8 Oktober 2017

Perbedaan Kimono dan Yukata

menggunakan yukata di musim panas

Kimono dan Yukata, dua pakaian khas Jepang yang serupa namun tak sama. Banyak orang yang salah atau bahkan tidak bisa membedakan antara Kimono dan Yukata. Kedua pakaian ini meski terlihat sama nyatanya berbeda lho. Bahan pembuatnya saja sudah berbeda kok.

Terus, apa sih perbedaan Kimono dan Yukata? Berikut penjelasan lengkapnya.


1. Kimono

kimono beda dengan yukata

Kimono umumnya dipakai saat acara formal, seperti acara pernikahan, keagamaan, kelulusan dan acara resmi lainnya. Bahan untuk membuat Kimono juga lebih eksklusif, yaitu kain sutra atau wol. Inilah salah satu alasan kenapa Kimono biasa digunakan hanya untuk acara tertentu saja. Kimono memiliki dua lapis kain, yaitu Juban dan Hadajuban. Meski begitu, Kimono bisa digunakan di musim apapun.

2. Yukata

yukata beda dengan kimono

Yukata ini bisa dibilang versi simpel dari Kimono yang hanya memiliki satu lapis kain saja, yaitu Hadajuban. Itulah kenapa Yukata umumnya dipakai saat musim panas di Jepang, karena akan terlalu dingin jika dikenakan saat musim dingin. Bahan untuk membuat Yukata adalah katun atau kapas yang bersifat menyerap keringat. Berbeda dengan Kimono, umumnya Yukata dipakai untuk acara-acara santai, seperti festival musim panas.

Semoga penjelasan singkat tentang perbedaan Kimono dan Yukata di atas dapat memberikanmu gambaran jelas, ya.