5 Aturan yang Harus Ditaati Siswi Jepang Saat di Sekolah, Salah Satunya Pakai Rok Mini!

- Agustus 01, 2017
cewek jepang di sekolah

Jepang adalah salah satu negara maju yang sukses mengembangkan negaranya sampai seperti sekarang. Padahal dulunya Jepang merupakan negara yang hancur sejak kejadian bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Hal pertama yang dilakukan kala itu adalah mengutamakan pendidikan bagi semua warga Jepang. Dan benar, akhirnya Jepang berhasil menjadi salah satu negara maju yang tumbuh pesat, meskipun dengan jumlah penduduk yang terbilang tinggi.

Ada salah satu hal unik yang ada dalam pendidikan di Jepang. Disana, siswi dilarang menggunakan celana dalam saat sekolah dan wajib menggunakan rok mini. Wow! Ya, tentunya ini berlaku untuk gadis, namun alasan apa yang mendasari peraturan tersebut juga tidaklah jelas. Selain itu, sekolah di Jepang juga punya beberapa peraturan dan fakta unik, lho. Apa saja?

1. Dilarang Pakai Celana Dalam

rok mini tanpa celana dalam
Foto: pinterest.com
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, siswi di Jepang itu dilarang pakai celana dalam saat ke sekolah. Entah alasan apa yang mndasari aturan ini juga tidak ada yang tahu pasti. Padahal siswi Jepang kalau ke sekolah pakai rok mini, lho. Ya, mau bagaimana lagi, aturan tetap aturan.

2. Tidak Diperbolehkan Membawa Tas

Tas hanya boleh dibawa untuk mereka yang sedang dalam masa orientasi (MOS kalau di Indonesia) dan untuk murid yang akan lulus sekolah. Selain itu, tidak diperbolehkan bawa tas. Mereka hanya disuruh membawa satu buku yang dijinjing.

3. Tidak Boleh Pacaran

Meskipun Jepang menjadi salah satu negara dengan produksi 'film panas' tertinggi, nyatanya mereka yang masih mengenyam bangku sekolah dilarang keras berpacaran, terutama saat di sekolah. Hal ini bertujuan agar siswa lebih fokus saat menerima pelajaran di sekolah. Hal-hal yang berbau romantis juga dilarang, lho. Benar-benar ketat pokoknya.

4. Dilarang Menggunakan Sepatu Hak Kayu

Aturan ini semata-mata dibuat untuk keselamatan siswi sendiri. Hak kayu dianggap 'tidak aman' karena bisa saja sewaktu-waktu berkemungkinan untuk patah. Jadi, untuk menghindari masalah seperti kaki yang terkilir akibat terjatuh, dibuatlah aturan yang melarang menggunakan sepatu dengan hak kayu.

5. Memakai kaos kaki Setinggi Lutut

rok mini dengan kaos kaki panjang
Foto: pinterest.com
Selain menggunakan rok mini, siswi di sekolah Jepang juga diwajibkan untuk memakai kaos kaki setinggi lutut atau di atas lutut mereka. Hal ini nampaknya untuk memberikan keserasian dengan rok mini yang digunakan. Kebanyakan siswa di negara lain yang menggunakan rok mini, biasanya kaos kaki yang digunakan juga panjang bukan? Aneh rasanya kalau rok mini dipadukan dengan kaos kaki yang pendek.
Itulah 5 aturan yang harus ditaati setiap siswi yang bersekolah di Jepang. Perhatian utama pasti tertuju pada seragam sekolah Jepang yang unik (rok mini tanpa celana dalam). Ya, mungkin itu memang sudah aturan atau hal biasa disana, mengingat budaya mereka tentu beda jauh dengan negara kita.

 

Start typing and press Enter to search