7 Dosa Besar yang Ada di Anime Fullmetal Alchemist dan Nanatsu no Taizai

7 dosa mematikan di dunia

Buat kamu yang sudah nonton anime Fullmetal Alchemist dan Nanatsu no Taizai pastilah sudah tidak asing dengan istilah ini. Ya, 7 dosan besar/pokok. Dikatakan 7 dosa tersebut adalah dosa utama yang mampu memicu dosa-dosa lainnya. Misal kamu marah, mungkin saja di kemudian hari kamu mendendam atau bahkan membunuh. Paham kan?

Read More! 10 Rekomendasi Anime Action Terbaik

Di kedua anime tersebut, istilah 7 dosa besar digunakan untuk mewakili setiap karakter yang muncul di anime. Setiap orang mewakili 1 dosa, dengan kata lain kepribadiannya akan menyesuaikan dari dosa mereka. Berikut ketujuh dosa besar tersebut:

1. Pride (Sombong)

Sombong membuat manusia merasa angkuh

Kesombongan adalah sebuah hasrat manusia yang berlebihan atas dirinya sendiri. Dengan kata lain menganggap bahwa dirinya adalah yang terbaik atau selalu merasa lebih tinggi dari siapapun. Orang yang sombong cenderung memiliki sifat yang angkuh dan tidak percaya kepada orang lain. Dikatakan bahwa sombong merupakan awal dari segala dosa.

2. Greed (Tamak)

Tamak menjadikan orang gila harta

Tamak atau serakah adalah sebuah keinginan atas harta yang berlebihan. Seluruh hidup orang tamak bahkan hanya digunakan untuk menumpuk harta. Merasa bahwa kepuasan utama dari kehidupan adalah kekayaan. Mereka yang tamak cenderung hanya mau melakukan sesuatu kalau ada hasilnya (uang) dan cenderung susah memberi.

3. Envy (Iri Hati)

Perasaan iri muncul ketika seseorang merasa cemburu dengan orang lain

Iri adalah suatu perasaan tidak terima atau cemburu kepada orang lain yang dirasa lebih baik dari dirinya sendiri, dalam hal apapun. Iri hati dapat menimbulkan kedengkian, fitnah, atau hujatan yang berujung kepada kejahatan.

4. Wrath (Marah)

Marah dapat memicu dendam yang berujung pada pembunuhan

Marah biasanya dipicu karena seseorang merasa kesal atau tidak terima dengan perlakuakn orang lain terhadap dirinya. Bisa juga karena dia merasa apa yang selama ini dia kerjakan tidak membuahkan hasil yang kemudian memicu kemarahan dalam dirinya.

5. Lust (Hawa Nafsu)

Nafsu adalah musuh manusia yang paling sulit dikendalikan

Nafsu memang suatu hal yang sangat sulit dikendalikan, karena memang hawa nafsu adalah sesuatu yang sulit dikontrol. Seseorang yang tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya kemungkinan besar akan terjerumus ke dalam suatu dosa yang semakin besar, entah itu perselingkuhan, pemerkosaan, atau perzinaan.

6. Gluttony (Rakus)

Orang yang rakus akan terus merasa lapar

Kerakusan disini merupakanhasrat yang berlebihan tentang makanan. Orang yang rakus cenderung selalu ingin makan dan makan lagi. Bahkan bisa dikatakan bahwa makan adalah hobinya, apapun yang dilakukannya selalu tak pernah lepas dari makanan.

7. Sloth (Malas)

Sifat malas membuat manusia tidak produktif dalam hidupnya

Setiap orang pastilah punya rasa malas di dalam dirinya, hanya tinggal bagaimana mengendalikan rasa malas tersebut. Malas disini berarti tidak melakukan sesuatu. Setiap hidupnya selalu dihabiskan dengan bersantai, tanpa melakukan apapun yang berarti. Malas ini dikategorikan menjadi dosa besar karena membuat seseorang tidak produktif. Bahasa kasarnya sih 'hidupnya gak guna'.

Itulah 7 dosa besar yang selama ini kita kenal. Jangan sampai ada di dalam dirimu, ya!