14 November 2017

Mengenal Nen dan Jenisnya di Anime Hunter X Hunter

gon marah saat melawan neferpitou

Konsep aura memang sangat familiar digunakan di beberapa anime populer. Termasuk Nen di anime Hunter X Hunter. Nen sendiri merupakan teknik yang memungkinkan penggunanya memanipulasi energi yang ada di dalam tubuh mereka. Seperti Chakra di anime Naruto, Ki di anime Dragon Ball, atau Reiatsu di anime Bleach. Bisa dipahami kan?

Baca juga: 5 Persamaan Hunte X Hunter dan Yu Yu Hakusho

Sebelum menguasai Nen, ada 4 teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu. Keempat teknik itu adalah Ten, Zetsu, Ren, dan Hatsu. Begini penjelasannya.


1. Ten

Ten adalah teknik yang digunakan untuk mempertahankan aura yang ada di sekitar tubuh dan mengendalikannya sebaik mungkin. Seseorang yang tidak bisa mengontrol auranya dengan baik akan merasa cepat lemas, pengurangan aura berarti pengurangan stamina.

2. Zetsu

Jika sudah mampu mengendalikan aura yang keluar dari dalam tubuh, tahap selanjutnya adalah Zetsu. Yaitu bagaimana pengguna Nen bisa mempertahankan aura yang keluar dari dalam tubuhnya.

3. Ren

Ren ini hampir mirip dengan Ten, hanya saja lebih kuat dan tebal. Saat seseorang bisa menguasai Ren, orang tersebut mampu mengeluarkan aura dari dalam tubuhnya sebanyak mungkin dengan kontrol yang sangat bagus.

4. Hatsu

Teknik terakhir adalah Hatsu. Saat sudah menguasai Hatsu, orang tersebut sudah bisa memproyeksikan aura secara spesifik. Hatsu yang bagus mampu mencerminkan karakter pengguna Nen tersebut.

tipe nen di anime hunter x hunter

Itu tadi adalah 4 teknik dasar atau elemen dari Nen. Oh iya, untuk mengetahui jenis Nen seseorang, bisa dilakukan dengan tes kecil menggunakan segelas air dengan daun di atasnya dan pusatkan aura ke arah gelas tersebut.

  • Jika volume air bertambah, dia adalah Kyoka
  • Jika rasa air berubah, dia adalah Henka
  • Jika daun bergerak, dia adalah Sosa
  • Jika muncul kotoran di dalam air, dia adalah Gugenka
  • Jika warna air berubah, dia adalah Hoshutsu
  • Jika terjadi perubahan lain, dia adalah Tokushitsu

Dan berikut ini adalah jenis-jenis Nen yang dibagi ke dalam 6 jenis. Apa saja?

1. Kyoka (Enhancement)

gon adalah pengguna nen tipe kyoka

Kyoka adalah tipe yang memiliki kemampuan serangan dan pertahanan yang seimbang. Orang dengan jenis Nen ini biasanya cocok bertarung di jarak dekat.

Contoh karakter: Gon, Uvogin, Netero

2. Henka (Transmutation)

killua adalah pengguna nen tipe henka

Kemampuan utama dari Henka adalah meniru benda atau objek lain. Pemilik Nen ini memiliki kemampuan untuk meniru sesuatu yang menyerupai bentuk aslinya. Pengguna Henka juga bisa mengatur unsur apa yang ingin mereka tiru. Fleksibel gitu lah pokoknya.

Contoh karakter: Killua, Hisoka, Machi

3. Sosa (Manipulation)

shalnark adalah pengguna nen tipe sosa

Sosa ini memiliki kekuatan yang cukup unik, yaitu mengendalikan benda lain baik itu benda hidup atau mati. Namun, mereka biasanya membutuhkan syarat tertentu untuk bisa mengendalikan suatu objek. Jika yang dikendalikan adalah objek hidup, mereka hanya punya hak akses atas tubuhnya saja, tidak termasuk pikirannya.

Contoh karakter: Illumi, Shalnark, Morel

4. Gugenka (Conjuration)

kurapika adalah pengguna nen tipe gugenka

Tipe Nen ini memiliki kemampuan untuk menciptakan benda, biasanya senjata. Jika Henka mampu meniru sebuah objek, Gugenka dapat mewujudkan objek secara nyata dan bahkan digunakan untuk bertarung. Tak hanya itu, senjata yang diciptakan seorang pengguna Gugenka biasanya memiliki kekuatan khusus yang bisa digunakan dengan syarat tertentu.

Contoh karakter: Kurapika, Shizuku, Kite

5. Hoshutsu (Emitter)

razor adalah pengguna nen tipe hoshutsu

Pemilik Nen jenis ini memiliki kemampuan untuk mengendalikan auranya saat terpisah dari dalam tubuh. Keistimewaan Hoshutsu adalah penggunanya bisa memisahkan diri dengan auranya dalam jangka waktu yang lebih lama dibanding pengguna Nen lain.

Contoh karakter: Razor, Leorio, Franklin

6. Tokushitsu (Specialization)

chrollo adalah pengguna nen tipe tokushitsu

Tokushitsu ini adalah Nen yang spesial dan tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Pengguna Nen jenis Tokushitsu memiliki kemampuan untuk menguasai kelima Nen lainnya. Itulah kenapa Tokushitsu dijuluki Nen yang spesial.

Contoh karakter: Neferpitou, Chrollo, Kurapika (Mata Merah)