6 Karakter Anime yang Dianggap Muslim oleh Fans

Gundam 00 dianggap anime muslim karena Setsuna memiliki penampilan ala-ala timur tengah

Meski berasal dari Jepang, nyatanya cerita yang diangkat dalam anime tak melulu selalu berhubungan dengan Jepang. Terkadang ada beberapa unsur lain yang sengaja dimasukkan untuk semakin memperkaya cerita. Di beberapa judul sendiri, saya terkadang menemui unsur religi dalam sebuah anime. Memang tidak banyak sih, tapi ada.

Unsur religi tersebut semakin kuat dengan adanya karakter yang diduga muslim atau beragama Islam. Berikut 5 karakter anime yang dianggap muslim versi Kabar Anime.

1. Yugo Beppu (Yugo Koushounin)

Yugo Beppu adalah seorang negosiator handal

Yugo adalah seorang negotiatir atau perunding. Seperti namanya, tugasnya adalah menjadi penengah antara dua belah pihak untuk mengambil keputusan yang menguntungkan satu sama lain. Dalam cerita di animenya sendiri, Yugo ini ditugaskan ke Pakistan untuk melakukan negosiasi dengan para pemberontak disana. Tujuannya agar para pemberontak mau melepaskan orang-orang yang dijadikan sandra.

Unsur Pakistan tentu saja membuat spekulasi bahwa Yugo the Negotiator memiliki genre anime muslim. Spekulasi tersebut juga diperkuat dengan beberapa adegan yang sangat sarat dengan Islam, salah satunya adalah sholat.

2. Quatre Raberba Winner (Mobile Suit: Gundam Wing)

Tidak minum alkohol membuat banyak orang beranggapan bahwa Quatre beragama Islam

Selain tinggal di wilayah yang mirip dengan timur tengah, Quatre juga memiliki penampilan serta gaya hidup yang lekat dengan kebudayaan Arab. Di beberapa adegan juga diperlihatkan bahwa saudara Quatre terlihat memakai pakaian ala-ala timur tengah.

Semua hal tersebut membuat banyak orang berpendapat bahwa Quatre ini merupakan penganut agama Islam. Walaupun tidak pernah dijelaskan apa agama yang dianut Quatre, semua perilakunya layak disebut sebagai seorang muslim yang taat. Dirinya bahkan tak pernah terlihat minum alkohol yang juga diharamkan dalam Islam.

3. Sousuke Sagara (Full Metal Panic!)

Sousuke Sagara menyamar menjadi pelajar untuk menjalankan misinya sebagai agen rahasia

Sousuke Sagara merupakan seorang tentara gerilya yang sedang menyamar menjadi pelajar untuk menjalankan tugasnya sebagai agen rahasia. Penampilan Sousuke sendiri sebenarnya tidak terlalu menunjukkan bahwa dia seorang muslim. Namun, Sousuke yang tidak mau minum alkohol dan makan daging babi membuat banyak orang bertanya-tanya apakah Sousuke seorang muslim atau tidak.

4. Setsuna F Seiei (Gundam 00)

Setsuna F Seiei memiliki nama asli Sora Ibrahim

Protagonis di anime Gundam 00 ini sering dianggap tokoh beragama Islam karena dirinya memiliki nama asli Sora Ibrahim. Setsuna sendiri merupakan orang Kurdi yang sangat dekat dengan negara seperti Suriah dan Irak. Penampilannya yang terkadang terlihat memakai sorban juga menguatkan persepsi fans akan agama yang dianutnya.

5. Aisha (Mobile Suit Gundam SEED)

Aisha sering dianggap karakter anime muslimah karena namanya, meskipun penampilannya tidak mencerminkan semua itu

Satu-satunya karakter cewek yang masuk dalam list. Aisha diangap muslim karena dianggap memiliki nama yang sama dengan istri Nabi Muhammad SAW, yaitu Aisyah. Meski memiliki kesamaan nama, perilaku dan cara berpakaian Aisha dalam ceritanya sama sekali tak menunjukkan bahwa dia wanita muslimah. Aisha bahkan tidak berjilbab atau bercadar.

6. Dio Brando (Jojo's Bizare Adventure)

Adegan yang menampilkan Al-Quran di anime Jojo's Bizare Adventure dibatalkan tayang

Anime ini sempat menggemparkan dunia tahun 2008 yang lalu karena membuat adegan dimana karakternya, Dio Brando yang tampak sedang membuka Al-Quran. Permasalahannya adalah Dio Brando merupakan karakter villain dengan sifat jahat. Hal tersebut tentu membuat kontroversi dari berbagai pihak.

Episode yang bersangkutan pun akhirnya dibatalkan tayang dan pihak staff langsung mengajukan permohonan maaf atas kejadian ini.

Itulah 6 karakter yang dianggap beragama Islam di anime. Menurutmu bagaimana?

Diberdayakan oleh Blogger.