10 Rekomendasi Anime Mirip Tokyo Ghoul

rekomendasi anime mirip tokyo ghoul yang sama-sama menegangkan

Tokyo Ghoul adalah anime yang mengangkat tema action gore ini namanya mencuat sejak pertama kali tayang di tahun 2014. Menceritakan kisah seorang anak bernama Ken Kaneki yang harus hidup di antara dua dunia yang berbeda, manusia dan ghoul.

Awalnya Kaneki hanyalah manusia biasa, tapi semuanya berubah ketika dirinya bertemu dengan Rize yang ternyata merupakan ghoul dan ingin memangsa Kaneki. Singkat cerita, Kaneki berhasil selamat dari niat jahat Rize dan menjadi manusia setengah ghoul akibat organ tubuh Rize yang ditransplantasikan ke tubuh Kaneki untuk menyelamatkan hidupnya.

Anime ini sangat seru ditonton karena memiliki jalan cerita yang menarik dan membuat penasaran para penontonnya. Berikut saya rekomendasikan 10 anime mirip Tokyo Ghoul yang bisa kamu tonton juga:

1. Deadman Wonderland (2011)

Deadman Wonderland adalah penjara unik yang mengharuskan para narapidananya untuk bertarung satu sama lain

Dituduh membunuh temannya sendiri membuat Ganta Igarashi harus rela dijebloskan ke dalam penjara yang bernama Deadman Wonderland. Namun, berbeda dengan penjara pada umumnya, penjara ini memiliki sebuah aturan khusus dimana para narapidana harus melakukan duel satu sama lain dimana sang pemenang diperbolehkan mengambil organ tubuh musuhnya.

Sama seperti Kaneki, Igarashi merupakan seorang yang terpaksa melakukan sesuatu yang tidak ia inginkan. Unsur gore di anime ini juga sangat kental, seperti darah yang muncrat kemana-mana.

2. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu (2014)

Shinichi dan Migi bekerjasama melawan parasyte yang ingin menguasai bumi

Anime ini memiliki cerita unik dimana menceritakan parasit yang ingin menginvasi bumi. Mereka turun ke bumi dan mengambil alih tubuh manusia untuk dijadikan tempat tinggal. Nah, tubuh manusia itulah yang kemudian dikendalikan mereka untuk melakukan berbagai kejahatan, seperti membunuh manusia lainnya.

Sang karakter utama, Izumi Sinichi adalah seorang anak SMA yang juga termasuk target parasit ini. Namun, dirinya sedikit beruntung karena dapat mencegah parasit mengambil alih seluruh tubuhnya. Alhasil, hanya tangan kanannya saja yang diambil alih. Sejak saat itu, Sinichi malah berteman baik dengan parasit di tubuhnya. Dia bahkan memberikannya nama panggilan, yaitu Migi yang dalam bahasa Jepang berarti 'tangan kanan'.

Mereka berdua (Sinichi dan Migi) pun malah bekerjasama untuk membasmi parasit jahat lainnya yang mencoba menguasai bumi.

3. Hellsing (2001 | 2006)

Alucard adalah vampir bersenjatakan dual gun yang bertugas memburu vampir jahat

Anime ini berfokus pada Alucard, seorang vampir yang bekerja di bawah organisasi pembasmi vampir yang bernama Hellsing. Vampir kok jadi pembasmi vampir? Ya, karena Alucard bisa dibilang merupakan seorang anti-hero. Perannya mirip seperti Dante di anime dan game Devil May Cry.

Saat menjalankan misinya, Alucard bertemu dengan Seras Victoria, seorang gadis polisi yang disandra vampir. Dirinya pun kemudian menawarkan dua pilihan kepada Seras, mati atau hidup. Memilih untuk tetap hidup, Seras pun kemudian dijadikan vampir oleh Alucard. Mereka berdua kemudian bekerjasama memburu para vampir jahat.

4. Another (2012)

Menguak misteri kelamnya sekolah di anime Another

Pindah ke sekolah baru membuat hidup Kouichi Sakakibara berubah drastis. Sejak hari pertamanya di sekolah baru, Sakakibara sudah mulai menemukan kejanggalan yang berfokus kepada Mei Misaki, seorang gadis yang duduk di bangku pojok belakang dekat jendela.

Sakakibara merasa aneh karena hanya dirinya saja yang bisa melihat kehadiran Misaki. Saat dia bertanya ke teman lainnya, tidak ada satupun yang mengaku mengenal atau bisa melihat Misaki. Cerita pun semakin menegangkan ketika satu per satu murid mengalami kematian yang tidak wajar. Sebenarnya, apa yang terjadi?

5. Ajin: Demi-Human (2016)

Hidup Kei Nagai berubah drastis ketika mengetahui dirinya adalah Ajin

Ajin adalah sebutan lain untuk mahkluk abadi yang asal-usulnya pun masih menjadi misteri. Anime ini berfokus kepada seorang anak bernama Kei Nagai. Awalnya dia hidup normal seperti manusia pada umumnya. Namun, semuanya berubah saat dirinya ditabrak mobil. Anehnya, Kei tidak mati, dari situlah Kei sadar dirinya merupakan seorang Ajin.

6. Pupa (2014)

Utsutsu berjuang sekeras mungkin untuk menyelamatkan adiknya dari virus Pupa

Memiliki keluarga yang hancur dan seorang ayah yang jahat membuat hidup sepasang kakak beradik, Utsutsu Hasegawa dan Yume Hasegawa berantakan. Mereka berdua diterlantarkan dan kini hanya hidup bedua.

Di awal cerita, Yume tidak menyadari kalau dia terjangkit virus Pupa. Virus tersebut membuat orang yang terjangkit menjadi liar dan lepas kendali ketika melihat mahkluk hidup lainnya yang membuat diri seakan ingin memangsa mereka.

Utsutsu, sang kakak yang begitu menyayangi adiknya pun mencari cara untuk menyembuhkan Yume. Dia kemudian mencari Maria, seorang peneliti yang diklaim mengetahui rahasia tentang virus Pupa.

7. Elfen Lied (2014)

Seorang Duclonius bernama Lucy memberontak dan membunuh banyak manusia dengan kekuatannya

Di anime ini diperkenalkan istilah Diclonius, yaitu seorang manusia percobaan yang memiliki kelebihan dibandingkan manusia biasa pada umumnya. Lucy adalah salah satu Diclonius yang juga merupakan karakter utama anime ini. Dia berhasil kabur dari eksperimen jahat terhadap dirinya.

Dalam pelariannya, Lucy membunuh benyak orang yang menghalanginya. Mengerikannya, Lucy memiliki sebuah kekuatan yang memungkinkan dirinya memotong benda apapun bahkan manusia sekalipun sesuka hatinya.

8. Inuyashiki (2017)

Hidup Ichirou Inuyashiki berubah 180 derajat saat dirinya mendapatkan kekuatan super

Ichirou Inuyashiki adalah seorang kakek renta yang memiliki nasib kurang baik. Dirinya bahkan tidak dianggap lagi oleh keluarganya, penderitaannya makin bertambah manakala pria paruh baya tersebut divonis terkena penyakit jantung dan diklaim hidupnya tak lama lagi.

Namun, semuanya berubah drastis ketika ada sebuah kejadian tak terduga menimpa dirinya. Entah dari mana asalnya, tiba-tiba ada sebuah kilatan cahaya yang jatuh menuju sang kakek berada. Anehnya, Inuyashiki tidak mengalami luka sedikitpun di tubuhnya. Ia malah mendapatkan kekuatan dari peristiwa tersebut, tubuhnya menjadi semacam cyborg yang dilengkapi berbagai senjata hebat.

Kekuatannya tersebut digunakan sang kakek untuk menolong orang-orang di sekitarnya. Sampai pada akhirnya dia bertemu dengan Hiro Shishigami yang ternyata memiliki kekuatan aneh seperti dirinya. Bedanya, Hiro menggunakan kemampuannya tersebut untuk berbuat jahat dan membunuh orang lain untuk mendapat kesenangan.

9. Claymore (2007)

Clare dan para Claymore lainnya berjuang melawan Youma

Jika di Tokyo Ghoul ada Ghoul, mahkluk jahat di anime Claymore dikenal dengan sebutan Youma yang suka memburu manusia untuk dimakan organnya. Mereka bahkan bisa berubah wujud menyerupai manusia untuk berbaur kemudian memangsa mereka. Sangat mirip Tokyo Ghoul, bukan?

Untuk membasmi Youma, dibentuklah sebuah organisasi yang isinya adalah mahkluk setengah manusia dan setengah Youma. Mereka inilah yang dikenal sebagai Claymore atau Prajurit Bermata Putih. Clare (salah satu Claymore) pun berpetualang untuk memenuhi janjinya membunuh para Youma.

10. Shiki (2010)

Bagaimana jadinya jika kamu mati tiba-tiba karena sebuah penyakit?

Mengusung tema horror mystery, anime Shiki dipenuhi dengan teka-teki dan kisah yang lumayan mencekam. Cerita berawal dari seorang gadis bernama Megumi Shimizu yang ditemukan meninggal tanpa alasan yang jelas. Dari situ mulailah banyak kejadian serupa terjadi dan menimpa penduduk desa Sotoba. Banyak orang menderita penyakit misterius yang membuat mereka seperti orang lilglung yang berujung kepada kematian.

Seorang dokter dari desa tersebut, Toshio Ozaki, kemudian meneliti penyebab dari penyakit misterius tersebut. Dia menyimpulkan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh gigitan mahkluk misterius. Ia pun bekerjasama dengan Natsuno Yuuki yang merupakan teman sekelas Megumi untuk menyelidiki lebih lanjut tentang penyakit aneh ini dan menyelamatkan hidup para penduduk desa Sotoba.

Itulah 10 rekomendasi anime mirip Tokyo Ghoul. Share di kolom komentar jika kalian punya rekomendasi tambahan.