Kenapa Karakter Utama di Anime Sering Duduk Dekat Jendela?

- November 26, 2017
haruhi adalah 'Tuhan' yang permintaannya harus dituruti

Bagi kamu yang menyadarinya, mungkin juga pernah bertanya-tanya tentang hal ini. Kenapa sih karakter utama dalam anime selalu memilih bangku dekat jendela. Biasanya sih pojok kiri dan paling belakang. Iya kan? Kebanyakan anime bergenre school, atau paling tidak ada unsur sekolahnya selalu menjadikan bangku dekat jendela sebagai tempat duduk sang karakter utama.

Kira-kira kenapa, ya? Berikut 5 alasan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran kamu.

1. Lebih Fokus ke Karakter Utama

Poin ini mengacu pada sudut pandang, memang akan lebih mudah memfokuskan scene si tokoh utama jika ia berada di pojok dekat jendela. Tempat ini tentu tempat yang paling strategis dari segi pengambilan gambar. Adegan bisa tetap fokus ke tokoh utama tanpa perlu terganggu dengan tokoh lain yang tidak begitu penting.

2. Lebih Efisien dalam Penggambaran

suasana kelas di anime k-on

Berbeda jika penempatan sang karakter utama berada di depan atau di tengah kelas, tentu hal ini akan membuat sang mangaka bekerja dua kali lipat karena harus menggambar objek lain di sekelilingnya. Berbeda jika karakter tersebut ditempatkan di pojok paling belakang, tentunya seorang mangaka akan lebih dimudahkan dalam penggambaran karena bisa fokus dan tidak perlu terlalu mempedulikan objek lain.

Tapi bukan berarti tidak ada anime yang menempatkan karakter utamanya di tengah. Prison School menempatkan Kiyoshi di paling tengah yang dikelilingi cewek-cewek dan Chuunibyou menempatkan Rikka di depan kelas.

3. Menggambarkan Emosi yang Lebih Kuat

Beberapa karakter diceritakan memiliki hidup atau masa lalu yang kelam yang membuat mereka menyediri bahkan selalu larut dalam kesedihan. Untuk menuangkan emosi yang kuat kepada karakter yang bersangkutan tentu bukan perkara mudah.

Namun, hal ini paling tidak bisa diakali dengan memberikannya bangku paling belakang. Dengan duduk di pojokan sambil menatap jendela dengan muka murung sudah cukup membuat emosi karakter tersebut tersampaikan kepada penonton. Bener gak?

4. Menatap Orang Lain yang Disukai

Fakta lain kenapa bangku paling belakang menjadi tempat favorit karakter utama dalam anime tidak lain adalah untuk memberinya ruang menatap lawan jenis yang disukainya. Adegan seperti ini sudah sangat familiar di anime bergenre romance. Mulanya si karakter akan menatap lawan jenis yang disukainya, perkara cintanya diterima atau tidak itu tergantung mangakanya.

5. Mengetahui Kejadian di Luar Kelas

light adalah murid pintar yang sangat membenci kriminalitas

Untuk mengawali sebuah cerita, seorang mangaka memiliki caranya tersendiri. Salah satunya adalah karakter utama yang melihat keluar jendela untuk 'melihat' sesuatu. Melihat disini nantinya akan berlanjut ke sebuah cerita yang menjadi awal keseluruhan anime. Ya, bisa dibilang sebagai adegan pembuka. Misalnya Light Yagami yang melihat keluar jendela dan melihat sebuah buku (Death Note) milik Ryuk jatuh dari langit.

Baca juga: 5 Live Action yang Sukses di Pasaran

Itulah 5 alasan kenapa tempat duduk favorit karakter utama selalu di dekat jendela. Ada tambahan mungkin? Tulis di komentar, ya!

 

Start typing and press Enter to search