30 Oktober 2017

7 Musuh Paling Berkesan di Samurai X

Shishio punya luka bakar hebat di sekujur tubuhnya

Rurouni Kenshin atau yang lebih akrab disebut Samurai X adalah anime yang populer di tahun 90an, masuk ke Indonesia mungkin sekitar awal tahun 2000an. Anime ini menceritakan seorang Himura Kenshin yang dulunya merupakan seorang pembunuh (Hitokiri Battosai). Namun, dia memutuskan untuk pensiun dan menjadi seorang pengembara.

Baca juga: 7 Anime yang Diangkat dari Kisah Nyata

Meski sudah berjanji untuk tidak membunuh lagi, Kenshin tetap harus melewati berbagai pertarungan untuk membela kebenaran, melindungi teman, dan membantu pemerintah melawan kejahatan. Tentu banyak sekali musuh yang harus dilawan oleh Kenshin. Namun, dari sekian banyak musuhnya, ada 7 musuh yang menurut saya paling berkesan. Siapa saja mereka?


1. Hajime Saito

Gatotsu adalah jurus andalan Saito

Meski akhirnya menjadi sekutu, debut awal Saito memang sekilas nampak seperti musuh. Apalagi dia merupakan musuh bebuyutan Kenshin di masa lalu. Saito ini adalah orang yang berada di era yang sama dengan Kenshin. Dia juga merupakan pemimpin ketiga dari Shinsengumi.

Baru diketahui bahwa Saito ini ternyata belumlah mati. Dia ternyata begabung dengan anggota kepolisian dan menyamarkan namanya menjadi Goro Fujita. Saito ini diberi misi untuk menguji kekuatan Kenshin.

Mereka berdua pun bertarung habis-habisan. Ya, meskipun hasilnya imbang. Yang mengerikan dari Saito ini adalah kekuatannya tidak hanya terletak pada pedangnya. Dia bahkan masih kuat meski harus bertarung dengan tangan kosong.

2. Udo Jin-E

Jinei punya semacam jurus supernatural untuk melumpuhkan musuhnya

Sama seperti Saito, Jin-E juga merupakan orang yang berada satu era dengan Kenshin. Jin-E ini adalah musuh kuat pertama yang dilawan Kenshin. Uniknya, dia punya semacam kekuatan supranatural yang bisa membuat lawannya tak bisa bergerak.

Untuk membangkitkan kembali jiwa Battosai, Jin-E menculik Kaoru dan menjadikannya sandra. Saat melakukan pertarungan, dia menggunakan jurus supernatural-nya kepada Kaoru yang membuatnya sulit bernafas.

Hal tersebut membuat Kenshin sangat marah dan seketika menjadi Battosai lagi. Dalam sekejap Jin-E pun langsung tumbang tanpa ada perlawanan yang berarti.

3. Aoshi Shinomori

Aoshi menggunakan dual kodachi sebagai senjatanya

Aoshi adalah ketua dari Oniwabanshu. Pertemuan pertama dengan Aoshi adalah saat Kenshin dan yang lainnya pergi untuk menyelamatkan Megumi yang diculik oleh Kanryuu.

Saat bertarung, Kenshin sempat dibuat kewalahan karena skill bertarung Aoshi yang tinggi. Senjatanya adalah Kodachi (pedang pendek) yang membuat pergerakan Aoshi terkesan cepat dan lincah. Bahkan Kenshin harus memegang sisi tajam pedangnya untuk mengimbangi gerakan Aoshi.

4. Anji Yukyuzan

Anji mengajarkan Futae no Kiwami kepada Sanosuke

Anji merupakan salah satu anggota dari Juppongatana. Dia pertama kali diperlihatkan saat bertemu dengan Sanosuke yang sedang tersesat. Dari pertemuan tersebut, mereka berdua malah akrab. Bahkan Anji sampai mengajarkan jurus Futae no Kiwami kepada Sanosuke.

Meskipun menjadi bawahan Shishio, Anji ini tetap memiliki sisi baik hati. Dia tidak mau membunuh orang yang tidak terlibat. Hal ini dibuktikan ketika ia menyelamatkan Misao dari serangan Ushui.

5. Usui Uonuma

Ushui melihat dengan mata hati

Masih dari Juppongatana, Usui ini punya kekuatan yang unik, yaitu mata hati. Ya, Usui adalah orang buta, namun dia bisa merasakan gerakan lawan dari pendengarannya yang tajam dan instingnya yang kuat.

Dalam ceritanya, Usui diduelkan dengan Saito. Meski awalnya Usui terlihat lebih unggul dan berhasil melukai Saito, namun Saito dengan mudah membalasnya bahkan membunuhnya tanpa perlu perlawanan yang sengit.

6. Seta Sojiro

Orang terkuat kedua di Juppongatana

Tangan kanan Shishio ini punya penampilan yang sekilas seperti orang biasa. Sojiro bahkan usianya masih muda, perilakunya juga sopan dan ramah senyum kepada semua orang.

Tapi jangan salah, dibalik sosoknya tersebut ternyata Sojiro merupakan seorang pendekar pedang yang kuat. Dirinya bahkan mendapat julukan 'Tenken no Sojiro' karena kecepatannnya saat bertarung dan menghabisi semua lawannya.

Saat bertarung melawan Kenshin, Sojiro bisa membuat seorang Battosai kewalahan. Meskipun akhirnya tetap kalah, namun dibutuhkan usaha yang sangat keras untuk mengalahkan Sojiro. Kenshin juga menggunakan jurus terkuatnya, Amakakeru Ryu no Hirameki untuk bisa mengalahkan Sojiro.

7. Makoto Shishio

Shishio menjadi musuh yang kuat bagi Kenshin

Meskipun bukan musuh terakhir, Shishio ini menurut saya merupakan karakter antagonis terbaik di Samurai X. Jika dibandingkan dengan Amakusa Shogo yang bahkan bisa menang telak melawan Kenshin, Shishio ini punya karishma tersendiri yang membuatnya berkesan.

Sama seperti Kenshin, Shishio juga dijuluki 'Battosai'. Dulunya Shishio ini merupakan penjahat kelas kakap. Dirinya sempat dikalahkan oleh pemerintah dan mayatnya dibakar hidup-hidup untuk memastikan dirinya benar-benar mati. Namun siapa sangka Shishio ternyata masih hidup.

Baca juga: 8 Karakter Anime dengan Kekuatan Overpower

Memulai lagi eranya, dia pun membentuk Juppongatana untuk melancarkan rencananya menguasai Jepang. Di pertempuran terakhirnya melawan Kenshin, Shishio berhasil membuat Kenshin tidak berkutik. Shishio bahkan bisa melumpuhkan Kenshin bersama Saito, Aoshi, dan Sanosuke sendirian.

Namun sayang dirinya harus mati terbakar karena tidak kuat menahan panas dari dalam tubuhnya. Kematian Shishio ini sekaligus menjadi kemenangan bagi Kenshin dan lainnya.

Itulah 7 musuh paling berkesan di Samurai X versi KabarAnime. Sekali lagi ini bukan masalah musuh terkuat, melainkan mereka yang paling berkesan.