Arti Wibu? Mirip Otaku, Cuma Lebih Parah!

Pengertian dan ciri-ciri seorang wibu

Tentunya kamu tidak asing dengan kata wibu atau vvibu bukan? Kata tersebut berasal dari 'weeaboo' yang merupakan bahasa Jepang. Kata wibu sering digunakan dalam perbincangan di social media seperti grup Facebook atau forum online yang tentunya isinya seputar anime, manga, dan jejepangan.

Arti Wibu

Lalu, apa sih arti wibu sebenarnya? Wibu adalah sebuah kata yang menggambarkan orang yang begitu cinta/menggilai budaya Jepang. Sampai-sampai saking cintanya dengan Jepang, seorang wibu tidak jarang menganggap budayanya sendiri jelek. Jadi, arti kata wibu ini bisa dikonotasikan ke arah negatif.

Ciri-ciri Seorang Wibu

Meski sering diucapkan, namun tidak semua kata wibu yang dilontarkan itu berarti benar. Banyak juga yang hanya ikut-ikutan tanpa tahu arti sebenarnya. Kamu bisa mengategorikan seseorang wibu jika dia memiliki ciri-ciri berikut ini.

Suka koleksi dakimakura untuk teman tidur

1. Mendewakan Kebudayaan Jepang di Atas Segalanya

Seperti yang sudah saya katakan di kalimat sebelumnya, seorang wibu akan menganggap budaya Jepang itu yang terbaik, pokoknya di atas budaya negara lainnya. Semua hal tentang Jepang akan dianggap positif oleh wibu. Di beberapa kasus bahkan ada yang sampai menjelekkan budayanya sendiri karena menganggap Jepang di atas segalanya.

2. Punya Obsesi yang Besar dengan Anime, Manga, Figure, dan Lainnya

Obsesi disini bisa dikatakan sebagai kecanduan. Misal kamu adalah seorang yang sangat hobi nonton anime, sampai-sampai tiada hari-hari yang kamu habiskan tanpa nonton anime. Tak hanya itu, para wibu juga terindikasi mengklaim suatu karakter di dalam anime sebagai waifu mereka.
waifu = wife = istri

3. Menggunakan Kosa Kata Jepang dalam Kehidupan Sehari-hari

Seorang wibu juga tak lupa selalu menyelipkan beberapa kosa kata dalam bahasa Jepang saat berbicara. Menurut mereka, ini adalah hal keren yang patut dibanggakan. Padahal, tidak menutup kemungkinan kata yang diucapkan tidak benar atau salah pelafalannya.

4. Memiliki pengetahuan yang Luas Soal Jejepangan

Tak hanya budayanya, wibu akut pasti tahu semuanya tentang Jepang. Mulai dari berita, aktris, film, anime, manga, musik, dan lain sebagainya. Seakan semua hal yang berbau Jepang sangat indah di mata mereka. Wibu sejati juga tidak pernah ketinggalan tentang berita yang berkaitan dengan Jepang.

5. Suka Mengkhayal

Sering juga seorang wibu menbayangkan dirinya hidup di dunia anime atau menjadi karakter anime tertentu yang mereka sukai. Biasanya, mereka juga bercita-cita untuk pergi ke Jepang dan tinggal disana. Malah ada yang sampai membayangkan kalau mereka pacaran sama karakter 2D di anime.

Suka mengedit fotonya sendiri agar tampak seperti pacaran dengan waifunya

Wibu ini memiliki arti yang mirip dengan Otaku, namun lebih parah. Ada juga istilah 'wibu bawang' atau 'wibu bau bawang' yang biasanya dilontarkan kepada mereka yang sok tahu soal Jepang atau terlalu menggilai (over fanatic) terhadap apa saja yang berbau Jejepangan.

Jadi, apakah kamu termasuk seorang wibu?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel