diet sehat

Bagi seorang wanita, memiliki bentuk tubuh yang ideal menjadi sebuah keinginan mutlak yang harus dicapai. Terkadang, untuk mendapatkan tubuh yang ide, tidak jarang banyak wanita melakukan diet yang berlebihan. Padahal kebiasaan tersebut jelas tidak baik untuk tubuh.

Jika kamu memang ingin menurunkan berat badan. ada beberapa makanan yang bisa kamu jadikan untuk menu makanmu. Menu ini banyak diminati karena selain sehat dan kaya nutrisi, menu makanan ini tidak membuat tubuhmu melar.

Berikut 5 makanan Jepang yang cocok untuk diet.


1. Natto

natto berasal dari kedelai yang difermentasi

Natto adalah makanan yang dibuat dari fermentasi kedelai. Meskipun makanan ini punya tekstur yang lengket dan bau yang menyengat, namun Natto sangat digemari di Jepang. Natto juga sangat cocok buat kamu yang sedang diet karena tidak mengandung kolesterol, selain itu masih banyak kandungan lain di dalam Natto seperti vitamin B, vitamin E, vitamin K, serta protein.

2. Hiyayakko

tahu atau tofu

Seperti namanya. hiyayakko atau tahu dingin adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu atau tofu dalam bahasa Jepang. Ada dua jenis tahu yang biasa digunakan, yaitu kinogoshi tofu (tahu sutra yang terkstur-nya lembut) dan momen tofu (tahu biasa). Hiyayakko bisa disajikan dengan berbagai topping seperti kecap, mustard, wijen, wasabi dll. Makanan ini diminati karena rendah kalori yang cocok untuk diet.

3. Bayam Ohitashi

makanan khas jepang yang terbuat dari bayam

Bayam Ohitashi adalah sajian salad khas Jepang dengan bahan dasar bayam. Selain menjaga stabilitas gula darah, bayam juga mengandung 20% serat yang baik untuk pencernaan. Bayam ohitashi bisa kamu makan sebagai lauk atau dimakan langsung. Selain mengandung vitamin A dan vitamin K, makanan ini juga mengandung asam folat yang baik untuk kesehatan kulit dan tulang.

4. Sashimi

sashimi berbeda dengan sushi

Sashimi berasal dari kata "Sasi" yang berarti potongan dan "Mi" yang berarti daging. Jadi bisa diartikan sebagai potongan beberapa daging. Jika dilihat sekilas, tampilannya mirip dengan Sushi. Sashimi biasa disajikan dengan daikon (parutan lobak putih). Sashimi juga memiliki sumber lemak omega 3 serta vitamin B6 dan B12 yang baik untuk tubuh.

5. Tsukemono

acar jepang

Bagi yang belum tahu, Tsukemono itu adalah acar. Tsukemono biasa disajikan sebagai makanan pendamping, hiasan makanan, ataupun cemilan ringan untuk dimakan sehari-hari. Jenis acar Jepang ini sebenarnya ada banyak. Misal Nakazuke, acar Jepang yang dibuat dari fermentasi sayuran yang mengandung vitamin B1 serta lactobacillus, yang baik untuk kesehatan usus. Ada juga Umeboshi yang terbuat dari buah plum, jahe muda, dan takuan lobak Jepang.

Bagaimana, sudah menemukan makanan yang cocok untuk diet-mu? Atau punya rekomendasi lain?