Mengenal Jenis-jenis Jutsu di Naruto

Mengenal jutsu Naruto Uzumaki terkuat

Dalam anime Naruto ada istilah jutsu yang mungkin sudah akrab kamu dengar. Tapi, bagaimana dengan jenis-jenis jutsu di Naruto? Apakah kamu sudah paham? Berikut penjelasan tentang jutsu di anime Naruto.

1. Ninjutsu

Jiraiya melakukan kolaborasi dengan katak gunung Myoboku untuk membuat jutsu hebat

Ninjutsu adalah sebuah teknik yang bisa digunakan dengan memanfaatkan chakra dalam tubuh. Jurus yang dikeluarkan pun beragam, tergantung dari elemen si ninja penggunanya. Dengan ninjutsu, seorang ninja mampu melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh manusia pada umumnya, seperti memanipulasi elemen untuk menghasilkan sebuah jurus baru.

Contoh: Rasengan, Chidori, Raikiri.

2. Taijutsu

Might Guy menghajar habis-habisan Kisame dengan Taijutsu-nya

Taijutsu ini bisa dikategorikan sebagai ilmu bela diri yang mengoptimalkan kemampuan alami dalam diri manusia tanpa campur tangan chakra. Pengguna taijutsu biasanya hanya mampu melancarkan serangan fisik seperti pukulan dan tendangan. Meski terdengar remeh, pengguna taijutsu memiliki kelebihan lain, yaitu kecepatan.

Pengguna taijutsu juga memungkinkan membuka depalan gerbang chakra (Hachimon Tonkou) untuk mendapatkan kekuatan yang lebih dahsyat. Sejauh ini, hanya Might Guy seorang yang pernah membuka sampai gerbang ke-8. Sedangkan Rock Lee hanya mampu maksimal 6 gerbang.

Contoh: Konoha Senpuu, Sekizo.

3. Genjutsu

Itachi adalah pengguna Genjutsu terkuat di Naruto

Teknik ini bertujuan untuk memanipulasi sistem saraf lawan dan menciptakan sebuah ilusi. Itachi adalah sosok pengguna genjutsu yang menurut saya terkuat. Bahkan ninja sekelas Kakashi saja tidak bisa lepas dari genjutsu Itachi dengan mudah. Ia harus merasakan penderitaan selama 72 jam berturut-turut sebelum akhirnya terlepas dari ilusi yang diciptakan Itachi.

Contoh: Izanami, Tsukuyomi.

4. Dojutsu

Rinnegan merupakan Dojutsu terkuat di Naruto

Dojutsu merupakan teknik mata yang tidak bisa dimiliki semua orang, melainkan hanya mereka yang memiliki garis keturunan pengguna Dojutsu. Di anime Naruto sendiri setidaknya dikenalkan 3 dojutsu, yaitu Sharingan, Byakugan, dan Rinnegan. Masing-masing dojutsu memiliki kekuatannya sendiri yang bisa dimaksimalkan ke tahap yang lebih tinggi.

Contoh: Sharingan, Byakugan, Rinnegan.

5. Senjutsu

Senjutsu membuat seorang ninja mampu menggunakan energi alam

Senjutsu ini saya katakan sebagai jutsu yang unik karena tidak bisa dimiliki semua orang. Meski dapat dipelajari, tetap hanya orang-orang terpilih saja yang mampu menguasai Senjutsu. Untuk mempelajarinya, seorang shinobi harus pergi setidaknya salah satu dari 3 tempat, yaitu Gunung Myoboku, Gua Ryuuchi, dan Hutan Shikkotsu.

Dan apabila di tengah proses mempelajari jutsu ini mereka gagal, hidup mereka akan jadi taruhannya. Namun, barang siapa yang berhasil menguasai Senjutsu, niscaya ia akan mendapatkan peningkatan kekuatan yang pesat dari sebelumnya.

Contoh: Sage Mode

6. Fuinjutsu

Fuinjutsu yang digunakan Minato menyegel Kyuubi adalah Shiki Fujin

Fuinjutsu adalah jutsu segel. Klan Uzumaki merupakan klan terbaik dalam penguasaan Fuinjutsu. Itulah kenapa Kushina mampu menyegel Kyuubi sendirian. Namun, hal tersebut membuat klan ini dimusnahkan karena kengerian mereka dalam menggunakan jutsu segel. Meski begitu, beberapa anggota klan ini seperti Nagato dan Karin berhasil menyelamatkan diri.

Kongeki Fusa, Kongo Fusa

7. Kinjutsu

Edo Tensei adalah Fuinjutsu terpopuler di Naruto

Kinjutsu atau jutsu terlarang sebenarnya sangat akrab dalam anime Naruto. Jutsu yang dikategorikan sebagai Kinjutsu adalah jutsu yang memiliki resiko besar kepada pengguna atau orang lain di sekitarnya. Perbuatan yang melawan hukum alam juga dikategorikan sebagai Kinjutsu.

Contoh: Edo Tensei, Shiki Fujin

Itulah 7 jutsu di Naruto yang mungkin belum kamu tahu. Semoga bermanfaat.