10 Rekomendasi Anime Detektif Terbaik dengan Cerita yang Menegangkan

Cara menggunakan Death Note untuk membunuh manusia

Untuk kamu penggemar anime yang suka dengan genre misteri atau segala sesuatu yang berhubungan dengan teka-teki, anime dengan cerita detektif agaknya cocok kamu tonton. Selain asik ditonton karena membuat penasaran, kamu sebagai penonton juga secara tidak langsung merasa ikut andil dalam memecahkan kasus yang ada dengan segala asumsi yang kamu punya.

Read More! 10 Rekomendasi Anime Psycological Terbaik

Mungkin bisa dikatakan bahwa Detective Conan adalah anime tema detektif yang paling terkenal. Memang benar, tapi kamu juga harus tahu bahwa ada banyak judul anime lain yang juga bertema sama.

Berikut 10 Rekomendasi Anime Detektif versi Kabar Anime:

1. Gosick (2011)

Identitas sebenarnya dari Victorique de Blois

Berkisah tentang seorang gadis bernama Victorique de Blois yang pergi ke Eropa untuk melanjutkan sekolahnya. Namun, di luar dugaan ternyata negara yang didatanginya tersebut menyimpan banyak kejanggalan dan misteri. Ada beberapa kasus yang bahkan menyerempet ke arah supernatural.

Apa yang bagus dari anime Gosick adalah jalan ceritanya yang tidak mainstream dan susah ditebak. Kamu akan menemukan banyak plot twist yang mengharuskanmu berpikir dua kali untuk menyambungkan cerita anime ini. Bahkan, mungkin kamu akan tercengang ketika tahu identitas sebenarnya dari Victorique de Blois.

2. Danganronpa (2013)

Selain anime, Danganronpa juga diadaptasi menjadi sebuah game

Kejadian buruk menimpa sekumpulan anak SMA yang mendapati diri mereka terkurung di dalam sebuah sekolah. Tanpa alasan yang jelas dan tak ada jalan keluar. Satu-satunya cara untuk selamat adalah mereka harus membunuh satu sama lain. Aturannya, kamu harus bisa membunuh orang lain tanpa ketahuan. Jika ketahuan, kamulah yang akan mati.

Di awal-awal mereka memang tidak berpikiran untuk saling bunuh. Tapi, karena keadaan yang memaksa akhirnya mulai muncul rencana pembunuhan dari setiap siswa. Hal yang buruk pun semakin terjadi.

3. Detective Kindaichi (1997)

Meski mesum dan malas, Kindaichi memiliki kepintaran di atas rata-rata dengan IQ 180

Hajime Kindaichi merupakan seorang siswa SMA yang terkenal malas dan mesum. Tapi, dibalik semua itu dirinya punya tingkat kecerdasan di atas rata-rata manusia pada umumnya. Usut punya usut ternyata kecerdasan yang dimiliki Kindaichi ini didapatkan dari kakeknya yang tidak lain adalah seorang detektif. Dengan kecerdasannya tersebut, Kindaichi dituntut untuk memecahkan banyak kasus.

4. Kuroshitsuji (2008)

Awal mula pertemuan Ciel dengan Sebastian

Tak hanya bermodalkan unsur detektif, Kuroshitsuji atau yang lebih dikenal dengan Black Butler juga memiliki unsur misteri dan supernatural. Sang karakter utama, Ciel Phantomhive diceritakan membuat perjanjian dengan seorang iblis. Perjanjian tersebut membuat adalah sang iblis akan menjadi pelayan setia Ciel, dan setelah tujuannya tercapai, jiwa Ciel harus diberikan kepada si iblis.

Meski begitu, perjanjian tersebut membuat Ciel memiliki sosok pelayan yang sempurna. Ia bernama Sebastian Michaelis. Mereka berdua pun selalu terlihat bersama untuk memecahkan kasus demi kasus yang ada. Pokoknya cerita di anime ini sangat menarik untuk diikuti.

5. Boku dake ga Inai Machi (2016)

Satoru membongkar apa yang terjadi pada Kayo Hinazuki

Satoru Fujinuma adalah seorang laki-laki biasa yang dianugerahi kemampuan 'revival'. Kemampuan tersebut memungkinkan Satoru untuk memutar kembali waktu yang sering ia gunakan untuk mencegah suatu kejadian, misal kecelakaan.

Suatu ketika Satoru mendapati bahwa ibunya mati terbunuh saat pulang sekolah. Demi untuk mencari tahu siapa pembunuh ibunya, Satoru memutar kembali waktu. Namun, ternyata dirinya malah kembali ke masa 18 tahun yang lalu dimana dirinya masih SD. Berawal dari sini Satoru mulai menemukan kepingan-kepingan misteri yang selama ini tidak ia ketahui.

6. Detective School Q (2003)

Kyuu membentuk kelompok detektif bersama empat temannya

Mengisahkan seorang remaja bernama Kyuu yang punya cita-cita jadi detektif. Untuk mengejar impiannya tersebut, Kyuu memutuskan masuk ke sekolah detektif DDS (Dan Detective School). Di sekolah ini Kyuu mulai menemukan teman-temannya:

  • Megu, gadis dengan ingatannya yang kuat
  • Kazuma, seorang programmer
  • Kinta, master bela diri
  • Ryuu, seorang yang misterius

Bersama kemmpat temannya tersebut, Kyuu mulai memecahkan kasus demi kasus kriminal yang terjadi.

7. Another (2012)

Mengungkap kematian misterius yang beruntun terjadi

Cerita bermula ketika ada seorang murid baru bernama Kouichi Sakakibara. Sejak pertama masuk sekolah, Sakakibara mulai merasakan hal janggal di sekolah tersebut. Terutama kepada seorang gadis yang selalu diam dan duduk di pojokan dekat jendela. Namanya Misaki Mei.

Singkat cerita mereka berdua kemudian berkenalan dan terjunlah Sakakibara ke dalam suatu masalah yang tak pernah ia duga sebelumnya. Sekolah yang dimasukinya ternyata menyimpan sebuah rahasia besar yang mengerikan. Bagaimana dia menghadapinya?

8. Ranpo Kitan: Game of Laplace (2015)

Yoshio Kobayashi dalam sebuah kasus mutilasi

Suatu hari Yoshio Kobayashi mendapati dirinya tiba-tiba terbangun di ruang kelas. Namun, ada yang membuatnya kaget saat terbangun. Dia mendapati dirinya sedang melihat mayat gurunya sendiri (dalam keadaan termutilasi) dengan kedua matanya.

Tak disangka-sangka, ternyata dia dijebak oleh orang yang tidak diketahui. Dari kejadian tersebut, semua orang pun menjatuhkan tuduhan kepada Kobayashi. Dia pun ditangkap dan diselidiki. Tentu saja ia tak tinggal diam. Kobayashi bersama teman-temannya yang lain berusaha memecahkan kasus dan menemukan siapa pelaku dibalik pembunuhan tersebut.

9. Detective Conan (1996)

Alasan kenapa tubuh Shinichi Kudo menjadi kecil

Detective Conan menjadi sebuah anime legendaris yang mengusung tema detektif. Hampir semua orang selalu condong ke Conan untuk urusan anime detektif. Tapi, ini anime memang bagus sih.

Menceritakan tentang seorang detektif jenius bernema Shinichi Kudo yang selalu membantu kepolisian dalam memecahkan deretan kasus kriminal yang terjadi. Suatu ketika saat dirinya sedang melakukan pengintaian, saat ia lengah Kudo diserang dari belakang oleh orang tak dikenal. Orang terebut kemudian meminumkan semacam ramuan kepada Shinichi yang membuat tubuh Shinici menyusut seperti anak SD.

Setelah kejadian tersebut, Shinichi pun berniat mencari tahu siapa dalang dibalik semua itu. Tentu saja juga untuk mengembalikan tubuhnya seperti semula. Shinichi pun kemudian tinggal bersama detektif Mouri dan bertemu dengan Ai Haibara. Mulai dari situlah Shinici terus memecahkan kasus demi kasus.

Detective Conan sendiri masih tayang saat artikel ini dibuat, 895 episode dan 21 movie.

10. Death Note (2006)

Perseteruan L dan Light dalam membongkar identitas satu sama lain

Ryuk sang shinigami yang bosan dengan rutinitasnya memutuskan menjatuhkan Death Note miliknya ke dunia manusia. Buku tersebut kemudian ditemukan oleh seorang anak laki-laki cerdas bernama Light Yagami. Bermodal rasa penasaran, Light mencoba menuliskan nama seorang penjahat di buku tersebut. Dan benar saja, penjahat itu mati.

Mulai dari situlah Light kemudian berkeinginan untuk membunuh semua penjahat yang ada di dunia ini dan menciptakan sebuah dunia baru tanpa ada orang jahat di dunia tersebut. Setelah beberapa waktu, pihak kepolisian mulai curiga kenapa banyak orang mati secara tiba-tiba. Namun, karena keterbatasan mereka, kepolisian akhirnya meminta bantuan kepada seorang detektif bernama Lawliet atau yang lebih akrab dipanggil 'L'.

Terjadilah perang (adu kecerdasan) antara Light dan L untuk membongkar identitas satu sama lain. Kamu akan melihat banyak sekali adegan yang membuatmu kagum, cerita di anime ini sungguh bisa dikemas dengan baik. Sampai saat ini, saya masih menganggap Death Note sebagai anime misteri terbaik.

Itulah 10 rekomendasi anime detektif terbaik dengan cerita yang menegangkan. Adakah yang sudah kamu tonton?