Apa Itu Busoshoku, Kenbunshoku, dan Haoshoku Haki?

apa itu haki?

Haki adalah sebuah kekuatan misterius di dalam anime One Piece. Bisa dibilang semua orang memiliki kekuatan Haki dalam dirinya, hanya saja tidak semua orang punya potensi untuk menguasainya.

Istilah Haki sebenarnya sudah diperlihatkan sejak episode awal One Piece dimana saat itu Shanks menyelamatkan Luffy yang akan dimakan monster laut. Dengan tatapan tajamnya, Shanks mampu membuat monster tersebut ketakutan dan kemudian pergi. Hanya saja saat itu belum dikenalkan apa itu Haki, jadi banyak fans menganggapnya sebagai kekuatan misterius.

Penggunaan Haki kembali diperlihatkan ketika memasuki arc Skypiea dimana Enel menggunakan Kenbunshoku Haki untuk memprediksi serangan yang diluncurkan Luffy kepadanya. Penjelasan Haki secara lengkap baru ditunjukkan oleh Rayleigh saat berada di tempat pelelangan manusia di pulai Sabaody.

Penjelasan dan Jenis Haki

Haki sendiri dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu Busoshoku, Kenbunshoku, dan Haoshoku Haki. Apa sih artinya?

1. Busoshoku Haki

bushosoku digunakan untuk mengeraskan bagian tubuh untuk memperkuat pertahanan dan serangan

Bushoshoku atau yang lebih sering disebut 'koka' adalah sebuah kekuatan pertahanan dimana penggunanya mampu mengeraskan bagian tubuhnya. Ingat scene dimana Luffy menghancurkan Pacifista hanya dengan satu pukulan saja? Saat itu Luffy menggunakan Busoshoku Haki yang dikombinasikan dengan Gear 2 dalam pukulannya, atau saat melawan Hody Jones di pulau manusia ikan.

Pengerasan bagian tubuh dapat dikontrol sesuka penggunanya. Bisa di tangan, kaki, kepala, atau bahkan seluruh tubuh. Hanya saja seringnya cuma digunakan di bagian tertentu saja yang saat itu dibutuhkan. Misal ingin memukul, berarti yang dikeraskan adalah tangan. Begitu seterusnya.

Penggunaan Busoshoku secara penuh baru sekali diperlihatkan oleh Vergo saat dirinya melawan Trafalgar Law di Punk Hazzard. Ya, walaupun dia tetap harus kalah oleh tebasan Law.

Pengguna Bushoshoku Haki:
  • Monkey D. Luffy
  • Monkey D. Garp
  • Vergo
  • Bellamy
  • Doquixote Doflamingo

2. Kenbunshoku Haki

kenbunshoku digunakan untuk memprediksi serangan lawan dan menghindarinya

Kenbunshoku adalah sebuah kekuatan yang memungkinkan penggunanya memprediksi serangan lawan. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kekuatan ini pertama kali digunakan oleh Enel melawan Luffy. Saat itu, Enel mampu menghindari seluruh tinju dari Luffy. Untuk mengatasinya, Luffy melakukan serangan yang diluncurkan secara acak agar tidak bisa diprediksi.

Tingkat kekuatan dari Kenbunshoku Haki ini tergantung dari seberapa jauh pengguna mengembangkannya. Sampai sekarang, Katakuri saya nobatkan sebagai pengguna Kenbunshoku Haki terkuat di One Piece. Dengan latihan yang intens, Katakuri mampu mengembangkan Kenbunshoku miliknya ke level yang lebih tinggi dimana dia bisa melihat sekilas masa depan.

Pengguna Kenbunshoku Haki:
  • Monkey D. Luffy
  • Charlotte Katakuri
  • Enel
  • Aisa
  • Rebecca

3. Haoshoku Haki

haoshoku digunakan untuk mengintimidasi lawan dan membuat mereka pingsan sesaat

Berbeda dari keduanya, Haoshoku adalah tipe Haki yang tidak dimiliki oleh semua orang. Hanya orang-orang terpilih yang mampu menggunakan kemampuan ini. Haoshoku Haki memiliki kekuatan untuk mengintimidasi lawannya. Itulah kenapa tipe ini sering disebut juga Haki Raja.

Mereka yang menguasai Haoshoku Haki bisa mengalahkan ribuan orang sekaligus dalam satu waktu. Jika kamu masih ingat arc Marineford dimana Luffy menyelamatkan Ace, disitu ada satu adegan yang menunjukkan Luffy menggunakan Haoshoku Haki.

Tidak sembarangan orang yang mampu menguasai kekuatan ini, hanya mereka yang memiliki semangat juang luar biasa saja yang mampu menggunakannya.

Pengguna Haoshoku Haki
  • Monkey D. Luffy
  • Silver Raileygh
  • Shanks
  • Portgas D. Ace
  • Boa Hancock

Bagaimana, sudah mengerti kan tentang apa itu Haki?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel