10 Rekomendasi Anime Sport Terbaik, Penuh Semangat dan Solidaritas

anime balap sepeda

Salah satu keunggulan dari anime adalah memiliki banyak sekali pilihan genre yang bisa ditonton. Percayalah, semua genre mungkin bisa dikatakan ada di anime. Sesuai judul, di artikel ini saya akan membahas tentang tema sport atau olahraga.

Anime sport bisa dikatakan sebagai genre yang tidak pernah membosankan untuk ditonton. Hal itu dikarenakan anime genre sport biasanya mengajarkan tentang semangat juang dalam menggapai mimpi. Di anime sport kamu juga akan menemukan arti dari sebuah persahabatan dan solidaritas.

Berikut 10 rekomendasi anime sport terbaik versi Kabar Anime.

1. Haikyuu!! (2014)

anime voli

Berkisah tentang Shoyo Hinata, seorang anak laki-laki yang ingin menjadi pemain voli terhebat. Sayang, dirinya sering diremehkan karena tinggi badannya yang dianggap kurang alias pendek. Namun, Hinata tak pernah menghiraukan perkataan miring dari orang lain. Dirinya terus berlatih dan berlatih demi mencapai mimpinya tersebut.

Mulailah dia bergabung dengan tim voli SMA Karasuno. Nah, disinilah langkah awal Hinata dimulai. Dia mulai menemukan teman-teman yang mendukungnya. Terus berlatih bersama dan mengikuti berbagai turnamen demi satu tujuan, menang!

2. Slam Dunk (1993)

anime basket

Sakuragi Hanamichi awalnya adalah seorang yang tidak tertarik dengan basket. Dirinya juga selalu gagal dalam percintaan, bahkan Hanamichi memiliki rekor 50 kali ditolak wanita. Miris, ya?

Namun, semua itu berubah ketika dia masuk SMA. Disana Hanamichi menyukai seorang wanita bernama Haruko Akagi yang ternyata sangat menyukai olahraga basket. Mulai dari sini, Hanamichi langsung terjun ke dunia basket demi untuk mengejar cinta Akagi.

Meski terdengar ada unsur cinta, genre utama anime ini tetap olahraga kok. Bahkan, bisa dibilang Slam Dunk adalah anime sport yang begitu populer di jamannya.

3. Eyeshield 21 (2005)

anime american football

Deimon Devil Bats adalah sebuah klub olahraga american football. Diceritakan klub ini tidak diminati, hanya ada dua orang yang masih bertahan, yaitu Hiruma dan Kurita. Sampai suatu ketika ada seorang murid baru bernama Sena Kobayakawa.

Sena merupakan seorang anak penakut yang sering di-bully. Di hari pertamanya sekolah, dia langsung menjadi bulan-bulanan 3 orang preman di sekolahnya. Namun, Sena dapat lolos dari kejaran preman tersebut karena mampu berlari dengan cepat.

Read More! Alasan Orang Jepang Jalannya Cepat

Melihat potensi dari Sena, Hiruma pun langsung merekrut paksa Sena untuk bergabung ke klub american footbal. Awalnya, dia memang masih takut dan terlihat 'tak berguna' saat bertanding. Namun, seiring berjalannya waktu Sena menyadari bakat yang ada di dalam dirinya dan terus diasah. Mulai dari situ, Sena menjadi pemain andalan Devil Bats dengan penutup mata dan nomor punggung 21.

4. Air Gear (2006)

anime sepatu roda

Jika kalian masih ingat, Air Gear dulu pernah tayang di TV Indonesia. Unsur olahraga di anime ini adalah sepatu roda. Namun, bukan sepatu roda biasa, melainkan sepatu roda mekanik yang memiliki gas dan rem.

Cerita utama di anime ini berfokus pada Minami Itsuki yang ingin mennjadi pesepatu roda terhebat. FYI, di anime ini ada beberapa adegan ecchi yang mungkin cenderung kurang cocok dengan genre sport. Ya, lumayanlah sekali-sekali untuk refreshing.

5. One Outs (2008)

anime bisbol

Lycaons adalah salah satu tim baseball lemah yang selalu mendapat peringkat bawah di setiap pertandingan. Untuk membuat tim lebih kuat, Kojima pergi ke kamp pelatihan di Okinawa. Disana ia bertemu dengan Toua Tokuchi, seorang pitcher terkenal yang mengklaim dirinya tak terkalahkan.

Singkat cerita, Toua dikontrak oleh tim Lycaons. Kontrak tersebut menggunakan sistem 'One Outs', dimana setiap kali Lycaons memperoleh kemenangan, Toua akan diberi imbalan sebesar 1 juta yen. Sebaliknya, jika Toua tidak bisa membawa Lycaons kepada kemenangan, dirinya harus membayar 50 juta yen kepada manajer Lycaons.

6. Kuroko no Basuke (2012)

anime basket

Bisa dikatakan Kuroko no Basuke adalah anime yang mengangkat dan mempopulerkan kembali tema basket. Apa yang membuat anime ini bagus ialah penyampaian cerita dan perkembangan karakternya yang kompleks. Jalan ceritanya juga tidak membingungkan dan asik diikuti.

Kamu akan melihat Kuroko, seorang yang tidak punya keahlian basket, bahkan dirinya memiliki fisik yang bisa dibilang tidak cocok bermain basket. Satu-satunya kelebihan yang dimiliki Kuroko ialah passing, dengan kata lain ia adalah pemain yang ahli melakukan operan.

Peran Kuroko di anime ini tidaklah sentral, melainkan pemain bayangan yang bertugas membawa tim menuju kemenangan.

7. Captain Tsubasa (1983)

anime sepak bola

Kalu bertanya tentang anime sepakbola terbaik mungkin Captain Tsubasa adalah jawaban yang tapat. Sejak awal dirilis, anime ini langsung memiliki hati di para penggemarnya. Saking populernya, Captain Tsubasa juga pernah diputar di TV Indonesia di tahun 90an. Kalau kamu lahir di tahun tersebut pasti tahu.

Bercerita tentang Tsubasa Ozora, seorang laki-laki muda yang sangat mencintai sepak bola dan memiliki cita-cita untuk bermain di tim kelas dunia. Perjalannya dimulai ketika masuk ke Nankatsu, kala itu Tsubasa mampu membangkitkan Nankatsu yang notabene dianggap sebagai tim sepakbola yang buruk.

Waktu demi waktu berlalu, Tsubasa kemudian mulai menemukan teman-temannya dan memiliki tim sendiri. Dia juga punya pelatih bernama Roberto Carlos yang senantiasa membimbing Tsubasa untuk bisa bermain lebih baik dan lebih baik lagi. FYI, Tsubasa akan di-reborn tahun 2018 ini.

8. Yowamushi Pedal (2013)

anime balap sepeda

Onoda Sakamichi merupakan seorang otaku yang tidak memiliki banyak teman. Akhirnya, setelah masuk SMA, Onoda memutuskan untuk bergabung ke klub anime. Sayang, impiannya harus kandas manakala klub anime di sekolah-nya dibubarkan. Tak menyerah, Onoda berusaha membangun klub anime sendiri. Tapi, usahanya juga gagal total.

Lain halnya dengan Onoda, Imaizumi Shunsuke dan Naruko Shoukichi merupakan pesepada berbakat yang tergabung ke dalam klub sepeda. Mereka berdua memiliki tujuan untuk menang di Road Race Interhigh.

Singkat cerita, Imaizumi dan Naruko tidak sengaja melihat Onoda bersepeda dengan kecepatan tinggi. Mengetahui potensi yang dimiliki Onoda, Imaizumi dan Naruko pun merekrut Onoda untuk bergabung ke klub sepeda.

9. Ballroom e Youkoso (2017)

anime ballet

Dalam perjalanan pulangnya dari sekolah, Tatara Fujita diganggu oleh sekelompok preman yang ingin merampok Tatara. Beruntung dia dapat selamat karena ditolong oleh Kaname Sengoku. Dari pertemuannya tersebut, Kaname tertarik mengajak Tatara untuk bergabung ke Ogawara Dance Studio. FYI, Kaname Sengoku adalah seorang penari ballet profesional.

Meski agak terpaksa, Tatara akhirnya menerima ajakan Kaname. Tatara kemudian mulai mengambil pelatihan dan mulai terjun lebih dalam ke dunia ballet.

10. Keijo!!!!!!!! (2016)

anime adu bokong

Boleh dibilang delapan tanda seru yang ada di judul tersebut menandakan anime ini penuh dengan sesuatu yang mendebarkan. Hal itu karena olahraga yang diangkat di anime ini tergolong unik dan lain dari yang lain.

Keijo sendiri adalah olahraga dimana dua orang atau lebih akan berduel (seperti gulat) di atas arena yang terletak di atas air. Aturannya simpel, siapa yang bisa menjatuhkan lawannya ke dalam air akan dianggap sebagai pemenang. Namun, mereka harus menggunakan 'dada' dan 'bemper' mereka untuk menjatuhkan lawannya.

Itulah 10 rekomendasi anime sport terbaik yang bisa kamu tonton. Punya rekomendasi lain? Silahkan tambahkan di kolom komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.