12 Makanan Jepang Terfavorit di Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Okonomiyaki menjadi makanan Jepang yang disukai banyak orang di dunia

Membahasa seputar kuliner, ada satu negara yang dimana makanan khas mereka dikatakan enak dan lezat. Mana lagi kalau bukan Jepang? Makanan khas negeri sakura tersebut memang sangat populer, bahkan sampai ke luar negeri, termasuk Indonesia.

Read More! 5 Makanan Jepang yang Cocok untuk Diet

Di Indonesia sendiri sudah banyak stand/resto yang menyediakan menu makanan khas Jepang dengan berbagai pilihan. Dan berikut ini 12 nama makanan Jepang yang menjadi favorit di Indonesia.

1. Ramen

Ramen adalah kulines mie dengan aneka topping di atasnya

Mungkin ramen adalah makanan Jepang yang paling familiar bagi penduduk Indonesia. Ya, memang tidak sulit menemukan penjual mie khas Jepang ini di beberapa sudut kota di Indonesia. Ramen sendiri merupakan mie dengan kuah kaldu yang diberi beberapa tambahan topping seperti telur, daging, ikan, miso, sampai irisan daun bawang.

2. Sushi

Suhsi umumnya menggunakan ikan salmon untuk bahan dasarnya

Hampir sama seperti ramen, sushi juga terhitung mudah dijumpai di Indonesia. Namun, beberapa orang mungkin menganggap sushi menjijikkan karena disajikan dalam keadaan mentah. Terlepas dari itu semua, sushi tetap aman dikonsumsi kok. Jadi, kamu tak perlu khawatir.

Sushi ini dapat disajikan dalam berbagai cara, bisa langsung dimakan mentah atau dimasukkan ke dalam nasi gulung. Sushi juga biasanya memiliki campuran lain sayur, mentimun, salmon, seafood, dan nasi yang dibalut dengan nori.

3. Tempura

Tempura dan nugger menjadi cemilan favorit di Indonesia

Pasti kamu akrab bukan dengan jajanan yang satu ini? Rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau membuat tempura banyak digemari orang Indonesia. Baik untuk lauk makan atau sekedar cemilan buat nongkrong, soalnya tempura masuk kategori makanan ringan khas Jepang.

Untuk menambah rasa, tempura biasa disajikan bersama sos dan mayonaise. FYI, untuk masak tempura tidak perlu lama-lama. Cukup goreng sebentar saja agar rasa khas-nya tidak hilang.

4. Mochi

Mochi adalah kue yang kenyal dan lembut dengan isian kacang, coklat, matcha dan lainnya

Mochi merupakan cemilan khas Jepang yang terbuat bahan dasar tepung dengan isian kacang. Mochi memiliki tekstur yang lembut, kenyal, dan lengket. Oleh karenanya mochi biasanya dihidangkan dengan balutan tepung untuk mengurangi lengket-nya.

5. Onigiri

Onigiri = nasi gulung

Onigiri biasa digunakan sebagai bekal atau penggajal perut saat lapar. Banyak juga yang menyebut onigiri dengan sebutan nasi gulung. Ya, karena memang onigiri adalah nasi yang digulung dengan nori (rumput laut). Di dalam onigiri biasanya diselipkan beberapa topping tambahan untuk memberikan cita rasa tambahan bagi penyantapnya.

6. Takoyaki

Isian takoyaki biasanya adalah gurita

Bentuknya bulat dengan isi daging gurita yang disajikan dengan celupan saos khas yang membuat rasanya enak. Di Indonesia sudah banyak sekali penjual takoyaki. Bahkan di pameran masakan, hampir tidak mungkin kalau tidak ada stand yang menjual takoyaki.

7. Okonomiyaki

Memasak sendiri okonomiyaki di rumah

Ini sih biking ngiler! Bahan dasarnya tepung terigu yang berisi anika campuran lain seperti daging, kol, telur, dan aneka sayuran yang dicampur menjadi satu. Biasanya jika kamu memesan okonomiyaki, pihak resto akan membiarkanmu memasaknya langsung.

8. Yakiniku

Yakkiniku mudah ditemukan di bandung dan jakarta

Yakiniku bisa juga disebut sebagai daging panggang. Daging yang digunakan pun bisa bermacam-macam, tergantung selera kamu. Bisa menggunakan daging sapi atau domba. Potongan daging dalam yakiniku umumnya dipotong dalam ukuran besar.

9. Shabu

Mencelupkan irisan daging tipis ke dalam kuah, begitu cara makan shabu

Shabu adalah irisan daging tipis. Cara memakannya yaitu dengan mencelupkan daging ke dalam kuah saos (tare). Rasanya enak sih, saos yang digunakan juga khusus. Selain daging, tentunya ada beberapa makanan lain yang disajikan sebagai pelengkap seperti sayuran. Daging yang digunakan juga bebas, tergantung selera.

10. Soba

Soba bisa dikatakan sebagai mie rebus khas Jepang

Soba itu artinya mie di Jepang. Ya, macem mie rebus gitu kalau di Indonesia. Mie dalam soba umumnya bertekstur tebal yang berukuran panjang. Kebiasaan orang Jepang saat makan soba adalah menyedot mie sampai mengeluarkan suara. Mungkin terdengan kurang sopan disini, tapi di Jepang itu dianggap sebagai sebuah penghargaan.

11. Yakisoba

Yakisoba adalah mie goreng khas Jepang

Kalau soba direbus, yakisoba ini digoreng. Penyajiaannya pun sama dengan mie pada umumnya. Bisa dimakan langsung (mie saja) atau ditambah aneka topping untuk memberikan rasa tambahan.

12. Ebi Furai

Ebi furai adalah udang yang dibalut dengan tepung

Ebi furai menjadi menu favorit di berbagai resoran bento. Ebi furai sendiri merupakan udang yang dibungkus dengan tepung lalu digoreng. Jadi, masakan ini punya rasa khas yang renyah saat digigit. Untuk menambah rasa, kamu bisa memakannya dengan mayonaise.

Read More! 8 Kebiasaan Positif Orang Jepang

Itulah 12 makanan Jepang terfavorit di Indonesia. FYI, banyak kontroversi yang membedakan mana makanan Jepang yang halal dan tidak. Ya, karena beda budaya dan kepercayaan mungkin ada beberapa jenis makanan yang dibuat dengan bahan yang haram menurut kita, misal babi. Tapi, semua kembali kepada kamu sendiri. Saya yakin kamu lebih dari sekedar tau bagaimana membedakan makanan halal dan tidak.

Oh iya, menu makanan Jepang apa yang paling kamu suka?

Diberdayakan oleh Blogger.