Sejarah Klan Otsusuki dan Perannya dalam Anime Naruto

silsilah klan otsusuki

Bisa dibilang klan Otsusuki adalah tonggak dari cerita Naruto. Ya, karena emang semua berawal dari klan ini, atau tepatnya Kaguya Otsusuki. Awalnya Kaguya memakan buah dari pohon Shinju yang membuatnya memiliki chakra di atas rata-rata dari semua shinobi. Kemampuannya ini membuat Kaguya mampu menghentikan peperangan yang sedang terjadi kala itu.

Tahukah kamu bahwa teknik boneka yang ada selama ini adalah ciptaan dari klan Otsusuki. Teknik ini mengandalkan chakra yang dialirkan ke tali atau disebut benang chakra untuk mengendalikan boneka itu sendiri. Shinobi yang terkenal menggunakan jurus ini adalah anggota akatsuki, Sasori dan Kankuro yang merupakan adik dari Kazekage ke-5, Garaa. Klan Otsusuki juga merupakan penemu dari 3 jutsu mata terkuat yaitu Sharingan, Byakugan, dan Rinnegan.


kaguya membangkitkan mugen tsukuyomi

Klan Otsusuki jugaa terkenal dalam menggunakan beberapa teknik Fuinjutsu (jutsu segel). Kita tahu bahwa klan Uzumaki merupakan klan yang dikenal ahli menggunakan berbagai macam jutsu segel. Tapi, lama sebelum itu semua klan Otsusuki sudah lebih dulu menguasainya. Salah satu Fuinjutsu yang diciptakan klan Otsusuki adalah Chibaku Tensi yang digunakan Pein untuk menghancurkan Konoha.

Singkat cerita, Kaguya kemudian melahirkan dua anak yaitu Hagoromo dan Hamura. Hagoromo sendiri adalah orang yang kita kenal sebagak Rikudo Sennin. Sedangkan Hamura adalah sosok yang merupakan leluhur dari klan Hyuga.

Kaguya pun berniat menggunakan Mugen Tsukuyomi untuk mengubah umat manusia menjadi Zetsu putih. Namun, rencana ini dapat digagalkan berkat Hagoromo dan Hamura yang berhasil menyegel Kaguyan yang sudah dalam bentuk Juubi ke bulan. Hagoromo kemudian memecah chakra Juubi menjadi 9 bagian dan terciptalah 9 bijuu. Di saat-saat terakhir, Kaguya pun menciptakan Zetsu hitam untuk meneruskan rencana Kaguya membangkitkan Mugen Tsukuyomi.

9 bijuu dalam anime naruto

Setelah kejadian tersebut, Hagoromo kemudian membuat catatan yang disembunyikan di kuil Naka yang terletak di Konoha. Sayangnya, Zetsu hitam berhasil menemukan catatan tersebut dan merubah isinya untuk memanipulasi Madara agar membangkitkan Kaguya kembali sampai terjadilah perang besar tiada henti yang sekaligus menjadi akhir dari cerita Naruto.

Jika ditelisik, inti dari cerita Naruto sendiri terletak pada Zetsu yang berusaha membangkitkan ibunya kembali (Kagutya Otsusuki) demi meneruskan tujuan ibunya yang belum tercapai. Untuk itulah dia memanipulasi banyak orang seperti Madara Uchiha dan Obito Uchiha hingga membentuk Akatsuki dengan tujuan mengumpulkan 9 bijuu dan membangkitkan Juubi serta Kaguya Otsusuki sendiri.

Itulah penjelasan singkat tentang sejaran klan Otsusuki. Jika ada yang kurang, silahkan share pendapat kalian di kolom komentar, ya!