9 Penyandang Inisial 'D' di One Piece

Silsilah keluarga Luffy

Inisial D di anime One Piece memang masih menjadi sebuah rahasia yang belum terpecahkan sampai sekarang. Konon, tekad D ini sudah ada sejak 900 tahun yang lalu. Sering disebut sebagai 'abad yang hilang' atau Void Century.

Masih sedikit sekali fakta yang bisa digali dari inisial D, termasuk arti dari nama tersebut. Yang jelas, para pewaris nama D memiliki sebuah pengaruh besar untuk merubah dunia. Atau setidaknya dia adalah orang yang memiliki peran penting. Sebut saja Gol D. Roger yang notabene adalah raja bajak laut. Roger juga mengaku mengetahui semua rahasia yang ada di dunia ini, rahasia itu ia tuliskan ke dalam Rio Poneglyph yang ditinggalkannya di Raftel.

Sebelum dieksekusi, Roger juga mengumumkan bahwa ia meninggalkan semua hartanya di Raftel. Mulai saat itulah era bajak laut dimulai, semua orang berbondong-bondong menuju Grand Line untuk mendapatkan harta karun peninggalan Roger. Sejak saat itu juga para penyandang inisial D mulai bermunculan.

Sejauh ini sudah ada 9 orang penyandang inisial D yang terungkap. Siapa saja mereka?

1. Monkey D. Luffy

Luffy adalah kapten bajak laut topi jerami

Luffy adalah sang karakter utama di anime One Piece. Meski sering bertingkah konyol dan ceroboh, Luffy merupakan pribadi yang berpendirian kuat dan tak gampang menyerah. Dirinya juga bercita-cita menjadi raja bajak laut selanjutnya. Luffy juga merupakan penyandang gelar D yang pertama kali diungkapkan dalam cerita.

2. Monkey D. Dragon

Dragon adalah ketua dari organisasi Revolusi yang menentang pemerintah dunia

Dragon adalah ketua dari kelompok Revolusioner di One Piece. Dirinya memiliki banyak pasukan dan anak buah yang bekerja di bawahnya. FYI, Dragon juga merupakan ayah dari Luffy. Sampai sekarang sosok dan kekuatan Dragon masih terbilang misterius karena memang jarang sekali muncul. Namun, kemunculan Dragon selalu identik dengan gemuruh petir dan perubahan cuaca yang drastis. Hal ini membuat banyak fans berasumsi bahwa Dragon merupakan pemakan buah iblis dengan kemampuan mengendalikan cuaca.

3. Monkey D. Garp

Garp adalah orang yang mengasuh Luffy dan Ace sejak kecil

Masih di keluarga 'Monkey', Garp adalah ayah dari Dragon dan kakek Luffy. Namun, berbeda dengan anak dan cucunya yang menentang pemerintah, Garp justru bekerja untuk angkatan laut. Dia menduduki posisi Vice Admiral di Marine, posisi itu setingkat di bawah 3 admiral angkatan laut. Sebenarnya Garp sudah sering mendapat tawaran untuk menjadi Fleet Admiral (posisi tertinggi di angkatan laut), hanya saja dirinya selalu menolak.

4. Gol D. Roger

Seluruh keluarga 'Gol' dibantai habis pemerintah dunia

Sering juga disebut sebagai Gold Roger. Dia adalah orang yang membangkitkan era bajak laut kembali. Roger juga mengklaim dirinya telah mengetahui semua rahasia di dunia ini, termasuk Void Century. Dia juga sudah membaca semua poneglyph yang ada dan membuat rangkumannya yang disebut Rio Poneglyph yang ia tinggalkan di Raftel.

5. Portgas D. Rogue

Rogue adalah orang yang melahirkan Ace ke dunia

Meski bukan karakter yang vital, Rogue ini memiliki peran yang cukup penting. Dia adalah istri dari Roger. Setelah menikah, mereka berdua dikaruniai seorang anak yang saat ini kita kenal dengan nama Portgas D. Ace. Sebenarnya awalnya Ace menggunakan nama dari ayahnya, yaitu Gol D. Ace. Namun, untuk melindungi Ace dari kejaran pemerintah dunia, Roger dan Rogue kemudian mengganti nama Ace menjadi Portgas D. Ace (menggunakan marga ibunya).

6. Portgas D. Ace

Setelah lama berkelana sendiri, Ace memutuskan untuk bergabung dengan bajak laut Shirohige

Sosok yang dikenal sebagai kakak Luffy ini adalah orang yang sangat dikagumi banyak orang. Dirinya bahkan diangkat menjadi komandan divisi 2 bajak laut Shirohige. Hal tersebut membuktikan bahwa Ace memiliki peran yang penting dalam hal kekuatan dan lainnya. Walau akhirnya Ace tetap harus mati di pertempuran besar dengan angkatan laut.

7. Jaguar D. Saul

Saul rela mati untuk melindungi Robin karena menganggap dirinya akan merubah dunia di masa depan

Jaguar D. Saul sebelumnya merupakan seorang Vice Admiral sama seperti Garp. Namun, karena suatu alasan dia memilih untuk meninggalkan Marine. Saul sendiri adalah seorang bangsa raksasa, diketahui dirinya berteman baik dengan Nico Robin. Saat Gorosei memberikan perintah meluncurkan Buster Call untuk menghancurkan Ohara, Jaguar D. Saul bahkan rela menghilangkan nyawanya untuk melindungi Robin. Dia mati di tangan Aokiji.

8. Trafalgar D. Water Law

Law adalah kapten bajak laut 'Love' dan salah satu dari 11 Supernova (worst generation)

Law sendiri pertama kali diperlihatkan saat SHP kru tiba di Sabaody. Sama seperti Luffy, Law juga masuk ke dalam 11 Supernova (generasi terburuk) dengan harga buronan di atas 100 juta berry. Kekuatan yang dimiliki Law juga tidak sembarangan, dia mewarisi kekuatan dari buah Ope-Ope no Mi yang membuatnya dijuluki sebagai 'dokter bedah iblis'.

9. Marshall D. Teach

Teach adalah satu-satunya orang yang mampu mengendalikan dua buah iblis sekaligus, yaitu yami yami no mi dan gura gura no mi

Awalnya Teach merupakan salah satu anggota di bajak laut Shirohige. Kala itu dirinya adalah pribadi yang baik. Namun, ternyata ada sebuah rencana jahat yang ia sembunyikan, yaitu mencuri buah iblis Yami Yami no Mi. Sukses menjalankan rencananya, Teach kemudian berkhianat dan membentuk kelompok bajak laut sendiri dengan merekrut para buronan kelas kakap yang dipenjarakan di Impel Down.

Jika diperhatikan, para pewaris tekad D ini adalah kumpulan orang yang memiliki peran penting dalam cerita. Yang jelas, mereka adalah para orang yang memiliki andil besar dalam merubah dunia ini.