10 Fakta Exodia yang Harus Kamu Tahu

Fakta kartu Exodia yang jarang diketahui banyak orang

Exodia the Forbidden One adalah kartu spesial di anime Yu-Gi-Oh! yang juga dianggap sebagai ikon anime ini, tentunya selain Blue-Eyes White Dragon dan Dark Magician. Kartu ini dianggap spesial karena efeknya akan memberikan kemenangan mutlak kepada pemain jika bisa mengumpulkan kelima potongan kartu Exodia di tangan. Bahkan lebih kuat dari kartu dewa bukan?

Read More! Penjelasan 'Phase' dalam Permainan Yu-Gi-Oh!

Selain fakta tersebut, masih ada beberapa fakta lain tentang kartu ini yang harus kamu tahu. Apalagi jika kamu merupakan salah satu fans dari permainan kartu ini. Berikut 10 Fakta Exodia yang harus kamu tahu.

1. Terinspirasi dari Dewa Osiris dalam Mitologi Mesir

Osiris menjadi inspirasi dari kartu Exodia

Osiris dalam mitologi Mesir merupakan dewa kematian sekaligus hakim yang memiliki hak untuk menentukan kemana jiwa manusia dikirim (surga atau neraka) setelah mereka mati. Dalam ceritanya, tubuh Osiris diceritakan dipisah dan disegel menjadi 5 bagian. Hal tersebutlah yang mendasari kenapa Exodia juga terbagi menjadi 5 bagian.

2. Kartu 'Effect Monster' Pertama di Seri Yu-Gi-Oh!

Exodia menjadi kartu efek pertama

Pertama kali permainan kartu Yu-Gi-Oh! booming, semua kartu dirilis dalam bentuk 'Normal Monster', alias tidak memiliki efek apapun, hanya mengandalkan ATK dan DEF saja. Nah, Exodia ini merupakan kartu 'Effect Monster' yang pertama dirilis. Bareng dengan Exodia, ada 4 kartu lagi yang dirilis bersamaan, yaitu:

  • Armed Ninja
  • Man-Eater Bug
  • Hane-Hane
  • Reaper of the Cards

3. Kartu Pertama yang Memberikan Kemenangan Otomatis

Cara menggunakan Exodia dalam duel

Dalam permainan Yu-Gi-Oh! ada sebuah istilah bernama Duel Winner yang merupakan kondisi dimana pemain akan memperoleh kemenangan otomatis dengan syarat tertentu. Sebenarnya ada banyak kartu dengan efek seperti ini. Tapi, Exodia adalah yang pertama dirilis. Untuk memperoleh kemenangan instan, kamu harus mengumpulkan kelima potongan kartu Exodia yang terdiri dari:

  • Exodia the Forbidden One
  • Right Arm of the Forbidden One
  • Left Arm of the Forbidden One
  • Right Leg of the Forbidden One
  • Left Leg of the Forbidden One

4. Paling Lama Masuk Banlist

Exodia di-banned karena dianggap tidak seimbang

Dikarenakan efeknya yang dianggap imba, kartu ini akhirnya di-banned atau tidak boleh digunakan dalam permainan. Exodia juga menjadi kartu pertama yang masuk ke dalam banlist. Namun, saat ini statusnya sudah beubah menjadi limited, atau hanya dibatasi 1 kopi saja dalam permainan. Dengan kata lain, kamu hanya boleh membawa masing-masing 1 kartu Exodia untuk deck-mu.

5. Background Artwork Exodia Adalah Spellbinding Circle

Spellbinding Circle dijadikan artwork kartu Exodia

Mungkin pertama kali melihat kartu ini, kamu tidak sadar bahwa background kartu Exodia adalah Spellbinding Circle. Silahkan kamu cermati sendiri untuk memastikan hal tersebut.

6. Muncul di Artwork Kartu Lain

Ada Exodia di kartu Exchange

Total ada 3 buah kartu yang menggunakan Exodia the Forbidden One sebagai artwork di dalamnya. Kartu tersebut antara lain:

  • Exchange
  • Damading Hand
  • Contract with Exodia

7. Tidak Ada Badannya

Jika disatukan, badan Exodia tidak ada

Coba kumpulkan kelima kartu Exodia dan satukanlah. Hanya ada kepala, tangan kiri, tangan kanan, kaki kiri, dan kaki kanan. Lalu, kemana badannya?

8. Ada 4 Versi Lain dari Kartu Exodia

Ada 4 versi lain dari kartu Exodia

Semua kartu lain dari Exodia ini merupakan effect monster yang efeknya berhubungan dengan Exodia the Forbidden One. Efeknya berbeda-beda dan punya kemampuan yang mengerikan. Keempat kartu tersebut adalah:

  • Exodia Necross
  • Exodius the Ultimate Forbidden Lord
  • Exxod, Master of the Guard
  • The Legendary Exodia Incarnate

9. Exodia Necross

ATK Exodia Necross bertambah 500 poin setiap putaran

Meski hanya memiliki ATK 1800 point, ATK Exodia Necross akan terus bertambah 500 poin setiap putaran. Jadi, bisa dipastikan ATK Exodia Necross akan terus bertambah hingga tak terbatas selama permainan masih berlangsung.

10. Banyak Kartu Palsu

Dark Master adalah kartu ilegal yang bukan dirilis Konami

Kamu pasti pernah menemukan banyak kartu yang 'mengatasnamakan' Exodia, walaupun sebenarnya bukan. Satu yang paling terkenal adalah 'Dark Master' dengan ATK dan DEF infinity. Kartu tersebut adalah kartu yang dirilis secara ilegal.

Itulah 10 fakta tersembunyi dari kartu Exodia. Adakah fakta lain menurutmu?