6 November 2017

Tipe-tipe Kagune beserta Kelebihan dan Kelemahannya, Mana yang Paling Kuat?

Kagune Kaneki berbentuk seperti tentakel yang bisa menyerang musuh secara brutal

Kagune adalah organ atau senjata spesial yang dimiliki setiap Ghoul. Kagune sendiri terbentuk dari RC (Red Child) Cells yang diproduksi oleh tubuh seorang Ghoul dan disimpan dalam Kakuhou. Jumlah RC Cells yang diproduksi masing-masing Ghoul juga berbeda yang akan menentukan seberapa kuat Kagune mereka.

Baca juga: 5 Momen Tak Terduga di Tokyo Ghoul

Dalam anime Tokyo Ghoul disebutkan ada 4 tipe Kagune dengan kemampuan yang berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Berikut penjelasan lengkapnya:


1. Ukaku (Shining Feather)

Highly Enhanced Speed

Ukaku adalah kagune yang memiliki bentuk menyerupai sayap. Pemilik kagune ini memiliki keunggulan dalam hal kecepatan. Mereka juga memiliki pergerakan yang sangat lincah dibandingkan jenis kagune lainnya.

Namun Ukaku memiliki kelehaman dalam hal stamina. Mereka pemilik kagune Ukaku harus mengeluarkan tenaga yang besar dalam pertarungan. Hal tersebut dikarenakan pergerakan mereka yang cepat.

Pemilik: Touka Kirishima, Ayato Kirishima, Renji Yomo

2. Koukaku (Shining Shell)

Robust and Well Suited for Defense

Koukaku adalah kagune yang memiliki kepadatan RC Cell tinggi. Itulah kenapa kagune jenis ini kuat dalam hal pertahanan. Umumnya berwujud seperti perisai atau tameng yang digunakan untuk pertahanan. Pemilik kagune Koukaku juga bisa merubah kagune mereka ke berbagai bentuk seperti bor, tombak, pedang atau senjata lainnya.

Meski memiliki pertahanan yang kuat, kagune ini memiliki kelemahan dalam hal kecepatan. Mereka cenderung lamban ketika bertarung karena jenis kagune yang tergolong berat.

Pemilik: Shuu Tsukiyama, Arata Kirishima, Ryouko Fugeuchi

3. Rinkaku (Shining Scale)

Powerful Regenerative Abilities

Rinkaku adalah kagune yang bentuknya menyerupai tentakel. Pemilik kagune Rinkaku memiliki kelebihan dalam hal regenerasi. Mereka dapat menyembuhkan luka di tubuh dengan sekejap. Selain itu, Rinkaku memiliki berat yang ringan yang membuat penggunanya bisa menyerang secara brutal.

Namun, Rinkaku ini memili tekstur yang lemah dibandingkan dengan tipe lainnya yang membuatnya lebih mudah dihancurkan.

Pemilik: Ken Kaneki, Rize Kamishiro, Kurona Yasuhisa, Nashiro Yasuhisa

4. Bikaku (Shining Tail)

No Notable Strengths or Weakness

Bikaku sering disebut kagune yang seimbang. Kagune jenis ini memiliki keunggulan dalam menyerang sekaligus bertahan. Bikaku juga merupakan kagune yang tidak memiliki kemampuan spesial, namun juga tidak memiliki kelemahan yang berarti.

Hal tersebut membuat CCG lebih memilih menggunakan Bikaku untuk dijadikan Quinque (senjata yang terbuat dari Ghoul).

Pemilik: Nishiki Nisio, Enji Koma, Tooru Mutsuki

5. Chimera (Dual Kagune)

Dual Kagune milik Hinami berasal dari ayah dan ibunya

Chimera atau dual kagune merupakan tipe yang unik. Pemiliknya memiliki dua kagune sekaligus. Pemilik kagune Chimera umumnya adalah keturunan murni dari pasangan Ghoul. Jadi, bisa dikatakan bahwa kagune Chimera adalah kagune yang berasal dari kagune ayah dan ibu yang berbeda.

Pemilik: Hinami Fueguchi

6. Kakuja

Ghoul bisa menjadi Kakuja setelah memakan Goul lainnya (kanibalisme)

Kakuja adalah kagune abnormal yang didapatkan dari proses kanibalisme (Ghoul makan Ghoul). Dengan melakukan kanibalisme sesama Ghoul akan membuat kagune bereaksi dan mengalami fenomena abnormal. Bentuknya menyerupai armor yang menutupi seluruh tubuh. Kakuja juga sering disebut sebagai bentuk sempurna dari sebuah Kagune.

Pemilik: Eto Yoshimura, Yakumo Oomori, Ken Kaneki

Itulah tipe-tipe Kagune di anime Tokyo Ghoul. Menurutmu, mana kagune terkuat?