9 Sushi Favorit di Jepang

- Juli 10, 2017
sushi adalah makanan khas jepang yang digemari banyak orang

Dilansir dari Nagoya Fusion, sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras (mizkan), garam, dan gula.

Di Jepang sana, sushi merupakan salah satu makanan favorit. Bahkan sushi juga terkenal sampai ke luar negeri lho, di Indonesia pun juga ada outle-oulet yang menjual makanan khas Jepang ini.

Sushi juga ada banyak macamnya seperti Makizushi atau Chirashizushi. Tapi, dari sekian banyak jenis sushi yang ada, terdapat 9 jenis sushi yang paling difavoritkan karena rasanya yang nikmat.

1. ChuuToro

ChuuToro adalah sushi ikan tuna. Sesuai namanya 'chuu' yang berarti tengah dan 'toro' yang berarti tuna. Biasanya sushi jenis ini dibagi menjadi 2 versi, biasa (murah) dan banyak lemak (lebih mahal). Sushi jenis ini paling disukai masyarakat berumur 40 - 60an tahun.

2. Salmon

Sushi salmon adalah jenis yang paling populer, bisa dikatakan semua outlet sushi yang kecil maupun besar pastilah menjual jenis salmon ini. Rasanya yang enak dipadu dengan daging salmon yang lembut membuatnya difavoritkan banyak orang. Sushi jenis ini kadang juga disajikan dengan ikan mentah, tapi tetap aman dikonsumsi kok.

3. Uni

Uni adalah sushi yang menggunakan bahan dasar landak laut. Meskipun kurang familiar, tapi rasanya tidak perlu diragukan. Sayang harganya tergolong mahal dan hanya restoran besar saja yang menyediakan sushi jenis ini. Ya, mungkin karena tidak semua orang 'mau' membelinya.

4. Mushi Ebi

Mushi disini artinya bukan 'serangga' melainkan kukus, jadi Mushi Ebi = Udang Kukus. Dari namanya saja sudah tergambarkan bagaimana rasanya sushi udang ini.

5. Ika

Kalau yang ini pasti banyak yang suka karena memang bahan dasarnya populer dan digemari banyak orang. Sushi ini menggunakan cumi-cumi sebagai bahan dasar yang dipadukan dengan nasi hangat. Uhh, pasti lah enak rasanya.

6. Aji

Aji kadang salah dikategorikan sebagai hikarimono atau sushi berbahan ikan kulit perak karena bentunya yang mirip dengan Saba Sushi. Sushi ini dibuat dari ikan Saurel, mirip pindang gitu kalau di Indonesia.

7. Shime Sushi

Sushi berbahan dasar ikan mackerel. Diberi nama 'shime' karena sushi ini diberikan sedikit taburan cuka garam untuk memberikan sensasi asin dan asam.

8. Unagi

Unagi seringnya disajikan dalam bentuk bento sih. Namun, dijadikan sushi juga enak kok. Bumbu yang digunakan pun bisa dikatakan mirip.

9. Awabi

Menggunakan bahan dasar abalon. Kayak asing ya di telinga? Tapi hewan tersebut banyak dibudidayakan di Jepang karena selain enak dimakan juga punya khasiat untuk kesehatan.

 

Start typing and press Enter to search