5 Film dari Studio Ghibli yang Wajib Kamu Tonton

- November 30, 2017
arrietty cat

Buat para penggemar anime rasanya sudah tidak asing lagi dengan kata 'Ghibli'. Ya, itu Ghibli adalah salah salah satu rumah produksi film anime tersukses sekaligus terpopuler di Jepang, bahkan dunia. Film yang dikeluarkan oleh studio ini punya kualitas yang sangat bagus. tak hanya dari segi animasi, tapi juga makna yang tersirat dalam film tersebut. Bahkan, Ghibli sampai disebut Disney versi Jepang.

Baca juga: 5 Sutradara Anime Terbaik

Tidak heran sih kenapa sampai disebut begitu. Ya, karena memang studio ini sudah banyak sekali mengeluarkan film-film berkualitas. Mereka bahkan bisa menggabungkan unsur budaya ke dalam sebuah film menjadi sebuah gabungan yang serasi. Dari beberapa film buatan Ghibli, berikut 5 film animasi dari Ghibli yang wajib kamu tonton!

1. Grave of the Fireflies (1988)

grave of the fireflies diproduksi tahun 1988

Film yang diadaptasi dari karya Akiyuki Nosaka ini benar-benar memiliki cerita yang mengharukan. Mengisahkan tentang perjuangan kakak beradik yang bertahan hidup pasca bencana (bom) oleh Amerika dalam perang dunia 2. Kamu akan melihat bagaimana kerasnya perjuangan mereka untuk bertahan hidup dalam peperangan. Yang semakin membuat terharu, film ini diangkat dari kisah nyata lho. Yakin kamu gak terharu?

3. Porco Rosso (1992)

porco rosso diproduksi tahun 1992

Proco Rosso mengisahkan seorang veteran bernama Margo Pagot alias Porco Rosso yang dikutuk menjadi babi, seperti manusia babi gitu. Dia pun akhirnya menjadi bounty hunter atau pemburu hadiah. Satu ketika saat pesawatnya rusak, ia meminta bantuan kepada seorang perempuan bernama Fio untuk membuatkannya pesawat baru. Film ini berisi pengetahuan sejarah yang cukup kental, terutama tentang perang dunia 1.

3. My Neighbor the Yamadas (1999)

my neighbor the yamadas diproduksi tahun 1999

Mengisahkan tentang kehidupan keluarga Yamada dan bagaimana mereka menjalani kehidupan sehari-hari. Ceritanya memang sangat simpel, tapi film ini memang terkesan memiliki daya tarik tersendiri saat ditonton. Gaya menggambar yang unik serta cerita yang ringan membuat setiap orang betah dan mungkin susah melupakan film ini.

4. Spirited Away (2001)

spirited away diproduksi tahun 2001

Kalau yang ini sih mungkin bisa dibilang film produksi Ghibli yang paling populer sepanjang masa. Saking terkenalnya, Spirited Away yang dirilis tahun 2001 ini bahkan mampu mengalahkan pendapatan film Titanic yang melegenda itu, lho.

Menceritakan tentang perjuangan Chihiro yang pergi untuk menyelamatkan kedua orang tuanya yang dikutuk menjadi babi. Di film ini Chihiro memiliki kelebihan yang membuat dirinya bisa melihat arwah-arwah lain di sekitarnya. Animansinya bagus banget!

5. The Secret World Arrietty (2011)

the secret wolrd arrietty diproduksi tahun 2011

Film ini diangkat dari sebuah buku cerita anak-anak yang berjudul The Borrowers buatan Mary Norton. Borrowers sendiri merupakan manusia kecil atau kerdil. Di film ini akan diceritakan bagaimana kehidupan mereka yang hidup kehidupan manusia normal.

Bagaimana, sudah nonton salah satunya belum? Film animasi dari Ghibli memang memiliki segi cerita yang mungkin terdengar kurang populer. Tapi itulah mereka, antimainstream! Percayalah, pikiran kalian akan langsung terbuka soal film animasi setelah menonton karya dari Ghibli.

 

Start typing and press Enter to search