28 Agustus 2017

7 Anime Ini Diangkat dari Kisah Nyata

battousai

Anime adalah animasi yang berasal dari Jepang yang biasanya dibuat sesuai imajinasi mangaka-nya, karena anime biasa diangkat dari manga. Entah sudah ada berapa judul anime sampai sekarang. Yang jelas sudah banyak sekali. Nah, dari sekian banyak judul tersebut ternyata ada beberapa serial anime yang diangkat dari kisah nyata, lho.

Tak hanya film layar lebar, anime pun ada yang ceritanya diangkat dari kisah nyata (based on true story). Di artikel ini, akan ada 7 judul anime yang dibahas. Apa saja?


1. Rurouni Kenshin (1996)

kenshin dan kaoru

Untuk kalian generasi 90-an pastilah tidak asing dengan anime yang satu ini. Rurouni Kenshin adalah anime yang berlatar era Meiji. Saat itu ada satu samurai hebat yang dijuluki sebagai 'Battousai si Pembantai' karena sudah membunuh banyak nyawa. Dia adalah Kenshin Himura yang kemudian lebih memilih bertotat dan bersumpah untuk tidak membunuh lagi.

2. Zipang (2004)

zipang

Anime bergenre sci-fi (science fiction) ini meneritakan tentang perang dunia II yang terjadi di masa lalu. Zipang sendiri adalah pasukan tempur di masa sekarang yang dikirimkan ke masa lalu menggunakan portal. Mirip film Terminator kalau kalian tahu. Anime ini menggabungkan genre sejarah dan sains menjadi sebuah animasi.

3. Tokyo Magnitude 8.0 (2009)

gempa bumi

Tokyo Magnitude 8.0 adalah anime yang menceritakan tentang gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di Jepang pada 2011 silam. Gempa dahsyat itu menelan banyak korban jiwa disana. Untuk menambah kesan yang mendalam, para kru benar-benar melakukan riset sampai mendatangi para korban gempa untuk mendapatkan informasi lebih. Wow!

4. Sengoku Basara (2009)

sanada yukimura dan masamune date

Judulnya pasti mengingatkanmu akan sebuah judul game yang terkenal pada masanya. Ya, karena saking populernya memang sampai diadaptasi ke dalam game juga dengan nama yang sama. Anime ini bercerita pada masa era Sengoku (1493 - 1497). Anime ini menceritakan perjuangan Yukimura Sanada dan Masamune Date melakan Nobunaga Oda. kalian tidak asing kan dengan namanya?

5. Bakuman (2010)

mangaka

Bakuman adalah anime yang diadaptasi dari manga garapan Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba yang juga merupakan mangaka Death Note. Anime ini menceritakan tentang kehidupan seorang mangaka yang memilik jam kerja sangat padat dan super sibuk. Kamu akan lebih tahu lagi kalau sudah menonton animenya.

6. Steins;Gate (2011)

mesin waktu

Salah satu anime favorit nih. Anime ini mengangkat kisah John Titor yang pernah populer di tahun 2000-an. Titor mengaku sebagai seorang yang berasal dari masa depan yang akan menuju masa sekarang untuk mengemukakan teori penjelajahan waktu atau Time Travel. menurutnya masa lalu, masa sekarang, dan masa depan punya hubungan. Cerita tersebut kemudian diangkat menjadi sebuah anime. Steins;Gate bahkan masih menduduki peringkat 2 Top Anime di MAL.

7. Kingdom (2012)

anime bangsa dinasti

Tak jauh berbeda dengan Sengoku Basara, Kingdom juga mengambil cerita ribuan tahun lalu pada era Dinasty Qin. Tokoh utamanya adalah seorang jenderal besar kerajaan Qin, Li Xin. Karakter dalam anime ini juga dibuat mirip dengan keadaan jaman dulu gitu.


Dari ke-7 anime tersebut mungkin sebagian besar asing di telingamu. Jika dilihat dari tingkat kepopuleran, Rurouni Kenshin dan Steins;Gate mungkin adalah juaranya.

Itulah 7 anime yang diangkat dari kisah nyata, sudah nonton semuanya?