18 Oktober 2017

5 Sutradara Anime Terbaik yang Karyanya Tidak Boleh Kamu Lewatkan

masa muda hayao miyazaki

Kepopuleran anime rasanya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Tak hanya di Jepang, anime juga populer sampai ke mancanegara, termasuk Indonesia. Buktinya, kamu baca artikel ini karena kamu suka nonton anime kan?

Semua anime pada dasarnya bagus, hanya tidak semuanya populer. Tingkat kepopuleran suatu anime dipengaruhi beberapa faktor seperti alur cerita, karakter, dan siapa sutradara dari anime tersebut. Ya, karena anime yang sukses tidak lepas dari usaha keras dari tim, termasuk sutradaranya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Anime Genre Romance Comedy

Banyak juga sih sutradara anime terbaik yang menhasilkan karya yang epik. Nah, di artikel kali ini saya akan membahas 5 sutradara anime terbaik yang diukur berdasarkan tingkat kepopuleran karya mereka. Siapa saja?


1. Hayao Miyazaki

hayao miyazaki mendapat berbagai macam penghargaan

Sepak terjang laki-laki kelahiran 1941 ini rasanya sudah tidak perlu diragukan. Film-film garapannya selalu berhasil mencuri perhatian publik dengan konsep cerita yang anti mainstream. Hayao Miyazaki merupakan salah satu pendiri dari studio film tenar, Ghibli. Mendengar kata 'Ghibli' tentu kamu langsung terbayang kan karya-kraya menakjubkan buatannya?

Ghibli juga memiliki andil yang besar bagi Jepang karena berkat karyanya industri film di Jepang mulai dilirik dan diperhitungkan dunia. Salah satu karya Ghibli yang sangat terkenal adalah Spirited Away (2001) yang pendapatannya bahkan bisa mengalahkan berbagai film besar, seperti Titanic (1997). Selain itu, masih ada karya populer lainnya seperti My Neighbor Totoro (1988) dan How'l Moving Castle (2004).

2. Isao Takahata

isao takahata kuliah di perancis

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa studio Ghibli tidak berdiri sendiri. Selain Miyazaki Hayao, Isao Takahata merupakan pendiri studio Ghibli juga. Isao merupakan lulusan Sastra Perancis Universitas Tokyo yang mulai tertarik dalam dunia animasi setelah dirinya menonton film kartun Perancis yang berjudul The King and the Mockingbird (1980).

Baca juga: 7 Anime yang Diangkat dari Kisah Nyata

Setelah lulus dari kuliahnya, Isao Takahata memusutkan untuk bergabung dengan Toei Animation untuk memulai karir animasinya. Banyak sekali karya Isao Takahata yang sukses membuat jutaan penonton terkesima. Sebut saja Grave of the Fireflies (1988), Only Yesterday (1991), Pom Poko (1994), dan The Tale of Princess Kaguya (2013).

3. Mamoru Hosoda

mamosu hosoda menjadi salah satu sutradara anime terbaik di jepang

Mamoru Hosoda awalnya adalah pekerja di studio Madhouse sejak tahun 2005 - 2011. Setelah 6 tahun bekerja di studio orang lain, akhirnya ia memutuskan untuk keluar dan membangun studionya sendiri yaitu studio Chizu.

Mamoru memulai debutnya pertama kali pada tahun 2000 dengan menggarap film dari serial Digimon Adventures dan film ke-6 dari One Piece. Film lainnya yang tak kalah populer dan menuai pujian adalah The Girl Who Leapth Through Time (2006) dan The Boy and The Beast (2015) yang berhasil membuatnya mendapatkan penghargaan Animation of the Year di Japan Academy Prizes.

4. Hiromasa Yonebayashi

hiromasa yonebayashi adalah salah satu pekerja studio Ghibli

Sepertinya Ghibli memang harus diakui sebagai studio film yang begitu populer. Hiromasa Yonebayashi juga termasuk salah satu dari studio Ghibli. Pria kelahiran 1973 ini memulai debutnya dengan karya berjudul The Secret World of Arrietty (2010) yang dikerjakan bersama World Disney.

Baca juga: 5 Live Action Adaptasi Anime Terbaik

Tak puas dengan itu, Hiromasa membuat karya keduanya yang berjudul When Marnie Was There (2014) yang ceritanya diangkat dari novel karya Joan G. Robinson. Film terbarunya yang resmi diluncurkan pada 8 Juli silam di Jepang bahkan menuai pujian dari banyak orang. Di hari pertamanya, film ini bahkan sanggup meraup pendapatan sebanyak 428 juta yen!

5. Makoto Shinkai

makoto shinkai garden of words

Mendengar nama makoto Shinkai pasti kalian langsung tertuju pada satu film berjudul Kimi no Na wa bukan? Ya, film tersebut memang merupakan karya Shinkai yang diadaptasi dari novelnya sendiri. Menariknya, kepopuleran film garapan sutradara asal Nagano tersebut dapat mengalahkan rekor Spirited Away (2001) karya Miyazaki yang membuat Shinkai mendapat julukan 'The Next Miyazaki'.

Namun, Kimi no Na wa bukanlah satu-satunya film garapan Makoto Shinkai. Sebelumnya dia telah membuat sebuah film pendek berjudul She and Her Cat (1999). Selain itu ada juga The Place Promised in Our Early Days (2004) dan 5 Centimeters per Second (2007).

Itulah 5 sutradara anime terbaik versi KabarAnime. Sudah nonton film-film mereka belum?