16 Oktober 2017

5 Fakta Kekuatan Shanks yang Harus Kamu Ketahui

akagami no shanks

Meski merupakan karakter yang jarang muncul, Shanks merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam One Piece dan tentunya bagi sang karakter utama, Luffy. Shanks sendiri merupakan salah satu dari Yonkou selain Kaido, Big Mom, dan Kurohige (menggantikan Shirohige).

Sampai sejauh ini Shanks tetaplah seorang karakter yang misterius. Selain jarang diceritakan, Shanks juga terlihat jarang terlibat dalam sebuah pertempuran. Namun 1 hal yang diketahui tentang bajak laut yang mendapat julukan Akagami no Shanks ini adalah kekuatannya yang besar dan kuat.

Baca juga: 3 Trio Terkuat di One Piece

Hmm, makin penasaran kan? Berikut 5 fakta Shanks yang harus kamu ketahui:


1. Bukan Pemakan Buah Iblis

shanks si rambut merah

Shanks adalah salah satu karakter di anime One Piece yang kuat tanpa buah Iblis. Meski belum jelas apa kekuatan yang dimiliki Shanks, namun bisa dipastikan dia adalah petarung pedang dan pengguna haki yang hebat.

Baca juga: Penjelasan Buah Iblis Paramecia, Zoan, dan Logia

Yang lebih mencengangkan lagi, Shanks hanya memiliki satu tangan! Ya, lengannya harus hilang dimakan monster laut saat dirinya menyelamatkan Luffy yang tenggelam di tengah lautan. Dalam scene tersebut diperlihatkan bahwa Shanks juga memiliki haki yang tinggi karena dapat mengusir monster laut hanya dengan memandangnya saja.

2. Pengguna Haki Kelas Tinggi

kukuatan kru bajak laut akagami

Selain scene yang sudah saya jelaskan di atas, ada satu adegan lagi dimana Shanks menunjukkan hakinya. Hal tersebut terjadi kala dia berkunjung ke kapal Edward Newgate (Shirohige) untuk berunding.

Saat berjalan di atas kapal menuju tempat Shirohige, terlihat dia mampu menjatuhkan kru bajak laut Shirohige. Itu dilakukan tanpa fokus dan melihat mereka. Dia hanya berjalan biasa dan bisa menjatuhkan orang sebanyak itu, ditambah itu adalah anggota bajak laut Shirohige yang juga merupakan salah satu Yonkou.

Eiichiro Oda sendiri selaku mangaka One Piece pernah mengatakan hal yang mengejutkan di rubrik SBS volume 65. Dia mengatakan bahwa Luffy mampu menjatuhkan 50 ribu pasukan saat melawan Hody Jones di pulau manusia ikan. Nah, Shanks dikatakan dapat menjatuhkan 2 kali lipatnya!

3. Seimbang dengan Shirohige

shansk berunding dengan shirohige

Masih di kapal Shirohige, dalam pertemuan tersebut juda diperlihatkan adegan Shanks beradu pedang dengan Shirohige. Shanks dapat menahan serangan kuat dari Shirohige walau hanya menggunakan satu tangannya saja. Saking kuatnya, adu pedang antara dua Yonkou tersebut bahkan membuat langit terbelah.

4. Pernah Duel dengan Mihawk

duel pedang antara mihawk dan shanks pernah terjadi

Saat pertarungan besar di Marineford terjadi, Shanks dan kru bajak laut Akagami datang dengan niat untuk menghentikan perang tersebut. Hal tersebut dilakukan Shanks untuk mengurangi jumlah korban yang berjatuhan.

Perang di Marineford untuk menyelamatkan Ace memang menghasilkan banyak korban berjatuhan dari kedua belah pihak. Itupun masih ditambah Ace dan Shirohige yang harus mati.

Baca juga: 5 Kematian Paling Tragis di Anime

Saat Shanks datang, mulanya dia meyelamatkan Coby yang akan menerima hantaman dari Akainu. Hal tersebut sangat mengejutkan mengingat Shanks hanya menggunakan satu tangannya untuk menangkis tinju magma Akainu.

Saat mulai masuk ke medang perang, Mihawk yang merupakan salah satu Shichibukai menyatakan untuk mundur. Dia berkata "Aku setuju perang melawan Shirohige, tapi tidak untuk Akagami". Dalam scene tersebut juga dijelaskan bahwa dulunya Mihawk pernah beradu pedang dengan Shanks saat dia masih memiliki dua lengan.

5. Disegani oleh Fleet Admiral Sengoku

laksamana angkatan laut

Sebelum Shanks datang, perang terus terjadi tanpa ada yang bisa menghentikan. Namun ketika Shanks datang, seketika dua kubu tersebut seraya langsung bisa menghentikan perangnya. Saat itu dia meminta permohonan kepada Sengoku selaku Fleet Admiral untuk menyerahkan penguburan Ace dan Shirohige kepadanya.

Baca juga: 10 Pemilik Kekuatan Buah Iblis Zoan Terkuat

Permintaan tersebut tentu ditolak oleh angkatan laut karena kematian Ace dan Shirohige dapat menaikkan reputasi angkatan laut di mata dunia. Namun ternyata permintaan tersebut disetujui oleh Sengoku. Dia berkata "Karena kau yang memintanya, aku menyetujuinya Akagami".

Hal tersebut menunjukkan betapa Sengoku yang merupakan laksamana angkatan laut saja bahkan menaruh hormat kepada si rambut merah Shanks.

Itulah 5 fakta kekuatan Shanks yang sudah diperlihatkan di anime One Piece. Meskipun Shanks adalah karakter yang misterius, namun kekuatannya rasanya tidak perlu diragukan lagi.